Contoh Program Implementasi

Assalamualaikum … Wr Wb

Kegiatan karyawisata ini pada dasarnya adalah sebuah kegiatan yang dimimpikan para pelajar. Sebab, selain berfungsi sebagai kegiatan yang mendidik, pelajar juga bisa melakukan proses rekreasi guna merenggangkan saraf otak yang tegang lantaran kenyang mengkonsumsi pelajaran.

Kegiatan karyawisata ini sejatinya membutuhkan seribu persiapan yang tidak sembrono. Mulai dari konsep yang matang hingga pelaksanaan teknis akomodasi di lapangan.

Sebagai manajer kelas guru dituntut menggunakan berbagai metode dalam menjalankan pembelajaran. Menurut Imansjah Alipandie dalam Didaktik Metodik Pendidikan, penggunaan ragam metode pembelajaran memungkinkan guru membawa siswa pada suasana belajar yang sesungguhnya dan tidak hanya membawa siswa kedalam “Suasana diajar belaka”

Pengertian lain karya wisata adalah kunjungan ke suatu tempat di luar kelas yang dilaksanakan sebagai bagian integral dari seluruh kegiatan akademis, terutama dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.

Dari pengertian tersebut, terlihat bahwa karya wisata mengandung muatan belajar- mengajar, tidak sekadar keluar kelas untuk bersenang-senang …

Bila kita cermati, hampir seluruh sekolah, mulai tingkat dasar sampai pendidikan tinggi, memasukkan karya wisata sebagai salah satu kegiatan tahunan. Program tahunan itu sangat disukai siswa dan guru. Sebab, mereka bisa sejenak terbebas dari kegiatan rutin belajar- mengajar yang kadang membosankan.

Salah satu persiapan ketika akan melaksanakan Implementasi adalah membuat program implementasi karya wisata tersebut.

Di bawah ini saya coba menulis kembali apa yang pernah saya kerjakan ketika menjadi sekertaris pada Kegiatan Implementasi ke Jogyakarta, …🙂. Tentu saja apa yang saya buat jauh dari sempurna, … tapi bagaimanapun hal ini dapat dijadikan sebagai acuan ketika anda akan mengadakan kegiatan implementasi pembelajaran …

Semoga bermanfaat … 8)

KATA PENGANTAR

Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik agar dapat menjadi manusia yang berkualitas, cakap, sehat, mandiri, kreatif, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab, serta mampu menyesuaikan diri dengan setiap perkembangan yang terjadi di sekitarnya. Untuk itu di dalam prosesnya peserta didik sewajarnya diarahkan untuk mendapat kegiatan pembelajaran kontekstual dan bermakna dengan mengaplikasikan teori yang diperoleh di kelas terhadap lingkungannya.

Menyadari pentingnya hal tersebut, SMP Negeri 9 Cimahi akan melaksanakan kegiatan Implementasi Pembelajaran  Eksak dan Sosial khususnya untuk siswa kelas VIII tahun pelajaran 2010/2011, dan sesuai dengan kesepakatan orang tua siswa, kegiatan  implementasi akan dilaksanakan di Gua Jati jajar, Candi Borobudur, Kraton Ngajogyakarta, Taman Pintar, Malioboro.

Harapan kami dengan kegiatan Implementasi Pembelajaran ini siswa dapat memiliki pengetahuan dari pengalaman yang diperolehnya, memahami konsep dasar dari ilmu yang dimilikinya, yang kemudian secara kritis peduli terhadap masalah-masalah sosial yang dihadapi di dalam lingkungannya.

Pada akhirnya , segala kritik dan saran sangat kami harapkan , dan semoga Allah SWT memberikan bimbingan dan perlindungan  sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan implementasi pembelajaran ini dengan baik.

                                                                   Cimahi,  3 Maret     2011

LEMBAR PENGESAHAN PROGRAM

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EKSAK DAN SOSIAL

KELAS VIII SMP NEGERI 9 CIMAHI

Tahun Pelajaran 2010/2011


Ketua,                                                                          Sekretaris,

————————–                                                 ————————–

NIP.                                                                              NIP.

Mengetahui/Menyetujui

Ketua Komite Sekolah,                                           Kepala Sekolah,

—————————-                                                ————————–

                                                                                          NIP.

BAB  I

PENDAHULUAN

  1. LATAR  BELAKANG

Penetapan   Kurikulum Tingkat  Satuan  Pendidikan ( KTSP ) merupakan keputusan  pemerintah untuk meningkatkan fungsi kurikulum sebagai panduan penyelenggaraan  pembelajaran yang  berbasiskan kondisi sekolah masing-masing, serta pengembangannya berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangakan kompetensinya hingga menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Hal  ini sejalan  dengan bab II pasal  3  Undang Undang Sisdiknas, menyatakan bahwa pendidikan berfungsi menyumbangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sesuai  dengan tujuan pendidikan nasional dan KTSP tersebut maka tugas sekolah adalah mengembangkan potensi peserta didik secara optimal memiliki  kemampuan untuk hidup di masyarakat hingga kelak berguna dan ikut mensejahterakan masyarakat. Dalam halnya pengembangan pembelajaran mesti selalu memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kondisi kekinian.

Untuk mewujudkan harapan diatas, dan sesuai dengan perkembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Negeri 9 Cimahi yang disusun untuk memberi kesempatan pada peserta didik :

  1. belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. belajar untuk memahami dan menghayati
  3. belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif
  4. belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain
  5. belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan,

Maka perlu diadakan kegiatan implementasi pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran eksak dan sosial.

  1. LANDASAN   KEGIATAN 
  1. Undang-Undang RI  Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah RI  NO. 19 Tahun 2005 tentang  Standar Nasional Pendidikan
  3. Kurikulum Tingkat  Satuan Pendidikan SMP Negeri  9  Cimahi  tahun pelajaran  2010 / 2011.
  4. Program tahunan Kesiswaan  SMP Negeri  9  Cimahi  tahun pelajaran  2010 / 2011.
  5. Program MGMP IPS, IPA, Bahasa Inggris,  PAI dan Seni Tari SMP Negeri  9  Cimahi  tahun pelajaran  2010 / 2011.
  1.  TUJUAN

             Kegiatan ini bertujuan

  1. Memberikan  aplikasi materi atau pemahaman langsung  serta pembuktian  dari berbagai materi  yang telah dipelajari di dalam kelas.
  2. Mengetahui  berbagai  bukti  kekayaan sejarah yang dimiliki  Bangsa Indonesia.
  3. Melatih kemandirian  dalam  berpikir dan bertindak.
  4. Melatih  kepedulian  dan empati terhadap sesama.
  5. Memberi pengalaman kepada siswa berinteraksi dengan warga masyarakat di lingkungan obyek wisata tujuan.memupuk rasa  bangga  terhadap kekayaan budaya bangsa
  6. Meningkatkan  rasa  Nasionalisme setiap siswa.
  1. KEGIATAN

                   Bentuk kegiatan  ini  berupa   Karyawisata  Implementasi Pembelajaran di Jogyakarta bagi siswa  kelas  VIII tahun pembelajaran  2010/2011.

  1. WAKTU  DAN  TEMPAT

Hari/  Tanggal                                 :   Jum’at,  29 April  2011  sampai dengan Minggu, 1 Mei 2011

Observasi                                        :

1.   Candi Borobudur

2.   Kraton Ngajogyakarta

3.   Taman Pintar

4.   Malioboro

5.   Gua Jatijajar.

PESERTA

 Seluruh  siswa  kelas  VIII  dan  SMP Negeri  9  Cimahi  tahun pelajaran  2010 / 2011.

BAB   II

KEPANITIAAN

STRUKTUR PANITIA KEGIATAN IMPLEMENTASI JOGYA 2010 / 2011


A.        SUSUNAN  PANITIA 

Ketua  Pelaksana                              :   Sri Rahayu,S.Pd, M.M

Sekretaris                                            :   Lilis Kurniasih, S.Pd

Bendahara                                           :   Hj.Tusti Setiawati, S.Pd

Anggota                                              :

1 .Rd Budi R

2. Dra.Siti Warindah

3. Catur Sunuadi,S.Pd

4. Wali kelas VIII

Seksi – seksi   :

Pembimbing  dan  Monitoring            :  Seluruh wali kelas VIII

–   Guru  yang  mendapat  surat  tugas  (terlampir)

–    Guru  wali  kelas  VIII  dan  Guru  mata  pelajaran terkait.

B.         MATA  PELAJARAN 

Mata  pelajaran  yang  terkait  pembelajaran  :

a.   Pendidikan  Agama ;

b.    Bahasa  Inggris ;

c.    Ilmu Pengetahuan  Sosial ;

d.    Ilmu Pengetahuan  Alam ;

C.        TEKNIK  PELAKSANAAN

 – Peserta / siswa   ditiap kelas  dibagi menjadi  kelompok kerja

– Tiap mata pelajaran akan memberikan tugas yang berbeda yang tertuang dalam lembar kerja siswa  (LKS).

– Semua peserta / siswa  akan melakukan observasi di tiap tempat yang telah ditentukan, untuk memperoleh  pengalaman  pembelajarannya.

– Lembar kerja siswa (LKS) akan dituntaskan seusai mereka melakukan observasi.

– Tiap guru mata pelajaran/wali kelas akan memeriksa hasil kerja siswa dan memasukkan nilainya sebagai satu hasil proses nilai pembelajaran.

 D.        SUMBER  PEMBIAYAAN

Diperoleh  dari  sumbangan  peserta   yaitu siswa  kelas  VIII  Negeri  9  Cimahi  tahun pelajaran  2010 / 2011.dan bantuan dari sekolah untuk siswa yang tidak mampu (rincian  pembiayaan terlampir).

 E.         PENUTUP

Demikian  program ini  kami  buat  sebagai gambaran  kerja kegiatan Karyawisata Implementasi Pembelajaran di Jogyakarta bagi siswa kelas VIII tahun pembelajaran  2010/2011.

                                                                               Cimahi, 3 Maret 2011

Ketua,                                                                   Sekretaris,

——————–                                               ———————

NIP.                                                                       NIP.

Diketahui/Menyetujui

Kepala  SMP  Negeri  9 Cimahi

————————————

NIP.

SURAT  KEPUTUSAN

NOMOR  :  ———————————————

TENTANG

Pembagian  Tugas  Kelompok Kerja

Karyawisata  Implementasi  Pembelajaran  Di Jogyakarta  Tahun 2010/2011

Menimbang  : Bahwa dalam rangka mengembangkan pembelajaran di dalam    Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran SMP Negeri  9 Cimahi tahun 2010/2011 untuk beberapa mata pelajaran tertentu diperlukan Implementasi lapangan.

Memutuskan  :

Menetapkan       :

Pertama              :  – Kepada guru yang tercantum dalam lampiran  1 keputusan ini ditugaskan sebagai kelompok kerja  kegiatan Karyawisata  Implementasi Pembelajaran Di Jogyakarta  Tahun 2010/2011.

Kedua                  : – Menugaskan kepada guru yang tercantum tersebut untuk melaksanakan tugas sesuai dengan kerjanya masing-masing.

Ketiga                 :   –  Masing – masing guru  melaporkan  pelaksanaan tugasnya kepada  Kepala Sekolah melalui Ketua panitia selaku ketua pelaksana.

Keempat             :   –  Apabila  dalam penetapan ini terdapat kekeliruan akan diperbaiki sebagaiman mestinya.

Keputusan ini agar dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Ditetapkan di Cimahi

Pada tanggal : 2 pebruari 2011

Kepala SMP Negeri 9 Cimahi

———————————–

NIP.

LAMPIRAN I

 SURAT KEPUTUSAN

NOMOR : ————————————

TENTANG

 SUSUNAN PANITIA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN

 KELAS VIII SMP NEGERI 9 CIMAHI KE JOGYAKARTA

TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Ketua Pelaksana                               :  Sri Rahayu,S.Pd,M.M.

Sekretaris                                            :  Lilis Kurniasih, S.Pd.

Bendahara                                           :  Hj. Tusti Setyawati, S.Pd.

Seksi-Seksi                                           :

1.Acara  / LKS                         :

  1. H.Drs.Warsono
  2. Catur Sunuadi, S.Pd.
  3. Zulfahayati,S.Pd

2. Akomodasi                             :

  1. Siti Nurhayati, S.Pd.
  2. Patricia Suharti,S.Pd,M.M.
  3. Dwi Ratna Siwi,S.Pd.

3. Dokumentasi                          :

  1. Hj.Sri Sundartini.W, S.Pd.
  2. Rina Wulansari, S.Pd.

4. Keamanan                             :

  1. R Budi R.
  2. Dra.Siti Warindah
  3. Sobarudin
  4. Triman Sukendar,SPd.MM.

5. P3K / Konsumsi                     :

  1. An An Supriati, S.Pd.
  2. Dra Sri Astuti.
  3. Sri Widayati,S.Pd.

Ditetapkan di : Cimahi

Tanggal          : 3 Maret  2011

Kepala Sekolah,

—————————-

NIP.

LAMPIRAN II

 SURAT KEPUTUSAN

NOMOR : ——————————————–

TENTANG

SUSUNAN PANITIA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN

 KELAS VIII SMP NEGERI 9 CIMAHI KE JOGYAKARTA

TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PANITIA TAMBAHAN

Koordinator Bis     :

Bus  1                          : Tatang Supriatna, S.Pd,M.M.

Bus  2                          : Ade Sumilah,SPd,MM

Bus  3                          : Dra.Endang Widyastuti

Bus  4                          : Drs.Agus Sudradjat

Bus 5                           : Achmad Sungkawa,S.Pd.

Bus 6                           : Effi Hastiati,S.Pd.

Bus 7                           : Wiwi Sriwidiawati, S.Pd.

Pemberangkatan/Penjemputan           :

  1. Puji Juwono
  2. Suhendi ( Satpam)

Pembantu Umum:

  1. Asep Heri Bagus, S.Pd
  2. Zaenal Arifin
  3. Mugito
  4. Deni

Ditetapkan di  : Cimahi

Tanggal           : 3 Maret  2011

Kepala Sekolah,

———————————-

NIP.

RINCIAN TUGAS PANITIA

 1.      Penanggung Jawab

Bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan  implementasi pembelajaran eksak dan sosial kelas VIII tahun pelajaran 2010/2011

2.      Ketua

  1. Bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan kegiatan implementasi pembelajaran   eksak dan sosial kelas VIII tahun pelajaran 2010/2011
  2. Mengadakan survey maupun kerjasama dengan pihak lain bila diperlukan
  3. Menyiapkan program dan panduan bagi peserta implementasi.
  4. Memonitoring seluruh kegiatan seksi-seksi dalam pelaksanaan kegiatan.
  5. Mempertanggungjawabkan/melaporkan pelaksanaan kegiatan implementasi kepada Kepala Sekolah

3.      Sekretaris

  1. Membantu ketua dalam  menyiapkan  program, surat-surat, dan  perangkat lain yang dibutuhkan.
  2. Berkoordinasi dengan seksi lain dalam menjalankan tugas
  3. Memantau seluruh tugas seksi-seksi selama kegiatan pelaksanaan implementasi
  4. Berkoordinasi dengan ketua, travel, atau pihak lain yang berhubungan dengan kegiatan implementasi

4.      Bendahara

  1. Menyusun anggaran keuangan.
  2. Menerima, menyiapkan, dan mengalokasikan anggaran.
  3. Memantau tugas seksi-seksi selama kegiatan implementasi.
  4. Menyusun laporan keuangan.

5.      Sie Acara dan Tugas Siswa.

  1. Menyiapkan LKK dengan cara berkoordinasi dengan guru mata pelajaran.
  2. Membuat Lembar Kerja dan memeriksa hasil pekerjaan siswa.
  3. Menyusun dan mengatur acara /kegiatan implementasi di lokasi

6.      Sie Akomodasi

  1. Membuat pembagian tugas pembimbingan siswa.
  2. Mengatur penempatan siswa dan pembimbing di dalam bus.
  3. Mengatur pembagian komsumsi untuk siswa dan pembimbing selama pelaksanaan kegiatan implementasi.
  4. Memantau dan memberi kemudahan kepada peserta selama kegiatan implementasi.

7.      Sie Dokumentasi

  1. Mengabadikan pelaksanaan kegiatan implementasi.
  2. Menginventaris, dan menyimpan dokumen pelaksanaan kegiatan Implementasi Pembelajaran Siswa Kelas VIII tahun pelajaran 2010/2011

8.      Keamanan

  1. Mengatur dan mengamankan peserta implementasi mulai sebelum, selama perjalanan, dan selama pelaksanaan kegiatan implementasi.
  2. Berkoordinasi dengan seksi lain untuk kelancaran kegiatan implementasi.
  3. Membantu petugas penjemputan dan wali kelas untuk memastikan siswa kembali kepada orangtuanya.

9.      Pembantu Umum

  1. Membantu kegiatan administrasi.
  2. Membantu pelaksanaan kegiatan implementasi baik selama di dalam bus maupun di lokasi.

10.  Penjemputan

  1. Menerima, menempatkan, dan mengatur orang tua/wali siswa yang menjemput di sekolah.
  2. Mengatur dan menempatkan kendaraan (bus dan kendaraan penjemput).
  3. Memastikan dan meyerahkan siswa kepada orang tuanya.

11.  Pembimbing

  1. Membantu mengelola pendaftaran siswa (wali kelas)
  2. Mengawasi dan membimbing siswa selama pelaksanaan kegiatan implementasi baik selama perjalanan maupun di lokasi implementasi.
  3. Membantu siswa yang sakit untuk mendapatkan pengobatan selama kegiatan implementasi.
  4. Membantu panitia implementasi selama kegiatan berlangsung.
  5. Mengabsen siswa setiap kali akan meninggalkan lokasi implementasi.
  6. Mengingatkan siswa untuk selalu berdoa memohon perlindungan Allah SWT
  7. Membantu siswa menyelesaikan tugas (LKK)

12.  Koordinator Bus

  1. Memimpin siswa untuk berdo’a sebelum berangkat atau  meninggalkan lokasi implementasi
  2. Mengabsen peserta implementasi sesuai dengan daftar penghuni busnya
  3. Mengatur kenyamanan peserta implementasi selama perjalanan dan pelaksanaan kegiatan.
  4. Membantu seksi akomodasi dalam pendistribusian komsumsi peserta implementasi.
  5. Mengingatkan  pembimbing dan peserta akan kewajiban dan haknya selama kegiatan implementasi.

BAB   III

ANGGARAN BIAYA

Rencana Anggaran Kegiatan Implementasi Pembelajaran

ke Jogya Tahun 2010/2011 SMPN 9 Cimahi

BAB IV

PENUTUP

Program penyelenggaraan Kegiatan Implementasi Jogyakarta 2010/2011, tidak terlepas dari kekurangan dan ketidak sempurnaan. Untuk itu, kami memohon maaf atas segala kekurangan dan mengharapkan berbagai saran dan kritikan untuk keefektipan penyelenggaraan implementasi.

Hanya dengan kerjasama dan dukungan dari semua personil sekolah, penyelenggaraan Kegiatan Implementasi Jogyakarta 2010/2011 akan berjalan lancar dan tertib, sehingga tujuan dari diselenggarakannya implementasi tersebut, akan tercapai dengan baik. Siswa akan  mendapat kesan positif terhadap pembelajaran dengan melihat objek pembelajaran langsung. Dan siswa dapat memantapkan dirinya dalam mengikuti proses pembelajaran selanjutnya.

Pada akhirnya , atas segala  dukungan dan kerjasamanya, kami mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya.

Cimahi,    3 Maret 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: