Assalamualaikum … Wr Wb
Aspek dari Sebuah Pembelajaran menurut John B. Biggs and Ross Telfer, dalam bukunya “The Process of Learning”, 1987
- Memahami potensi siswa yang tersembunyi dan mendorongnya untuk berkembang sesuai dengan kecenderungan bakat dan minat mereka,
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar meningkatkan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan memberikan bantuan jika mereka membutuhkan,
- Menghargai potensi siswa yang lemah/lamban dan memperlihatkan antuisme terhadap ide serta gagasan mereka,
- Mendorong siswa untuk terus maju mencapai sukses dalam bidang yang diminati dan penghargaan atas prestasi mereka,
- Mengakui pekerjaan siswa dalam satu bidang untuk memberikan semangat pada pekerjaan lain berikutnya.
- Menggunakan kemampuan fantasi dalam proses pembelajaran untuk membangun hubungan dengan realitas dan kehidupan nyata.
- Memuji keindahan perbedaan potensi, karakter, bakat dan minat serta modalitas gaya belajar individu siswa,
- Mendorong dan menghargai keterlibatan individu siswa secara penuh dalam proyek-proyek pembelajaran mandiri,
- Menyatakan kapada para siswa bahwa guru-guru merupakan mitra mereka dan perannya sebagai motivator dan fasilitator bagi siswa.
- Menciptakan suasana belajar yang kondusif dan bebas dari tekanan dan intimidasi dalam usaha meyakinkan minat belajar siswa,
- Mendorong terjadinya proses pembelajaran interaktif, kolaboratif, inkuiri dan diskaveri agar terbentuk budaya belajar yang bermakna (meaningful learning) pada siswa.
- Memberikan tes/ujian yang bisa mendorong terjadinya umpan balik dan semangat/gairah pada siswa untuk ingin mempelajari materi lebih dalam.
Standar Proses Pembelajaran akan terpenuhi jika memenuhi aspek-aspek berikut :
- Perencanaan pembelajaran: (a) Materi; (b) Metode; (c) Proses pembelajaran; dan (d) Sarana pembelajaran dan pemanfatannya;
- Pelaksanaan proses pembelajaran;
- Interaksi guru dan siswa;
- Administrasi pendukung pembelajaran;
- Pengawasan dan pengendalian mutu pembelajaran;
- Pengaksesan fasilitas pendukung pembelajaran; dan
- Interaksi akademik siswa dengan pihak lain di luar disiplin ilmunya
Adapun aspek yang dapat dilihat dari pembelajaran :
- Dalam membuka pelajaran apakah menarik, menggunakan media dan dapat memotivasi siswa?
- Dalam kegiatan inti apakah mengaktifkan peserta didik, dapat dicerna, inovatif dan menyenangkan?
- Dalam menutup pelajaran apakah menyimpulkan/merangkum, melaksanakan evaluasi, dan memberikan tindak lanjut?
Sumber : Quantum Learning
Semoga bermanfaat dan menjadi bekal ketika kita mengajar … 🙂
Filed under: Uncategorized |
Tinggalkan komentar