Kegiatan Akreditasi di SMPN 9 Cimahi

Assalamualaikum Wr Wb

Kegiatan Akreditasi di SMPN 9 Cimahi

AK 00

AK 001

AK 000

Rabu tgl 5 September 2018 Suasana di SMPN 9 Cimahi terasa sedikit berbeda ada kesibukan yang lain dari biasanya begitu juga semangat siswa dan guru lebih meningkat ada apakah gerangan?

AK 01

Ternyata ada kegiatan Akreditasi di SMPN 9 Cimahi. Pagi-pagi sekali terlihat ada kesibukan anak-anak berkumpul di lapangan untuk menyambut Asesor Akreditasi BAN S/M Propinsi Jawa Barat.

Team kesenian upacara adat telah siap untuk menyambut tamu begitu juga ekstra kurikuler lainnya berjejer menyambut mulai dari Passus Barisan, Paskibra, Pencak Silat, Irmus, Tae Kwon Do, dsb.

Tak ketinggalan guru-gurupun berjejer untuk menyambut Asesor Akreditasi BAN S/M Propinsi Jawa Barat, yaitu Ibu Dra Yuli Ridawati,M.Si dan Bapak Tarja,M.Pd.i. yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Sekolah SMPN 9 Cimahi yaitu Bapak Ade Targana,S.Pd.

AK 06

Melihat suasana ini setidaknya terlintas pertanyaan mengapa mereka begitu gembira? Memang apa sebenarnya Akreditasi Itu?

Setiap sekolah/madrasah di indonesia harus mengikuti proses akreditasi, jika ditanya kenapa harus ikut akreditasi ? atau apa manfaat dari akreditasi sekolah ? maka secara spontanitas kita sebagai pelaku dalam dunia pendidikan akan menjawab agar mendapat penilaian, atau agar sekolah memperolah predikat, atau agar sekolah diakui pemerintah. Sebuah jawaban yang simple namun memang seperti itu kenyataanya. Dengan diakreditasi maka minimal sekolah / madrasah yang diakreditasi akan mendapat : nilai, predikat dan pengakuan dari pemerintah.

 

Tujuan Akreditasi Sekolah/Madrasah

Memberikan informasi tentang kelayakan S/M atau program yang dilaksanakanya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP)

Memberikan pengakuan peringkat kelayakan

Memetakan mutu pendidikan berdasarkan SNP

Memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan (Stakeolder) sebagai bentuk akuntabilitas publik.

 

Manfaat Akreditasi Sekolah/Madrasah

Hasil dari akreditasi Sekolah / Madrasah (S/M) akan bermanfaat sebagai :

Acuan dalam upaya peningkatan mutu dan rencana pengembangan Sekolah/Madrasah.

Akreditasi bermanfaat sebagai umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah/madrasah.

motivator agar Sekolah/Madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten / kota, provinsi, nasional, bahkan internasional.

Hasil akreditasi berguna sebagai bahan BAN S/M untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta dalam profesionalisme, moral, tenaga, dan dana.

Acuan bagi lembaga terkait dalam mempertimbangkan kewenangan sekolah.madrasah sebagai penyelenggara ujian nasional.

 

Hasil dari akreditasi Sekolah / Madrasah bermanfaat bagi :

 

Pemerintah dan pemerintah daerah; pemetaan mutu pendidikan, pencapaian SNP, dan dasar pertimbangan dalam menyusun kebijakan peningkatan mutu pendidikan nasional.

Hasil akreditasi bermanfaat bagi penyeleggara pendidikan; bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan peningkatan mutu pendidikan nasional.

Masyarakat/orang tua peserta didik; informasi tentang mutu satuan pendidikan dan pertimbangan dalam memilih layanan pendidikan.

Sekolah / Madrasah; informasi tentang pencapaian mutu Sekolah/Madrasah sebagai dasar peningkatan mutu.

Hasil akreditasi bermanfaat bagi Peserta Didik; pertimbangan dalam melanjutkan studi, mutasi sekolah/madrasah, dan karir dalam dunia kerja.

 

Fungsi Akreditasi Sekolah / Madrasah

Pengetahuan : Informasi bagi semua pihak tentang kelayakan Sekolah/madrasah dlihat dari beberapa unsur terkait yang mengacu pada standar minimal beserta indikator-indikatornya.

Akuntabilitas : Salah satu bentuk pertanggungjawaban Sekolah/Madrasah sebagai lembaga pelayanan publik.
Pembina dan Pengembangan : Dasar bagi pemerintah, penyelenggara pendidikan, S/M, dan masyarakat dalam upaya pembinaan, peningkatan dan pengembangan mutu S/M.

 

Laporan Foto-foto Kegiatan Akreditasi BAN S/M Propinsi Jawa Barat.

Di SMPN 9 Cimahi.

 

Kegiatan Menyambut Akreditasi BAN S/M Propinsi Jawa Barat

AK 07

Kegiatan Persiapan Akreditasi

AK 03

AK 02

AK 04

AK 05.jpg

Kegiatan Temu Awal Asesor dan Personal SMPN 9 Cimahi

AK 08

Kegiatan Visitas Akreditas Standar Isi SMPN 9 Cimahi

AK 10

AK 15

Kegiatan Visitas Akreditas Standar Sarana Prasarana SMPN 9 Cimahi

AK 09

Kegiatan Visitas Akreditas Standar Proses dan Kelulusan SMPN 9 Cimahi

AK 12

Kegiatan Visitas Akreditas Standar Pengelolaan dan Standar Tenaga Pendidik  SMPN 9 Cimahi

AK 11

Kegiatan Visitas Akreditas Standar Penilaian SMPN 9 Cimahi

AK 14

Kegiatan Visitas Akreditas Standar Pembiayaan SMPN 9 Cimahi

AK 22

Alhamdulillah akhirnya Kegiatan Akreditasi BAN S/M Propinsi Jawa Barat. Di SMPN 9 Cimahi telah selesai banyak pengalaman dan ilmu yang kami dapatkan dari kegiatan ini.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada para asesor yaitu :

Ibu Dra Yuli Ridawati,M.Si dan Bapak Tarja,M.Pdi. Atas kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu yang berharga ini. Juga tak lupa mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kekurangan dan ketidaknyamanan ketika proses kegiatan ini berlangsung. Seperti pribahasa “ ada gading yang tak retak”. In Shaa Alloh semua ini akan menjadi bekal untuk langkah kami di masa depan.

Pada kesempatan ini kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala sekolah, para wakasek, koordinator 8 standar pendidikan, guru-guru dan seluruh jajaran personil di SMPN 9 Cimahi sebab tanpa kerjasama bahu membahu hal ini tak akan terlaksana.

 

Demikian Kegiatan Akreditasi BAN S/M Propinsi Jawa Barat. Di SMPN 9 Cimahi berjalan dengan lancar, harapan kami dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi kami untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja kami sebagai insan pendidik. Aamiin aamiin ya robbalalamiin.

 

“Menguasai ilmu dan menerapkan dengan baik adalah langkah menuju kesempurnaan. Menerapkan ilmu pengetahuan atau informasi yang sebelumnya dipelajari dalam situasi baru pada pengalaman nyata merupakan tantangan belajar yang sesungguhnya.”

Team Kesenian Upacara adat SMPN 9 Cimahi

AK 17

Gladi Resik Upacara adat SMPN 9 Cimahi

AK 18

BP/BK SMPN 9 Cimahi

AK 21

AK 18

AK 19

AK 16

AK 20

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: