Dengan Lomba Bangkitkan Siswa … Bercita-cita

Assalamualaikum … Wr Wb

Tugas utama seorang guru dengan kemuliaannya adalah mampu memotivasi dan membangkitkan agar anak didik punya cita – cita. Guru diharapkan mampu mendorong anak didik bersikap optimis. Guru dianggap berprestasi jika siswa – siswanya mempunyai kemampuan yang melebihinya.

“Anak didik kita itu masa depan kita semua. Oleh karena itu, dia harus kita berikan motivasi dan dorongan – dorongan agar dia punya cita – cita, punya mimpi – mimpi besar. Lomba adalah Media (pembelajaran) sebagai kreasi dan inovasi dari bapak ibu sekalian itu adalah sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ikhtiar untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita,” …

Lomba adalah salah satu cara untuk Menciptakan Proses Pembelajaran yang Efektif, Efisien, dan Mengembangkan Kemandirian dalam Belajar Para Siswa. Lomba bertujuan untuk memotivasi guru untuk berkreasi, berinovasi, dan menggunakan media untuk pembelajaran yang efektif, efisien, interaktif, menyenangkan, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian peserta didik di dalam belajar.

Media pembelajaran dapat diibaratkan sebagai jembatan. jika guru sudah menyiapkan informasi – informasi yang luar biasa, tetapi karena medianya tidak bagus maka informasi akan hilang dan tidak sampai ke siswa atau kalau sampai sudah berkurang. “Sehingga media  ini sangat penting,”

Banyal perlombaan yang dapat diikuti siswa di sekolah baik itu akademis maupun non akademis diantaranya :

  1. Olympiade Matematika
  2. Olympiade IPA
  3. KIR IPA
  4. Kreasi dan Inovasi Media Pembelajaran
  5. Baca Puisi
  6. Membaca Cerpen
  7. Membuat Karya Sastra
  8. Seni Cipta Puisi Balada
  9. Lomba Seni
  10. PMR
  11. Paskibra
  12. Peraturan Baris Berbaris
  13. Senam
  14. Bola Volley
  15. Nasid
  16. Nada Islami
  17. dsb

Dengan seringnya siswa siswi kita mengikuti perlombaan hal itu dapat memotivasi mereka … yang pada akhirnya membangkitkan keinginan untuk meraih apa yang dicita-citakan … semoga … 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: