Pengertian Puasa

Assalamualaikum … Wr Wb

A. Pengertian Puasa

Puasa dalam bahasa arab adalah shoum (صوم ) dan jama’nya adalah shiam ( صيام ). Secara ilmu bahasa, shoum itu berarti al-imsak ( الإمساك ) yang berarti menahan diri. Sedangkan menurut istilah syari’ah, shoum itu berarti menahan diri dari makan, minum, hubungan seksual dan hal-hal lain yang membatalkannya sejak fajar yang pertama (subuh) sampai terbenamnya matahari (maghrib) dengan niat ibadah…

B. Syari’at Puasa

Puasa Ramadhan pertama kali disyari’atkan pada tanggal 10 Sya’ban ditahun kedua setelah hijrah Nabi Muhammad Saw ke Madinah. Sesudah diturunkannya perintah penggantian kiblat dari Masjidil Al-Aqsho ke Masjid Al-Haram. Semenjak itulah Rasulullah Saw menjalankan puasa Ramadhan hingga akhir hayatnya sebanyak sembilan kali dalam sembilan tahun.

Puasa Ramadhan adalah bagian dari rukun Islam yang lima setelah zakat, oleh karena itu mengingkari kewajiban puasa Ramadhan berarti sama dengan mengingkari rukun Islam. Dan pengingkaran atas salah satu rukun Islam akan mengakibatkan batalnya ke-Islaman seseorang atau orang tersebut dianggap kafir.

Puasa Ramadhan sesungguhnya tidak hanya diwajibkan pada umat Nabi Muhammad Saw saja, tetapi umat terdahulu pun telah mendapatkan perintah untuk berpuasa. Meskipuan demikian, bentuk dan tata caranya sedikit berbeda dengan yang disyari’atkan pada Nabi Muhammad Saw. Seperti halnya puasa nabi Daus as yang berpuasa sehari dan sehari lagi tidak dan dijalankan beliau sampai akhir hayat. Lain lagi puasanya nabi Zakaria, dimana puasa itu bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga tidak boleh berbicara.

Sumber  : Catatan Keluarga Sakinah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: