Aspek dari Sebuah Pembelajaran

Assalamualaikum … Wr Wb

Aspek dari Sebuah Pembelajaran menurut John B. Biggs and Ross Telfer, dalam bukunya “The Process of Learning”, 1987

  1. Memahami potensi siswa yang tersembunyi dan mendorongnya untuk berkembang sesuai dengan kecenderungan bakat dan minat mereka,
  2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar meningkatkan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan memberikan bantuan jika mereka membutuhkan,
  3. Menghargai potensi siswa yang lemah/lamban dan memperlihatkan antuisme terhadap ide serta gagasan mereka,
  4. Mendorong siswa untuk terus maju mencapai sukses dalam bidang yang diminati dan penghargaan atas prestasi mereka,
  5. Mengakui pekerjaan siswa dalam satu bidang untuk memberikan semangat pada pekerjaan lain berikutnya.
  6. Menggunakan kemampuan fantasi dalam proses pembelajaran untuk membangun hubungan dengan realitas dan kehidupan nyata.
  7. Memuji keindahan perbedaan potensi, karakter, bakat dan minat serta modalitas gaya belajar individu siswa,
  8. Mendorong dan menghargai keterlibatan individu siswa secara penuh dalam proyek-proyek pembelajaran mandiri,
  9. Menyatakan kapada para siswa bahwa guru-guru merupakan mitra mereka dan perannya sebagai motivator dan fasilitator bagi siswa.
  10. Menciptakan suasana belajar yang kondusif dan bebas dari tekanan dan intimidasi dalam usaha meyakinkan minat belajar siswa,
  11. Mendorong terjadinya proses pembelajaran interaktif, kolaboratif, inkuiri dan diskaveri agar terbentuk budaya belajar yang bermakna (meaningful learning) pada siswa.
  12. Memberikan tes/ujian yang bisa mendorong terjadinya umpan balik dan semangat/gairah pada siswa untuk ingin mempelajari materi lebih dalam.

Standar Proses Pembelajaran akan terpenuhi jika memenuhi aspek-aspek berikut :

  1. Perencanaan pembelajaran: (a) Materi; (b) Metode; (c) Proses pembelajaran; dan (d) Sarana pembelajaran dan pemanfatannya;
  2. Pelaksanaan proses pembelajaran;
  3. Interaksi guru dan siswa;
  4. Administrasi pendukung pembelajaran;
  5. Pengawasan dan pengendalian mutu pembelajaran;
  6. Pengaksesan fasilitas pendukung pembelajaran; dan
  7. Interaksi akademik siswa dengan pihak lain di luar disiplin ilmunya

Adapun aspek yang dapat dilihat dari pembelajaran :

  • Dalam membuka pelajaran apakah menarik, menggunakan media dan dapat memotivasi siswa?
  • Dalam kegiatan inti apakah mengaktifkan peserta didik, dapat dicerna, inovatif dan menyenangkan?
  • Dalam menutup pelajaran apakah menyimpulkan/merangkum, melaksanakan evaluasi, dan memberikan tindak lanjut?

Sumber : Quantum Learning

Semoga bermanfaat dan menjadi bekal ketika kita mengajar … 🙂

Tinggalkan komentar