Pelajaran Berharga Dari Seekor Kupu-Kupu

Assalamualaikum …WrWb.

Setiap manusia mempunyai masa sulit, rasa sedih, uraian air mata, sisi kelam, dan juga latar belakang yang kurang menyenangkan. Cara kita menyikapi segala bentuk masa lalu dan masalah-masalah dalam hidup kita, menentukan akan menjadi seperti apa diri kita dimasa mendatang.

Belajarlah dari Ulat

Belajarlah dari Kupu-Kupu

Seekor kupu-kupu yang cantik, ada melalui sebuah proses panjang ( metamorfosa ). Awalnya adalah ulat. Masa lalu kita yang buruk seperti seekor ulat. Ulat adalah binatang kecil, kadang berbulu, yang dijauhi oleh manusia ataupun binatang lainnya karena bulu-bulunya yang bisa menimbulkan rasa gatal dikulit dan bentuk tubuhnya yang tidak sedap dipandang mata. Jarang ada orang yang mau perduli dan memperhatikan gerak-gerik seekor ulat karena keadaan tubuhnya yang tidak menarik. Tetapi ketika si ulat telah menjelma menjadi seekor kupu-kupu, banyak yang mengagumi keindahan kepakkannya.

Semakin indah dan menarik sayap seekor kupu-kupu, saat masih berbentuk ulat juga akan semakin buruk. Seekor ulat berwarna hijau keputihan, bentuknya yang lebih besar daripada ukuran ulat-ulat pada umumnya membuat jijik orang memandangnya. Ternyata adalah bentuk mula sebelum ia berubah menjadi kupu-kupu gajah –(Attacus atlas L).

Masa lalu seseorang dan cobaan hidup yang datang silih berganti, terkadang sampai membuat seseorang putus asa dan tidak mempunyai kekuatan lagi untuk mengatasinya seorang diri,adalah sarana yang dipakai Allah untuk membentuk kita menjadi pribadi yang lebih kuat dan untuk bersyukur atas Rakhmat-Nya.

Hidup adalah pilihan, tetap menjadi ulat buruk atau berubah menjadi kupu-kupu.

Sebelum menjadi kupu-kupu, seekor ulat harus rela menjadi kepompong. Tanpa menjadi kepompong, seekor ulat tetap akan menjadi ulat dan tidak akan pernah menjadi kupu-kupu.

Jika saat menghadapi masalah hidup kita menyerah kalah maka kehidupan kitapun tak akan berubah.

Kepompong, adalah sebuah perbaikan diri. Mempersiapkan diri untuk terbang dan menjadi cantik. Didalam perenungan yang sunyi, ulat buruk belajar menjadi dewasa.

Apa yang membuat ulat bertahan? “Karena Sebuah Keinginan untuk Berubah ke arah yang lebih baik” sehingga menghasilkan sebuah kepakkan yang indah.

Saat mengalami masa pencobaan, kita harus belajar dari ulat yang rela berdiam didalam kepompong, masuk ke dalam masa pendewasaan dan pembelajaran untuk menjadi sesuatu yang lebih berharga. Menyerah terhadap keadaan hanya akan menjadikan kita tetap sebagai ulat buruk, tidak akan pernah menjadi kupu-kupu.

Selalu ada waktu dimana kepompong harus keluar dari tempat pendewasaannya menjadi seekor kupu-kupu yang siap terbang dengan sayap-sayapnya. Begitu juga selalu ada waktu untuk kita menyelesaikan setiap kesulitan dan masalah dengan selalu berdo’a … memohon petunjuk-Nya … Insya Allah

Diilhami dari Video Pelajaran Berharga dari Seekor Kupu-Kupu 

4 Tanggapan

  1. alhamdulillah saya dapatkan gambar dan hakikat kupu-kupu untuk digunakan dalam pembelajaran paud bGI ANAK MAUPUN BAGI ORANG TUA.

  2. good article…
    izin copies….^_^

  3. minta gambar kupu-kupunya ya k,,,Isfi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: