Perpustakaan

Assalamualaikum … Wr Wb

Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang didirikan untuk mendukung visi dan misi sebuah sekolah,Perpustakaan merupakan salah satu sarana pendidikan yang bertugas mengumpulkan secara selektif teaching material yang akan dipakai dalam proses belajar dan mengajar dalam. Dengan demikian keberadaan perpustakaan sangat diperlukan, salah satu faktor yang menentukan agar bahan-bahan yang berisi ilmu pengetahuan tersebut dapat tersampaikan adalah persoalan pelayanan perpustakaan. Pelayanan yang baik dan menyenangkan tentu akan memberikan pengaruh kepada para pemakai, sehingga pemakai merasa terpanggil untuk terus memanfaatkan perpustakaan. Penyelenggaraan pelayanan diperpustakaan dapat terlaksana dengan baik apabila faktor-faktor penunjang pelayanannya tersedia.

Agar keberadaan perpustakaan di sekolah, khususnya SMPN 9 Cimahi diharapkan sesuai dengan fungsi dan peranannya, maka diperlukan pengelolaan dan penanganan yang serius dari berbagai pihak yang terlibat, karena perpustakaan bukan suatu unit yang berdiri sendiri dan dapat menyelesaikan permasalahan secara mandiri, melainkan harus merupakan suatu kesatuan yang utuh antara pemakai dan pengelola.

Keberadaan Perpustakaan pada lembaga sangat ditentukan oleh upaya-upaya yang dilaksanakan oleh lembaga dan staf pengajar dalam melaksankan tugas dan fungsinya untuk dapat membantu program-program sekolah selain faktor yang turut serta di dalam perpustakaan itu sendiri.

Berdasarkan data dan kerangka teori yang dipelajari di peroleh gambaran bahwa keberadaan Perpustakaan di telah dirasakan dampak dan manfaatnya walaupun masih perlu peningkatan dari segi sarana dan prasarana dan pelayanan yang diharapkan untuk optimalnya dalam membantu penyelengaraan pendidikan di SMPN 9 Cimahi.

Koleksi

Koleksi perpustakaan sekolah difokuskan pada koleksi kebutuhan sekolah di dalam subyek yang menjadi tujuan perpustakaan tersebut atau untuk mendukung kegiatan kegiatan pembelajaran. Koleksi suatu perpustakaan sekolah adalah tidak terletak dalam banyaknya jumlah bahan pustaka atau jenis terbitan lainnya melainkan ditekankan kepada kualitas koleksinya, agar dapat mendukung proses belajar mengajar…

Pembinaan koleksi perpustakaan sekolah menekankan pada beberapa jenis bahan pustaka seperti referensi, buku teks, majalah, jurnal ilmiah, hasil penelitian dan sejenisnya dalam bidang pendidikan, baik dalam bentuk tercetak maupun media rekam lainnya.

Sumber Daya Manusia

Penanganan perpustakaan sekolah memerlukan seorang “ahli” dalam bidang/subyek yang ditangani. Hal ini akan mempermudah perpustakaan dalam memberikan apa yang menjadi tuntutan dan kebutuhan pemakainya. Untuk itu biasanya dalam perpustakaan sekolah sekolah ini dibutuhkan seorang pustakawan yang mengerti dan paham akan bidang kerja/bidang yang ditangani oleh lembaga (sekolah). Sehingga kebutuhan akan “pustakawan khusus” adalah penting.

Pengolahan

Proses pengolahan dalam perpustakaan sekolah pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan perpustakaan pada umumnya. Hanya biasanya dalam proses pengolahan dituntut untuk lebih memberhatikan kecepatan dalam temu kembali informasi dan penyajian. Sehingga terkadang dalam klasifikasi contohnya disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter perpustakaan tersebut.

Pemustaka (user)

Perpustakaan khusus dalam pemilihan dan setting pengelolaan sangat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik penggunanya. Hubungan antara pengguna dan pengelola perpustakaan sangat erat terutama apabila dihubungkan dengan pemenuhan kebutuhan dan pengembangan perpustakaan itu sendiri. Tidak sedikit pengguna akan ikut andil dalam menentukan pola pengelolaan dan juga penentuan koleksi/informasi yang perlu disediakan oleh perpustakaan. Pengguna mempunyai arti penting karena pengguna merupakan faktor penting mengapa perpustakaan sekolah itu ada.

Layanan

Layanan perpustakaan sekolah harus dapat memberikan nilai lebih kepada pengguna dan sekolah. Untuk itu pengelola perpustakaan perlu selalu memberikan alternatif-alternatif dalam penyampaian informasi kepada penggunanya. Aspek layanan menjadi penting untuk diperhatikan dikarenakan tuntutan kebutuhan penyajian informasi yang cepat, tepat dan terbaru selalu ada.

Jenis layanan perpustakaan sekolah dapat bersifat terbuka maupun tertutup, tergantung pada kebijakan sekolah, pengelola dan tipe penggunanya. Namun kebanyakan perpustakaan sekolah menerapkan sistem terbuka dengan akses terbatas. Hal ini untuk lebih memberikan peluang kepada penggunaan yang lebih luas namun tetap terkontrol. Terbuka artinya siapapun dapat memanfaatkan koleksi yang ada, sedangkan akses terbatas adalah pengaturan terhadap proses pemanfaatan koleksi seperti fasilitas pinjam, fasilitas baca, fotokopi, dan sebagainya.

Faktor-faktor Pendukung

Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan satu hal yang tidak bisa dihindarkan akan masuk ke dalam proses perkembangan perpustakaan. Apalagi dalam perpustakaan khusus yang mengutamakan informasi yang muktahir dan serba cepat, maka penerapan teknologi informasi adalah kebutuhan mutlak. Hal ini terutama difokuskan pada teknologi yang memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memperoleh informasi lebih luas, cepat, tepat, dan up to date, misalkan melalui fasilitas Internet, Database Online, Media Compact Disk, dan sebagainya.

Jaringan Kerjasama

Jaringan kerjasama perpustakaan adalah penting. Kerjasama ini akan banyak membantu untuk peningkatan layanan perpustakaan dan saling melengkapi layanan informasi antara satu perpustakaan dan perpustakaan lainnya dalam jaringan tersebut.

Pemasaran / Promosi

Pemasaran atau promosi adalah hal penting yang perlu dilakukan dalam sebuah perpustakaan sekolah. Promosi bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi antara perpustakaan dan calon pengguna. Karena salah satu keberhasilan sebuah perpustakaan adalah dapat dilihat dari tingkat kunjungan pengguna dan pemanfaatan informasi (koleksi) oleh pengguna. Hal yang penting yang harus dipikirkan adalah dukungan dari manajemen, karena promosi mestinya termasuk dalam anggaran perpustakaan dan terintegrasi ke dalam proses perencanaan perpustakaan.

PENUTUP

Pada intinya perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang mempunyai kekhususan dalam hal informasi yang dikemas, koleksi yang dimiliki, pengguna, dan juga cara pengelolaannya. Perpustakaan sekolah menjadi penting karena biasanya merupakan bagian dari tercapainya sebuah tujuan, misi maupun visi sebuah sekolah. Eksistensi dan mutu dari perpustakaan sekolah ini sangat dipengaruhi oleh informasi, koleksi dan cara pengelolaan sehingga menarik dan mampu mencukupi kebutuhan penggunanya. Hal ini dikarenakan biasanya apa yang ada diperpustakaan sekolah “tidak bisa diketemukan” di perpustakaan lain.

Catatan : Dari Berbagai Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: