PPPGL

Assalamualaikum … Wr Wb

Pada hari Sabtu tanggal 12 Pebruari 2011 kami staf pengajar SMPN 9 Cimahi mengadakan kunjungan wisata belajar ke Kantor cabang Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) Cirebon, kunjungan yang dipimpin langsung oleh kepala sekolah SMPN 9 Cimahi (Drs.Agustia Daniswara,M.M) … tentunya bukan hanya kunjungan biasa atau sekedar wisata tetapi ada hal lain yang berkaitan dengan penambahan wawasan guru-guru tentang kelautan … juga sebagai salah satu cara mengikat tali silaturahmi antar staf pengajar di SMPN 9 Cimahi disamping … tentu saja menambah bekal (cara meningkatkan KBM) dengan berbagai metode …

Kantor cabang Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) Cirebon, merupakan salah satu sarana penelitian yang di miliki oleh Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), untuk menggali semua potensi kekayaan yang berada di dasar laut perairan nusantara.

PPPGL juga memiliki peran penting dalam merumuskan kebijakan-kebijakan dalam pengelolaan sumber daya laut, penentuan batas wilayah laut, konservasi terumbu karang serta pulau-pulau kecil, ataupun sebagai penyedia data bagi desain pembangunan infrastruktur seperti platform pemboran lepas pantai, kajian pembangunan jembatan (large scale brigde) proyek Tri Nusabakti, terowongan bawah laut, ataupun pelatakan pipa/kabel di dasar laut. Selain itu, telah dilakukan kemitraan dengan pihak pemerintah Jerman yang diarahkan pada identifikasin potensi mineralisasi emas, perak, dan tembaga di kawasan yang berpotensi hidrotermal di sekitar gunung api bawah laut Komba Nusa Tenggara Timur.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) berada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM yang dibentuk berdasarkan keputusan Menteri ESDM No.1915 Tahun 2001 tanggal 23 Juli 2001.

Tujuan PPPGL adalah untuk menunjang kegiatan survei kelautan dengan mengembangkan/memutakhirkan peralatan survei dan laboratorium geologi dan geofisika kelautan.

Tugas dan fungsi PPPGL adalah melaksanakan program penyelidikan geologi dan geofisika kelautan di Indonesia yang merupakan suatu program utama penyelidikan kebumian yang mencakup wilayah perairan Indonesia.

Kegiatan penyelidikan dan pemetaan geologi kelautan dimaksudkan untuk mengembangkan suatu pemahaman terhadap struktur dari bagian bumi yang ditutupi oleh laut dan terhadap sifat dari proses yang telah membentuk bumi di bawah laut dan samudera dalam kaitannya dengan kegiatan eksplorasi mineral.

Pemetaan geologi kelautan merupakan suatu kebutuhan yang mendesak mengingat meningkatnya kegiatan eksplorasi sumber daya mineral dan energi yang akhir-akhir ini beralih dari daratan ke lautan. Disamping itu penelitian aspek geologi kelautan saat ini sangat dibutuhkan untuk menunjang penelitian lainnya seperti rekayasa pantai dan lepas pantai.

Pada awal berdirinya, PPPGL didukung oleh 4 Bidang Teknis, yaitu; Bidang Geologi Kelautan, Bidang Geofisika Kelautan, Bidang Sarana Operasi Kelautan, Bidang Manegemen dan Informasi dan Bagian Umum, dengan jumlah sumber daya manusia 164 orang. Sarana dan Prasarana yang di miliki sebagian berasal dari P3G. Dalam perjalanannya, PPPGL telah membangun kapal peneliti Geomarin I dan memiliki berbagai peralatan survei pantai. Kapal peneliti Geomarin I di operasikan untuk mendukung kegiatan pemetaan geologi kelautan bersisten skala 1:250.000 di perairan dangkal. Peralatan survei pantai di operasikan untuk mendukung kajian geologi kelautan tematik di kawasan pesisir.

Sesuai dengan tugas dan fungsinya itu, PPPGL mempunyai tugas melaksanakan litbang bidang geologi kelautan di seluruh wilayah laut Indonesia dalam rangka menunjang sector energi dan sumber daya mineral. Untuk melaksanakan tugas tersebut, prioritas pokok kegiatan adalah melakukan pengembangan litbang di kawasan pantai dan laut, pengembangan kelembagaan menuju kemandirian dengan pengembangan pelayanan jasa riset dan teknologi.

Fasilitas dan Sarana yang di miliki PPPGL cabang Cirebon, yakni; Laboratorium Geoteknik, Laboratorium Sedimen, Laboratorium Mineral, Coldstrage, dan Dermaga Geomarin.

Tentunya kita penasaran … bagaimana hasil penelitiannya? … di bawah ini ada link dan hasil laporan mengenai hal tersebut … semoga bermanfaat …🙂

Salah Satu Hasil Penelitian

.

LAPORAN

studi geoteknik kelautan, geofisika dan hidro-oseanografi merupakan aspek studi yang utama. ….. melalui proses penyelidikan lanjutan di laboratorium maupun cool storage di PPPGL Cirebon. Secara umum analisis besar butir ini
.
Dari berbagai sumber …🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: