Belajar yang Baik …

Assalamualaikum … Wr Wb

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar. Belajar pada umumnya dilakukan di sekolah ketika jam pelajaran berlangsung yang dibimbing oleh Bapak guru atau Ibu guru. Belajar yang baik juga dilakukan di rumah, baik dengan PR (pekerjaan rumah) maupun tidak. Belajar yang dilakukan secara terburu-buru dan waktu yang sedikit mengakibatkan dampak yang tidak baik.

Terutama untuk pelajaran matematika kalian tentunya merasakan banyak kesulitan ketika mempelajarinya.

Nah, untuk membantu kalian di sini ada uraian bagaimana belajar yang baik? Apa kuncinya? …

Berikut ini tips-tips nya:

  1. Niat dan berdo’a. Kalau tidak ada niat, belajar sekeras apapun tidak ada gunanya. Berdo’alah kepada Tuhan YME agar proses belajar dapat dimudahkan oleh-Nya.
  2. Membaca. Kamu harus rajin membaca, karena dengan membaca, wawasan kita akan bertambah luas,biasakan membaca pelajaran matematika/merangkum yg akan diberikan guru pada esok hari.
  3. Membuat ringkasan pelajaran. Bagian-bagian penting (untuk matematika tentu saja rumus) dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana, sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada.
  4. Rajin mengulang pelajaran. Jangan bosan mengulang apa yang baru saja dipelajari, sehingga diharapkan hal yang sudah dipelajari selalu tersimpan di ingatan kita,banyak berlatih misalnya mengerjakan soal-soal matematika.
  5. Belajar dengan serius dan tekun. Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan,jangan bercanda ketika guru sedang menerangkan. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar/berguna saat ulangan atau ujian.
  6. Hindari belajar berlebihan, belajarlah secara rutin. Bila menjelang ujian, biasanya para pelajar belajar semalam suntuk alias sistem SKS (sistem kebut semalam). Cara seperti ini sebaiknya dihindari, karena pelajaran yang kamu pelajari pun tidak akan masuk sepenuhnya dan dapat merusak kesehatan juga. Justru, bila esok harinya kamu akan ujian, ada baiknya kamu tidur tepat waktu.
  7. Aktif bertanya. Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakanlah kepada guru, teman atau orang tua. Semakin banyak bertanya, maka kita akan selalu ingat dengan jawabannya. Pepatah bilang malu bertanya sesat di jalan.
  8. Belajar kelompok. Belajar kelompok juga merupakan kegiatan belajar yang menyenangkan. Dengan adanya teman, acara belajar kamu jadi lebih semangat dan bisa sama-sama mencari jawaban dari soal yang paling sulit sekalipun, dan hal inipun dapat menjadi ladang amal untuk kalian berbagi ilmu (untuk yg sudah paham bisa menjadi tutor sebaya). *Anakku … berbagi harta/uang kemungkinan akan habis tapi jika berbagi ilmu maka kepandaianmu akan berlipat …🙂

Begitulah tips cara belajar yang baik, semoga bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat muridku Kls 9GHIJ dan 8AB SMPN 9 Cimahi …🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: