Lomba Story Telling

Assalamualaikum … Wr Wb

♫•*¨*•.¸¸ﷲ¸¸.•*¨*•♫

Pendidikan adalah indikator kemajuan bangsa. Salah satu sarana dan prasarana pendidikan formal di Indonesia adalah sekolah.Sekolah terdiri dari berbagai jenjang pendidikan, salah satunya adalah Sekolah Menengah Pertama. Pendidikan dititikberatkan kepada kemampuan siswa untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatnya. Di antaranya digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk itu, dibutuhkan bekal atau kemampuan di antaranya kemampuan berbahasa Inggris. Sekolah harus menunjukkan bahwa siswanya mampu memiliki kemampuan berbahasa Inggris terutama dalam menghadapi era globalisasi. Untuk itu, dibutuhkan berbagai kiat agar siswa terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Salah satu kiat yang digunakan adalah kegiatan peningkatan kreativitas siswa berbahasa Inggris. Kegiatan tersebut dinamakan Lomba Story Telling.

Untuk menumbuhkan kegemaran membaca dan menulis dalam bahasa inggris pada anak-anak SMP di Kota Cimahi digelar lomba bercerita (Story Telling). Yang diadakan di SMPN 9 Cimahi pada tanggal 12 April 2011. Kegiatan ini merupakan prakarsa dari MGMP Bahasa Inggris yang ada di kota Cimahi.

Kompetisi  Story Telling” bagi anak-anak SMP ini, berlangsung di SMPN 9 Cimahi, di Jalan Maharmartanegara No 206 Cimahi, Selasa pagi, 12 April 2011. Kegiatan tersebut memang khusus bagi pelajar yang masih duduk dibangku SMP.

Menurut Ketua Penyelenggara  Tatang Supriatna,SPd,MM, kegiatan tersebut, lomba story telling atau bercerita dalam bahasa inggris ini diikuti 50 peserta dari 30 SMP di Kota Cimahi. Kegiatan yang berlangsung sehari itu, salah satunya untuk meningkatkan kompetensi siswa SMP dalam berbicara menggunakan bahasa inggris.

“Hal itu merupakan yang agenda rutin yang digelar MGMP Bahasa Inggris yang ada di kota Cimahi, dengan harapan kedepan makin cerah.”, jelas Tatang Supriatna,SPd,MM.

Dalam kejuaraan story telling ini, kata Tatang Supriatna,SPd,MM, yang menjadi juara sebagai berikut :

  1. SMP Santa Mikael
  2. SMP BPK Penabur
  3. SMPN 9 Cimahi

Sementara Pengawas Bahasa Inggris untuk tingkat SMP Drs Eka Sulistya,MM, saat membuka lomba tersebut menyambut baik dan mengapresiasi tentang lomba yang diselenggarakan MGMP Bahasa Inggris. Setidaknya lomba tersebut memberikan semangat dan menumbuhkan kegemaran membaca dan menulis Bahasa Inggris pada anak-anak SMP Kota Cimahi.

“Saya berpesan, dalam lomba kalah dan menang itu biasa,  yang penting semangat berlomba.” kata beliau.

Adapun kepala sekolah SMPN 9 Cimahi Drs.Agustia Daniswara,MM. dalam kesempatan itu juga menceritakan tentang beberapa nilai positif dari diadakannya kegiatan ini yaitu :

  1. Meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris
  2. Melatih siswa menerapkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari
  3. Mengembangkan kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris
  4. Meningkatkan kemampuan siswa dalam berdebat bahasa Inggris
  5. Meningkatkan kreativitas siswa dalam mengaplikasikan bahasa Inggris menjadi alat komunikasi
  6. Memotivasi minat siswa memperdalam bahasa Inggris

Semoga kegiatan yang telah dilakukan pada hari ini, menjadi salah satu awal bagi terbentuknya tunas-tunas bangsa yang berpotensi … Amiin.

Kepada peserta yang telah meraih kejuaraan kami mengucapkan selamat … semoga di masa mendatang lebih baik lagi …🙂

Satu Tanggapan

  1. may we join ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: