Do’a

Assalamualaikum … Wr Wb

Ya Allah, bimbinglah kami untuk memilih bukan yang mudah tetapi apa yang benar, bukan yang menyenangkan namun apa yang Engkau ridhoi, agar rizki yang kami peroleh membawa keberkahan dan ketenteraman sehingga terjauhkan dari sakit dan malapetaka bagi kami dan keluarga kami. Amin ya robbal alamin…

Allah SWt berfirman, “Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan ‘inna lillahi wa innaa ilaihi raaji’un’. Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-rang yang mendapat petunjuk” (QS. Al-Baqarah : 155-157)

Sahabatku,

Sabar bukanlah sikap nerimo terhadap pemberian dan tidak ingin berubah kearah yang lebih baik. Sabar itu tidak pasif, namum dinamis, harus terus bergerak. Sabar bukan dalam ucapan “saya sabar dalam menerima ujian ini” namun sikap keseharian menunjukan ketidak ridhoan dalam penerimaan. Keluh kesah masih keluar dari dalam dirinya. Bukan itu hakikat sabar.

Namun, sabar itu letaknya pada “pukulan pertama”. Artinya, pada saat musibah itu menghampiri dirinya, pada waktu itu juga. Ketika manusia ditimpa sebuah musibah, dan ia bisa memposisikan dirinya secara proposional dalam menghadapi musibah itu, sambil mengintropeksi diri dan kemudian menghadapi musibah itu dengan ucapan : “Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, Allahuma ajri fi musibatii, wakhlufli khairan minha”, artinya, “Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan kamipun kepadaNya akan kembali. Ya Allah karuniakanlah kami pahala atas ketabahan kami menerima ujian ini dan gantikanlah kami dengan yang lebih baik dibanding apa yang telah sirna karena musibah tersebut”

Maka ketika perbuatan ini dapat dia amalkan sebagai amalan keseharian ketika ada musibah menimpa manusia, maka buah dari kesabaran akan sangat terasa mengiringi langkah manusia.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: