Meningkatkan Kompetensi Menulis Guru Melalui Penulisan Artikel Populer di Media Cetak

Assalamualaikum Wr Wb

Karya tulis ilmiah memiliki peran strategis dalam upaya pengembangan profesi guru. Sebagaimana diketahui bahwa karya pengembangan profesi merupakan salah satu butir penting bagi guru dalam meraih kenaikan pangkat terutama IVb ke atas, sesuai Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84/1993 tentang Penetapan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, serta Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala BAKN Nomor 0433/P/1993, Nomor 25 tahun 1993 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan. Disamping itu, selaras dengan kebijakan sertifikasi guru karya pengembangan profesi juga merupakan salah satu butir penting penentu keberhasilan guru dalam meraih sertifikat.

 DP 1

Untuk menyikapi hal tersebut di atas. Maka pada hari Sabtu, 6 September 2014 SMPN 9 Cimahi mengadakan Diklat Penulisan Artikel Populer untuk para guru. peserta terlihat mengikuti kegiatan diklat ini dengan semangat dan sungguh-sungguh.

Kegiatan Diklat  Penulisan Artikel Populer ini sebenarnya adalah salah satu rangkaian Kegiatan peningkatan kompetensi guru dalam menulis karya ilmiah khususnya penulisan artikel di forum guru Koran “Pikiran Rakyat” .

Kegiatan ini bekerja sama dengan UPI, dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Kepakaran Bidang Ilmu (PkM Bidang Ilmu) dan Koran Pikiran Rakyat.

Diklat Penulisan Artikel Populer ini membahas tentang Jurnalis, tepatnya tata cara menulis berita di Surat Kabar.

DP 2

DP 3

Adapun Acaranya :

  1. Pendahuluan
  2. Pembacaan ayat suci Al Qur’an
  3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  4. Laporan ketua penyelenggara
  5. Sambutan
  6. Pemberian Materi
  7. Evaluasi

Adapun materi pada pelatihan kali ini adalah :

Materi I Tekhnik Menulis

Pemateri : Prof.Dr.Karim Suryadi,M.Si. (Guru Besar Komunikasi Politik)

Materi II Tekhnik dan Praktek Menulis Artikel Populer

Pemateri : Erwin Kustiman,S.Ikom (Ka.Redaktur Opini dan surat Pembaca Pikiran Rakyat)

Materi III Tekhnik dan Praktek Foto Jurnalistik

Pemateri : Harry Sujana (Redaktur Pembaca Pikiran Rakyat)

Setelah  evaluasi kamipun membahas hasil kerja salah satu peserta,  baik itu artikel maupun foto hasil jepretan langsung, terjadi diskusi hangat antar pemateri dan peserta demi untuk peningkatan hasil karya kami.

DP 4

Acara  berlangsung dari jam 08.00-17.00, di ruang Serba Guna, SMPN 9 Cimahi. Kegiatan pun berjalan dengan lancar. Diakhir acara Alhamdulillah kamipun mendapat sertifikat dll, terutama ilmu sebagai bekal kami …

DP 5

DP 6

Sebagai seorang guru tentunya banyak temuan dan ide yang terlintas baik dari kegiatan membaca, fakta atau pengalaman yang kita temukan dilapangan. Hanya masalahnya bagaimana kita memulai untuk menulis … berbekal dari hal tersebut dan pelatihan yang telah kita dapatkan mudah-mudahan kita dapat menuangkan ide kita dalam bentuk tulisan karya ilmiah. Selain dapat melatih kita untuk menuangkan ide kreatif dalam bentuk tulisan, mudah-mudahan ada solusi terhadap masalah ataupun kendala yang kita alami dan menjadikan pendidikan di sekolah dan Indonesia pada umumnya menjadi lebih baik … Aamiin …

Aktivitas menulis karya ilmiah di kalangan guru memerlukan adanya motivasi dari guru. Tanpa adanya motivasi dari dalam diri guru itu sendiri niscaya gerakan menulis karya ilmiah di kalangan guru sulit membuahkan hasil yang memadai.

DP 7

 DP 8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: