Hutan dan Relaksasi

Assalamualaikum … Wr Wb

Menurut penelitian Finnish Forest Research Institute, yang dikenal dengan nama lain Metla, hutan dan alam hijau terbuka lainnya terbukti memiliki efek menenangkan. Banyak orang merasa rileks dan nyaman di alam terbuka. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa ada penjelasan ilmiah mengenai efek relaksasi yang dimiliki alam, kata peneliti Dr. Eeva Karjalainen.

Dia menjelaskan hutan dan alam hijau lainnya dapat menurunkan tingkat stres atau depresi, memperbaiki suasana hati, mengurangi kemarahan dan sikap agresif, serta secara keseluruhan meningkatkan rasa bahagia. Hasil penelitian itu mengungkapkan setelah menghadapi situasi yang menuntut konsentrasi atau membuat stres, orang akan pulih lebih cepat dan lebih baik jika berada di lingkungan alam ketimbang di wilayah perkotaan. Mengunjungi hutan juga terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui peningkatan aktivitas dan jumlah sel alami yang membunuh sel kanker.

Tekanan darah, serangan jantung, ketegangan otot, dan peningkatan hormon stres juga berkurang lebih cepat jika berada di lingkungan alam. Tidak hanya itu, gejala gangguan konsentrasi dan hiperaktif pada anak dapat berkurang ketika mereka bermain di alam hijau. Jadi, marilah liburan atau jalan jalan ke hutan.

KF/v/MIperempuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: