Pramuka

Assalamualaikum … Wr Wb

Salam Pramuka, … 🙂

Salah satu ekstrakurikuler yang ada di SMPN 9 Cimahi adalah “PRAMUKA”  (Praja Muda Karana) … tentunya kita ingin tahu lebih jauh lagi apa dan bagaimana … ektrakurikuler ini … 🙂

Gerakan Pramuka yang diresmikan berdirinya pada tanggal 14 Agustus 1961 merupakan kesinambungan Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia yang bertujuan menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang dapat menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa, bertanggungjawab serta mampu mengisi kemerdekaan Indonesia.

Kepramukaan pada hakekatnya adalah suatu proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak muda, dibawah tanggungjawab anggota dewasa, yang dilaksanakan di luar lingkungan pendidikan sekolah dan keluarga, dengan tujuan, prinsip dasar dan metode pendidikan tertentu melalui suatu sistem nilai yang didasarkan pada Satya dan Darma Pramuka.

Pramuka adalah organisasi yang bertujuan mengolah mental dan mendidik pemuda indonesia menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa, dengan cara yang menarik dan menyenangkan serta menantang.

Gerakan ini merupakan gerakan kepanduan satu-satunya di Indonesia, kegiatanya meliputi orang dewasa sampai anak kecil, hal sederhana sampai yang paling maju/ terbaru, misal komputer dan lain-lain. pramuka memiliki cabang-cabang, kepengurusan dari yang terkecil yaitu gudep, kwartir ranting, kwartir cabang, kwartir daerah, sampai kwartir nasional. dan bahkan di luar negeri…

Pramuka akan terus berkembang mengikuti kemajuan jaman, kegiatanya pun akan terus bertambah dan beragam. hidupkan pramuka indonesia!

Pramuka adalah salah ekstrakurikuler yang dapat membentuk, watak, kepribadian seseorang ke arah kedewasaan berpikir, hal ini tercantum dalam Dwi Darma dan Dasa Darma Pramuka.

Berikut ini adalah ketentuan moral atau janji bagi pramuka (praja muda karana) siaga yang terdiri dari dwi satya dan dwi dharma :

Dwisatya

Aku berjanji akan bersungguh sungguh :

  1. Menjalankan kewajiban terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menurut aturan keluarga.
  2. Setiap hari berbuat kebaikan.

Dwidharma

  1. Siaga itu menurut ayah bundanya.
  2. Siaga itu berani dan tidak putus asa.

Trisatya

  1. Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjalankan Pancasila.
  2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
  3. Menepati dasadharma.

Dasadharma

Pramuka itu:

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  3. Patriot yang sopan dan ksatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, terampil, dan gembira;
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja;
  8. Disiplin, berani, dan setia;
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya;
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Untuk yang hobby dan ingin mendalami lagi tentang pramuka silahkan kunjungi :

Sumber : http://pramukanet.org./

Semoga anda senang … “Salam Pramuka” … 🙂

Tinggalkan komentar