Keterampilan Dasar Mengajar

 Assalamualaikum … Wr Wb

Sanes maksad … “Hayam mapatahan ngojay ka meri” … etang-etang diajar nyerat bari diemut-emut deui … bilih hilap … 🙂

Keterampilan Bertanya

Guru MengajarPada hakikatnya melalui bertanya kita akan mengetahui dan mendapatkan informasi tentang apa saja yang ingin kita ketahui. Dikaitkan dengan proses pembelajaran maka kegiatan bertanya jawab antara guru dan siswa, antara siswa ini menunjukan adanya interaksi dikelas yang di dinamis dan multi arah.

Kegiatan bertanya akan lebih efektif bila pertanyaan yang diajukan cukup berbobot, mudah dimengerti atau relevan dengan topik yang dibicarakan. Tujuan guru mengajukan pertanyaan :

(1) mengembangkan sebuah pendekatan pembelajaran

(2) menimbulkan rasa keingintahuan

(3) merangsang fungsi berpikir

(4) mengembangkan keterampilan berpikir

(5) memfokuskan perhatian siswa

(6) menstruktur tugas yang akan diberikan

(7) mendiagnosis kesulitan belajar siswa

(8) mengkomunikasikan harapan yang diinginkan oleh guru dari siswanya

(9) merangsang terjadinya diskusi dan memperlihatkan perhatian terhadap gagasan dan terapan siswa sebagai subjek didik.

Keterampilan bertanya ini mutlak harus dikuasai oleh guru baik itu guru pemula maupun yang sudah profesional karena dengan mengajukan pertanyaan baik guru maupun siswa akan mendapatkan umpan balik dari materi serta juga dapat menggugah perhatian siswa atau peserta didik.

Teraskeuneun … Insya Allah … 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: