Wisata Ke Daerah Garut

Assalamualaikum … Wr Wb

Pada tanggal 26 Juni 2011 kami rombongan SMPN 9 Cimahi mengadakan tour/wisata guru ke wilayah Garut :

Adapun rencana perjalanan kami ada dua lokasi yaitu :

1. Mengunjungi Kampung Naga dengan tujuan mempelajari kehidupan, adat istiadat disana.

2. Pemandian air panas Sabda Alam, tujuan kami selain wisata tentu saja ada beberapa acara yang dimaksudkan untuk mempererat tali persaudaraan antar guru di SMPN 9 Cimahi.

Garut 9

Kampung Naga

Garut 1

Kampung Naga merupakan suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya, dalam hal ini adalah adat Sunda. Seperti permukiman Badui, Kampung Naga menjadi objek kajian antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan Sunda pada masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.

Garut 2

Kampung Naga merupakan sebuah kampung adat yang masih lestari. Masyarakatnya masih memegang adat tradisi nenek moyang mereka. Mereka menolak intervensi dari pihak luar jika hal itu mencampuri dan merusak kelestarian kampung tersebut.

Penduduk Kampung Naga semuanya mengaku beragama Islam, akan tetapi sebagaimana masyarakat adat lainnya mereka juga sangat taat memegang adat-istiadat dan kepercayaan nenek moyangnya. Artinya, walaupun mereka menyatakan memeluk agama Islam, syariat Islam yang mereka jalankan agak berbeda dengan pemeluk agama Islam lainnya.

Garut 3

Menurut kepercayaan masyarakat Kampung Naga, dengan menjalankan adat-istiadat warisan nenek moyang berarti menghormati para leluhur atau karuhun. Segala sesuatu yang datangnya bukan dari ajaran karuhun Kampung Naga, dan sesuatu yang tidak dilakukan karuhunnya dianggap sesuatu yang tabu. Apabila hal-hal tersebut dilakukan oleh masyarakat Kampung Naga berarti melanggar adat, tidak menghormati karuhun, hal ini pasti akan menimbulkan malapetaka.

Tempat-tempat seperti makam Sembah Eyang SingaparnaBumi ageung dan masjid merupakan tempat yang dipandang suci bagi masyarakat Kampung Naga.

Garut 6

Tabu, pantangan atau pamali bagi masyarakat Kampung Naga masih dilaksanakan dengan patuh khususnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang berkenaan dengan aktivitas kehidupannya.pantangan atau pamali merupakan ketentuan hukum yang tidak tertulis yang mereka junjung tinggi dan dipatuhi oleh setiap orang. Misalnya tata cara membangun dan bentuk rumah, letak, arah rumah,pakaian upacara, kesenian, dan sebagainya.

Bentuk rumah masyarakat Kampung Naga harus panggung, bahan rumah dari bambu dan kayu. Atap rumah harus dari daun nipah, ijuk, atau alang-alang, lantai rumah harus terbuat dari bambu atau papan kayu. Rumah harus menghadap kesebelah utara atau ke sebelah selatan dengan memanjang kearah Barat-Timur. Dinding rumah dari bilik atau anyaman bambu dengan anyaman sasag. Rumah tidak boleh dicat, kecuali dikapur atau dimeni. Bahan rumah tidak boleh menggunakan tembok, walaupun mampu membuat rumah tembok atau gedung (gedong).

Rumah tidak boleh dilengkapi dengan perabotan, misalnya kursi, meja, dan tempat tidur. Rumah tidak boleh mempunyai daun pintu di dua arah berlawanan. Karena menurut anggapan masyarakat Kampung Naga, rizki yang masuk kedalam rumah melaui pintu depan tidak akan keluar melalui pintu belakang. Untuk itu dalam memasang daun pintu, mereka selalu menghindari memasang daun pintu yang sejajar dalam satu garis lurus.

Garut 4

.

Garut 5

.

Garut 12

.

Garut 14

Sabda Alam Pemandian Cipanas Garut

Salah satu objek wisata yang kami kunjungi adalah Taman Air Sabda Alam, salah satu taman air di daerah Cipanas Garut.

Garut 10

Wisata air ini merupakan wisata air panas yang dilengkapi dengan berbagai permainan, diantaranya adalah water boom, ember tumpah, dan berbagai permainan air lainnya. Memang sih lokasi ini belum sepenuhnya selesai, tapi sudah cukup banyak pengunjung yang datang untuk berwisata di daerah ini. Dan yang membedakan dengan wisata air (waterboom, dkk) di tempat lain adalah, disini air yang digunakan adalah air panas alami, jadi selain bermain, kita bisa menikmati air panas alami, ya lumayan tuk ngilangin pegel-pegel.

Lokasi ini hanya berjarak sekitar 60 km dari Bandung, jadi untuk menuju kesana kalau dari Bandung cuma diperlukan waktu sekitar 1,5 jam. Taman Air ini tepatnya ada di belakang Hotel Sabda Alam Cipanas.

Garut 7

Sebelum pulang kami mampir di toko sepatu “Mangrupa”, tak lupa juga membeli oleh-oleh khas garut seperti : dodol, manisan,kerajinan, dsb.

Garut 11

Pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada ibu Hj Dwi Purniati,SPd sekeluarga yang telah memberikan begitu banyak bantuan,juga kepada panitia, serta rekan-rekan yang telah ikut serta menyumbangkan bantuan moril maupun meterial sehingga terselenggaranya kegiatan ini, semoga Alloh SWT … memberikan pahala yang berlimpah … Aamiin …🙂

Demikian perjalanan wisata kami, semoga dengan adanya acara  seperti ini bukan hanya kita mendapat pengetahuan tentang adat istiadat sebuah daerah, juga melihat pemandangan alam yang asri sehingga lebih mensyukuri nikmat Alloh SWT, terlebih bagi kami hal ini mempererat tali silaturahmi antar guru,selain melepas lelah menghilangkan penat sehari-hari,sehingga pada saatnya melaksanakan rutinitas selanjutnya lebih siap …🙂

Garut 8

Satu Tanggapan

  1. […] Wisata Ke Daerah Garut […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: