Silaturahmi Keluarga Besar SMPN 9 Cimahi

Assalamualaikum Wr Wb

Sil 1

Setelah kita merayakan Hari Raya Idul Fitri 1345 H, Di bulan Syawal itu menjadi ajang silaturahmi baik dengan Tuhan maupun dengan keluarga dan sahabat.
“Hubungan itu jangan sampai timpang. Dengan Tuhan baik, tapi dengan kerabat, tetangga, ataupun sahabat kurang baik, ini tidak dibenarkan. Untuk itu, silaturahmi penting dilakukan,”

“Idul Fitri itu kembali ke fitrah, memupuk ketauhidan, memperbanyak amal ibadah sesuai dengan ketentuan bahwa manusia sebagai hamba dan sebagai khalifah (pemimpin),”

 Sil 2

Seperti halnya yang dilakukan di SMPN 9 Cimahi pada hari Rabu, tanggal 6 Agustus 2014, selain acara Silaturahim juga Perpisahan guru, TU Purnabakti, Mutasi dan Promosi.

 Sil 3

Manfaat silaturahmi adalah Memupuk rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama sehingga diharapkan terjalin rasa kebersamaan dan kekeluargaan. Bersatu dalam tali persaudaraan dan persahabatan sehingga kesan agama rahmatan lil alamin terpancar dari ukhuwah yang selalu terjalin antar sesama kaum muslim.

Silaturahim sebagai cara untuk mengakrabkan jalinan persaudaraan yang sudah lama tidak bertemu karena terhalang oleh waktu dan lokasi.

Mendapatkan ridho dari Allah SWT karena mengutamakan silaturahmi , orang yang menjalin silaturahmi tentu lebih banyak dido’akan oleh mereka yang didatangi.

Dengan menjalin silaturahmi, kita akan saling mengingatkan dalam kebenaran dan membuat orang yang kita kunjungi akan merasa bahagia. Selain itu, silaturahmi juga dapat memperlancar rejeki, jodoh, serta menambah kesuksesan dalam karir maupun usaha.

Namun satu hal yang pasti, manfaat silaturahmi akan benar-benar memberikan efek positif jika menjalani silaturahmi dengan ikhlas, sabar dan selalu berserah diri kepada-Nya.

 Sil 4

Adapun acara “Silaturahim juga Perpisahan guru, TU Purnabakti, Mutasi dan Promosi” yaitu :

  1. Pembacaan Ayat suci Al Qur’an oleh Bapak Jajang,SPd dan saritilawah Ibu Darsih,Sag.
  2. Pembukaan yang disampaikan oleh Bapak Tatang Supriatna,SPd,MM dan Ibu Ummi Khotimah,SPd.
  3. Sambutan dari ketua penyelenggara kegiatan Bapak Drs.H Warsono.
  4. Sepatah kata dari perwakilan guru yang disampaikan oleh Bapak Achmad Sungkawa,SPd,MM.
  5. Sambutan dari Bapak Kepala sekolah Bapak Drs.Agustia Daniswara,MM.
  6. Penyerahan Cindra Mata
  7. Tausyiah dari Bapak KH Moch.Sholeh (Ketua MUI Kecamatan Cimahi Selatan)
  8. Do’a
  9. Ramah tamah

Pembukaan dengan pembacaan Al Qur’an surat Al Imran, semua menyimak dengan khusu.

 Sil 9

Pembukaan yang disampaikan oleh pembawa acara sangat berkesan sehingga seluruh acara terasa jelas keterkaitan antar satu dan yang lainnya.

Sambutan dari ketua penyelenggara menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk menyampaikan terima kasih dan selamat jalan bagi rekan-rekan baik yang sudah selesai menjalankan kewajibannya (Purnabakti) yaitu Ibu Imas Mintarsih dan Ibu Siti Salbiyah, juga bagi rekan yang mutasi yaitu Ibu Dewi Ratna,SPd (ke SMPN 4 Cimahi) dan Ibu Mariam Komalawati,S.kom (ke SMK 2 Cimahi), juga bagi rekan yang menjadi kepala sekolah di SMP PGRI IV Cimahi yaitu Bapak Achmad Sungkawa,SPd,MM. (Promosi).

Sepatah kata dari perwakilan guru diantaranya yaitu mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada semua warga SMPN 9 Cimahi yang telah memberi kesempatan untuk belajar menerima dan memberi ilmu dalam suasana kekeluargaan juga minta maaf yang sebesar-besarnya atas semua kesalahan baik yang sengaja maupun tidak sengaja, dan yang pasti “Walau kami sudah berpisah karena tugas, nilai-nilai positif yang ada di SMPN 9 Cimahi baik itu kekeluargaan, gotong royong, kerja sama, ajaran, didikan, baik secara langsung maupun tidak langsung, akan selalu kami bawa dan hal tersebut mengingatkan akan kehangatan keluaga besar SMPN 9 Cimahi, dan terutama untuk bapak kepala sekolah, banyak program yang dinilai baik kami adopsi dan dilaksanakan di sekolah kami” … Indahnya …🙂

Sambutan dari Bapak Kepala sekolah

Silaturahim sebagai cara untuk mengakrabkan jalinan persaudaraan yang sudah lama tidak bertemu karena terhalang oleh waktu dan lokasi. Jadi walaupun kita berpisah bukan berarti jalinan silaturahim itu terputus … “Ulah deukeut awak tapi jauh hate tapi kudu sanajan jauh awak tapi hate mah deukeut” … dalam kesempatan ini saya sebagai kepala sekolah dan yang bertanggung jawab di lembaga ini, meminta maaf yang sebesar-besarnya atas semua kesalahan baik langsung maupun tidak langsung dalam menjalankan kewajiban di sekolah ini. … satu hal yang akan bapak sampaikan untuk anak-anakku yang akan meninggalkan sekolah ini …”Bral miang … jung sing teuneung ludeung, sing jembar, sing sarehat pait daging Pahang tulang. Hidep miang mawa kahayang … udagan na mangsa datang … hidep miang lantaran tugas geus wekasan … “

 Sil 11Sil 12

Penyerahan Cindra Mata yang diberikan oleh bapak kepala sekolah dan wakasek humas

Tausyiah dari Bapak KH Moch.Sholeh (Ketua MUI Kecamatan Cimahi Selatan)

Sil 13

Sil 14

Diawali dengan salam yang kemudian dijawab serempak oleh yang hadir … “ Meuli opak ka cipeundeuy … teu kompak euy … lalu mengucap lagi salam di jawab lagi oleh yang hadir … meuli opak jeung kesemek … rajeun kompak bari ambek … yang disambut tertawa oleh hadirin … “(setiap orang punya cara sendiri dalam menarik perhatian dari pendengarnya … begitupun dengan bapak ustad ini … dengan caranya yang khas diselingi nyanyian … “Dina Amparan Sajadah” … yang dinyanyikan dengan penuh ekspresi … terasa sekali bahwa kita sebagai makhluk yang tak berdaya selain karena pertolongan_Nya … sehingga peserta pengajian tidak merasa bosan ataupun ngantuk … dan yang jelas makna dari silaturahim kali ini terasa lebih bermakna …) Pembacaan sholawat secara bersamaan menjadi awal dari tausyiah ini … “Barang siapa yang ingin dimudahkan rizkinya maka sering-seringlah silaturahim, selain itu Alloh SWT akan meningkatkan ilmu dan memanjangkan umurnya … Aamiin …

Penutup dari tausyiah ini kamipun mengumandangkan sholawat secara bersamaan yang dilanjutkan dengan do’a dan terakhir … hiji ditambah hiji sama dengan dua, lamun pinter ngaji pinter ngado’a, dua ditambah dua sama dengan opat lamun pinter ngaji menang berekat … bisa saja pak ustad …🙂

Astaghfirullah Rabbal Barroya Astaghfirullah Minal khotoya

Astaghfirullah Rabbal Barroya
(Ampunilah Hamba Ya Allah Maha Penerima Taubat)
Astaghfirullah Minal khotoya.
(Ampunilah Hamba Ya Allah Daripada Segala Dosa)

Rabbi zidni ‘ilman naa fi’a
(Tambahkan kepadaku ilmu yang berguna)
Wa wa fiqni ‘amalam maqbula
(Dan berikanlah aku amalan yang dimakbulkan)
Wa Wa habli rizqan waasi’a
(Dan kurniakan kepadaku rezeki yang meluas)
Wa tub ‘alaia taubatan nasuha
(Dan perkenankan taubatku dengan taubat nasuha)

Astaghfirullah Rabbal Barroya
(Ampunilah Hamba Ya Allah Maha Penerima Taubat)
Astaghfirullah Minal khotoya.
(Ampunilah Hamba Ya Allah Daripada Segala Dosa)

Rabbi zidni ‘ilman naa fi’a
(Tambahkan kepadaku ilmu yang berguna)
Wa wa fiqni ‘amalam maqbula
(Dan berikanlah aku amalan yang dimakbulkan)
Wa Wa habli rizqan waasi’a
(Dan kurniakan kepadaku rezeki yang meluas)
Wa tub ‘alaia taubatan nasuha
(Dan perkenankan taubatku dengan taubat nasuha)

Astaghfirullah Rabbal Barroya
(Ampunilah Hamba Ya Allah Maha Penerima Taubat)
Astaghfirullah Minal khotoya.
(Ampunilah Hamba Ya Allah Daripada Segala Dosa)

 

Semoga bermanfaat …🙂

Hal 12

Sil 10

 

Sil 5

Sil 6Sil 8

Sil 7

Jadi ingat lagu yang disenandungkan pak ustad

 

Dina amparan sajadah
Abdi sumujud pasrah
Diri nu lamokot ku dosa
Nyanggakeun sadaya-daya

Dina amparan sajadah
Abdi sumujud pasrah
Mundut pangampura Gusti
Ya Allah Robbul Izzati

Taya deui panglumpatan
Taya deui pamuntangan
Mung Allah Pangeran Abdi
Pangeran anu sajati

 

Sebelum silaturahmi guru dilaksanakan  kegiatan Mushafahah dengan siswa siswi SMPN 9 Cimahi di bawah ini beberapa liputan kegiatan …  :)

Hal 0

Hal 1

 

Hal 2

Hal 4

Hal 3Hal 5

 

Hal 6

Hal 7

Hal 8

Hal 9

 

Hal 10

Hal 11

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: