Cerdas Mencerdaskan Anak, Pembelajaran SMP

Assalamualaikum … Wr Wb

Kelas satu Sekolah Lanjutan Pertama bisa menjadi sebuah masa yang membingungkan. Mereka berada pada awal masa remaja yang penuh dengan tekanan dalam mencari identitas. Perilaku mereka perilaku peralihan dari anak-anak menjadi remaja. Sementara mereka dihadapkan pada masa peralihan, mereka diharapkan memiliki kepercayaan diri atas tugas kelas dan pekerjaan rumah. Dengan kesabaran dan ketekunan, orang tua dapat membantu prestasi anak usia belasan tahun.

Kebanyakan sekolah SLTP mempunyai keberagaman mata pelajaran. Mata pelajaran tersebut dapat dikategorikan sesuai dengan kemampuan pembelajaran yang berbeda. Kemampuan Penggerak hanya diberikan pada pelajaran olah-raga. Sedang kemampuan Pengamat dan Pendengar diperlukan hampir seluruh waktu belajar berlangsung…

Mata pelajaran Pengamat

Matematika, dalam semua bentuk merupakan pelajaran visual. Apakah melakukan pembagian yang panjang atau mengerjakan dengan rumus matematika yang rumit, seorang Pengamat akan mampu untuk menjelaskan, mengingat dan menghitung dengan luar biasa sama seperti pemahaman mereka terhadap pengejaan, penulisan huruf besar dan tanda baca.

Komputer dan kesenian juga merupakan mata pelajaran yang juga diminati oleh para Pengamat. Siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan, keunggulan motoris halus dan kemampuan visual yang bisa meraih nilai yang tinggi. Pelajaran Elektronika juga merupakan pelajaran yang menggabungkan kemampuan visual dan teknik pengukuran serta kemampuan untuk mengikuti petunjuk tertulis.

Mata Pelajaran Pendengar

Siswa kelas satu SLTP menggunakan kemampuan auditiorialnya dalam semua pelajaran. Mata pelajaran tertentu yang khusus memfokus pada bahasa dan suara sangat menarik bagi siswa yang memiliki model pembelajaran Pendengar. Seorang Pendengar kelas satu SLTP dapat diharapkan berhasil dalam membaca, karena kemampuan mendengar suara kuat yang memungkinkannya untuk melewati materi cetak yang semakin kompleks juga pemahaman dan ingatan teks yang luar biasa. Lebih jauh, Pendengar memiliki keunggulan dalam pelajaran Ilmu Sosial dan IPA. Pada diskusi-diskusi kelas, dan tugas proyek kelompok sangat mudah diselesaikan oleh Pendengar karena kemampuan pendengaran yang kuat. Pendengar juga merasa nyaman dalam menghadapi materi buku teks karena dengan keterangan lisan dari guru akan makin memperkuat pemahaman mereka terhadap materi.

BAHASA INGGRIS, MERUPAKAN PELAJARAN YANG MENGANDALKAN KEMAMPUAN PENDENGAR,MAKA KEMAMPUAN MEREKA TERHADAP PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS BIASANYA UNGGUL.

Bahasa Indonesia, tetap menjadi pelajaran yang menyenangkan bagi Pendengar karena mereka senang membaca, kemampuan menyerap kata dan struktur kalimat yang sangat impresif serta kemampuan mengekspresikan pikiran-pikiran mereka dengan jelas dan akurat.

Pelajaran Seni suara dan musik, adalah pelajaran yang menuntut kepekaan pendengaran terhadap irama, lirik lagu dan musik serta memadukannya menjadi bagian melodi yang menyeluruh.

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Oleh Orang Tua Dalam Bekerja Sama Dengan Guru

– Hadirilah pertemuan organisasi orangtua. Tingkat campur tangan anda dalam organisasi orangtua di sekolah anak anda dapat memberi anda kesempatan dalam mengenal dan menanyakan lebih jelas mengenai aturan dan prosedur sekolah, layanan yang mendukung, perubahan pribadi, program-program baru, dan kegiatan –kegiatan yang direncanakan.

– Pelajari sebanyak yang anda mampu mengenai guru anak anda. Biasanya pada awal tahun pertama, sekolah menyelenggarakan ‘pertemuan guru – orangtua’. Mengenal guru lebih dekat akan memberi masukan tentang bagaimana kepribadian guru, pandangan guru mengenai buku-buku yang dipakai, aturan pekerjaan rumah, tugas-tugas proyek mendatang dan harapan-harapan yang berkaitan dengan MODEL PEMBELAJARAN ANAK USIA SLTP perilaku dan partisipasi kelas. Apabila anak menyampaikan sesuatu hal tentang guru, sebaiknya anda menggali masukan dari berbagai sumber atau dari orang tua lain sebelum membuat asumsi negatif mengenai guru tersebut.

– Buatlah guru anak anda mengetahui perhatian anda. Jika anda kagum dengan kreativitas atau tingkat komitmen guru, kirimkan surat penghargaan atau terima kasih. Jika anak anda tampak antusias atas suatu proyek atau unit pelajaran, jangan ragu untuk memuji guru atas fakta tersebut. Melakukannya akan membuat guru semakin menyadari keterlibatan anak anda, dan mungkin mempunyai pengaruh pada penugasan selanjutnya. Anda hendaknya merasa bebas untuk menulis dan meminta penjelasan ketika pertanyaan atau masalah muncul. Namun demikian, penting untuk bersikap bijaksana dan berpikiran terbuka. Seorang guru yang merasa bahwa ia berada di bawah pengawasan akan meminimalisir interaksi dengan siswa yang dipertanyakan agar tidak menciptakan konflik lanjutan.

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini yang dapat anda sampaikan kepada guru anak anda :

– Apa aturan yang berkaitan dengan pekerjaan rumah? Cari tahu apa harapan guru dan apakah anak anda menyelesaikan tugas dan mengumpulkannya tepat waktu.

– Apa bentuk tugas kelompok yang dapat diselesaikan anak anda ? Tanyakan mengenai beberapa format umum dari masing-masing kelas dan apakah anak anda memperhatikan pada saat guru menjelaskan. Anda juga dapat menanyakan mengenai partisipasi anak anda dalam diskusi, dan menanyakan apakah ia mencatat ketika diperlukan dan membuat persiapan untuk ulangan.

– Bagaimana hubungan pertemanan anak anda ? Cari tahu bagainana anak anda bergaul bersama dengan teman-temannya. Tanyakan apakah ia mengambil peran sebagai seorang pemimpin,pengamat atau antagonis dan apakah ia mempunyai hubungan dekat dengan teman-teman tertentu ? Jika ya, cari tahu apakah interaksi dengan temannya itu mempengaruhi tugas sekolahnya ?

– Apakah anak anda meningkatkan potensi akademiknya ? Tanyakan kepada guru apakah prestasi kelas anak anda berkaitan dengan tingkat kemampuannya. Anda juga dapat menanyakan mengenai konsistensi kerja keras dan tingkat perhatian (ketertarikan) anak anda. Cari tahu apakah anak anda merasa lebih tertantang – atau tidak terlalu gembira- terhadap jalannya kecepatan/kelambatan proses belajar di kelas.

– Bagaimana anda dapat membantu di rumah ? Cari tahu apakah ada sesuatu yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan cara belajar anak belasan tahun anda. Mintalah kiat-kiat tertentu yang akan membantu anak anda meningkatkan nilainya, dan tanyakan apakah guru merekomendasikan semua bentuk intervensi.

Membangun Kemampuan matematika

Mata pelajaran matematika SLTP diantaranya mencakup bentuk-bentuk geometris, klasifikasi dan ukuran sudut, akar perkalian. Teknik-teknik untuk meningkatkan kemampuan matematika :

– Jika anak anda kesulitan dengan tabel perkalian, biarkan ia untuk memakai kalkulator. Sampaikan kepada guru mengenai hal itu.

– Memasukkan anak ke dalam program Kumon atau Sempoa akan membatu mempercepat proses penghitungan.

– Sarankan anak untuk mengikuti pelajaran remedial (perbaikan) bila dirasa kurang mengerti topik bahasan matematikanya.

– Berikan dia buku-buku soal-soal yang banyak terdapat di toko buku dan pantaulah pengerjaannya. Karena semakin banyak berlatih maka semakin biasa menghadapi soal-soal dengan berbagai variasi.

– Mintalah dia untuk berkonsultasi dengan guru matematikanya kalau mengalami kesulitan, atau mungkin anda bisa mendatangkan tutor untuk membantunya.

Saran-saran di atas tentunya bukanlah ide satu-satunya yang harus dijalankan. Fleksibilitas anda sangat menentukan keberhasilan anak anda dalam belajar. Saran diatas hanya dimaksudkan untuk memperkaya metode-metode yang sudah anda punya. Mengharapkan anak supaya mendapatkan nilai yang bagus secara mendadak tidaklah mungkin, perlu waktu agar anak bisa meningkatkan prestasinya. Hendaknya orang tua memperhatikan perkembangan pribadinya sebagaimana juga anda memperhatikan prestasi akademiknya. Yang penting adalah perencanaan masa depan, kegiatan/pelajaranyang realistis, minat yang menonjol dan kebanggaan yang tinggi atas tugas dan proyek kelas dan juga hubungan orangtua – anak yang bebas dari segala bentuk ketegangan yang muncul ketika orangtua mempunyai harapan yang terlalu tinggi sedang anak tidak mengusahakannya karena ia tahu hal itu tidak mungkin.

Panduan Untuk Mendukung Dan Bekerja Sama Dengan Seorang Pelajar Yang Sulit

Apapun sebab pembelajaran seorang anak, dan bagaimanapun langkah yang diambil untuk mengatasinya,penting untuk mengakui bahwa kesulitan kelasnya memiliki akibat-akibat emosional, dan bahwa ia akan memiliki penanganan masalah yang sensitif baik di rumah maupun di sekolah.

Berikut adalah saran-saran yang akan membantu anda:

– Fokuskan waktu bersama. Nikmatilah bersama anak anda apapun kegiatannya, tanpa mengaitkan dengan tugas sekolah.

– Buat anak anda menyadari kekuatan-kekuatannya, dan berikan kesempatan untuk mengembangkannya. Jika ia pelari yang bagus, dorong ia untuk mencoba sepak bola. Jika ia senang binatang, cari kebun atau kebun binatang untuk dikunjungi, anggap pelajaran sedang berjalan, atau berikan seekor binatang kesayangan keluarga.

– Dorong kepercayaan diri anak anda. Minta anak anda untuk memilih pakaiannya sendiri, memilih apa yang ia inginkan untuk makan, dan mengekspresikan ide-idenya. Seringlah bertanya kepadanya. “Apa yang engkau pikirkan”? dan “Bagaimana perasaanmu”?

– Ketahuilah pengaruh-pengaruh negatif pada sekolah anak anda, seperti anak-anak yang sering mengganggu, seorang guru yang terlalu kritis, atau pekerjaan rumah yang tidak realistis .

– Buat anak anda mengetahui bagaimana ia dapat belajar dengan cara terbaik dan tetap berada di dekatnya untuk mendukung selama mengerjakan pekerjaan rumah. Biarkan anak anda kadang-kadang mengambil peran sebagai guru ketika anda berperan sebagai murid.

– Jagalah emosi anda ketika anda berperan sebagai guru di rumah.

– Ingatlah bahwa kesabaran merupakan kunci bekerja sama dengan pelajar yang mengalami kesulitan. Cobalah untuk tetap menjaga harapan anda realistis, terimalah bahwa anak anda kadang-kadang kehilangan pegangan, fokuskan pada keinginan anak anda, dan tuluslah dengan pujian.

– Karena anak-anak dengan problem pembelajaran sudah menghabiskan begitu banyak energi untuk tetap bersama dengan teman sebayanya, mereka mungkin menganggap kompetisi sangat menggelisahkan. Jadi hindarilah dia dari situasi-situasi yang sangat kompetitif.

– Beri anak anda banyak materi multi inderawi – yaitu mainan dan aktivitas yang menstimulasi baik indera yang disukainya maupun indera yang lemah .

– Bantu anak anda untuk santai ketika sekolah selesai. Bimbing untuk memanfaatkan seluruh waktu luangnya dengan aktivitas dan terapi dan berikan kesempatan kepadanya untuk bermain baik sendiri maupun bersama teman ketika ia menginginkannya.

Anak dengan kepercayaan diri yang sangat kuat adalah anak yang mampu mendapatkan keberhasilan akademis, kompetensi sosial dan kepercayaan diri pada kemampuan atletisnya. Meskipun demikian,karena persepsi dan respon anak ditentukan oleh model pembelajaran, maka sangat sedikit yang mampu mencapai bentuk keseimbangan perkembangan ini pada diri mereka. Inilah saatnya orang tua berperan.

Bagian lain dari aktivitas anak hendaknya mengkombinasikan indera unggulnya dengan pengalaman permainan yang membantu mengembangkan kemampuannya yang lebih lemah. Semakin awal intervensi orangtua akan semakin baik hasilnya.

Sebagai orangtua hendaknya tidak pernah kehilangan pandangan bahwa anak-anak merupakan individu-individu unik yang mencintai mereka baik dalam kesukaran maupun keberhasilan hidup. Namun demikian, terhadap karir mereka kita tidak perlu membatasi yang hanya mengarah kepada model pembelajaran bawaan yang mereka miliki. Dengan bantuan anda seorang anak Pendengar dapat mengembangkan kemampuan dan kepandaian.

Pola-pola Belajar; Kiat Cerdas Mencerdaskan Anak.
Penerbit: Inisiasi Press, 2003.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: