Membangun Citra Sekolah

Assalamualaikum … Wr Wb

Citra Sekolah … Hmm

Citra sekolah adalah kesan yang kuat yang melekat pada seseorang, sekelompok orang atau tentang suatu insitusi, Citra sekolah dalam hal ini dapat dibedakan menjadi citra sekolah unggulan dan non unggulan dimana definisi sekolah yang memiliki citra sebagai sekolah yang unggul memunculkan konsep pengertian sekolah unggulan.

Persepsi siswa tentang citra sekolah merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan, dan memberikan arah kegiatan belajar sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai. Semakin baik persepsi siswa tentang citra sekolahnya, maka motivasi belajar siswa juga akan meningkat…

Membangun citra sebuah sekolah memang bukan persoalan mudah. Bagi saya, yang paling penting, kepala sekolah mestilah menjadikan semua komponen yang ada di sebuah sekolah merasa nyaman. Siswa merasa nyaman saat menghadapi kegiatan pembelajaran, guru juga merasa nyaman saat menghadapi tugas-tugasnya, pegawai tata usaha juga demikian. Semua itu bisa tercipta bila sekolah memang mempunyai pemimpin (kepala sekolah) yang mampu mengayomi dan menciptakan suasana sekolah yang kondusif.

Suasana kondusif amat penting dalam membangun sebuah citra sekolah. Sekolah yang berhasil bukanlah yang memiliki label tertentu semacam SSN, RSBI, SBI, dsb saja …….. . Sebuah sekolah yang selalu meluluskan siswanya dan dianggap sebagai sekolah favorit bagi saya belum tentu sekolah itu berhasil dalam pembelajaran. Sekolah yang berhasil menurut saya adalah apabila komponen inputnya bisa dijadikan berkualitas sehingga outputnya bisa dilihat adanya peningkatan mutu. Seorang siswa yang dicap nakal, ditolak oleh sekolah berlabel ‘favorit’, namun saat lulus mampu menunjukkan jati diri dengan prestasi di sekolah yang biasa-biasa saja, bagi saya itulah citra dari sekolah yang berhasil … yang mampu menunjukkan kinerjanya.

Selain itu membangun/meningkatkan citra atau nilai sekolah dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kinerja profesionalitas kepala sekolah, guru serta staf yang terkait di sekolah, memiliki jaringan organisasi yang baik untuk guru dan orang tua murid, kurikulum yang jelas, sering mengikuti kegiatan lomba kompetensi siswa serta memiliki sertifikat standar mutu sekolah, sehingga persepsi siswa tentang citra sekolah akan lebih baik dan motivasi belajar siswa juga akan meningkat.

Membangun citra sekolah memang harus ada niat kesungguhan dan keikhlasan. Membangun citra sekolah bukanlah dengan menjadikan komponen yang ada di sekolah menjadi ‘takut’, tapi membangun citra sekolah adalah mewujudkan sebuah kebersamaan dengan membangun kekuatan motivasi dan keinginan untuk maju. Di dalamnya termuat adanya unsur keterbukaan, kejujuran, kepercayaan, keikhlasan, dan keinginan untuk berubah ke arah yang lebih baik.

“Sebuah pendapat … Kalaupun beda,anggap saja sebuah warna … sebab beberapa warna yg tepat tersusun dengan harmoni, membentuk sebuah pelangi nan indah … semoga … :)”

Bagaimana dengan pendapat anda pembaca?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: