Mendidik Siswa Pintar dan Berkarakter

Assalamualaikum … Wr Wb

Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat…

Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil.  Dalam pendidikan karakter di sekolah, semua komponen (stakeholders) harus dilibatkan, termasuk komponen-komponen pendidikan itu sendiri, yaitu isi kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, kualitas hubungan, penanganan atau pengelolaan mata pelajaran, pengelolaan sekolah, pelaksanaan aktivitas atau kegiatan ko-kurikuler, pemberdayaan sarana prasarana, pembiayaan, dan ethos kerja seluruh warga dan lingkungan sekolah…

Makna pendidikan atau mendidik tidak hanya sebatas mentransfer ilmu saja, namun implementasi dari pengertian mendidik adalah dapat mengubah atau membentuk karakter dan watak seseorang agar menjadi lebih baik, lebih sopan dalam etika maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui pembangunan karakter (watak terpuji) anak/peserta didik diharapkan muncul sinergi pada yang mampu membangun kekuatan lebih besar karena terpadunya antara knowledge, skill dan attitude pada diri sang anak/peserta didik dalam proses belajar mengajar

Peranan guru cukup besar dalam membangun karakter anak/peserta didik, untuk mengingatkan peserta didik tentang semua hal sangatlah penting, maka dalam proses belajar mengajar bukan semata-mata hanya meningkatkan kepandaian atau transfer ilmu pengetahuan, tetapi guru harus menyadari bahwa dirinya bukan sekadar mengajar tetapi juga mendidik sehingga ketika mengajar mata pelajaran apapun Guru akan mengkaitkannya dengan pendidikan yang berkarakter.

Seorang guru seharusnya sudah menguasai pendidikan karakter sehingga mereka menyadari bahwa tugasnya selain mengajar adalah mendidik anak/peserta didik supaya berakhlak mulia, sehingga dipahami bahwa kejujuran, kedisiplinan, ketekunan, toleransi merupakan proses menuju akhlak mulia dan hal itu bisa diterapkan secara menyeluruh dalam setiap mata pelajaran, bukan merupakan pendidikan yang terpisah.

Dengan kata lain Pendidikan karakter diterapkan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), pendidikan karakter dilakukan tidak dalam bentuk mata pelajaran. ”Sebaliknya, menjiwai di setiap mata pelajaran serta didorong menjadi budaya sekolah, kriteria pencapaian pendidikan  karakter adalah terbentuknya budaya sekolah, yaitu perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh semua warga sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah harus berlandaskan nilai-nilai tersebut.

Pendekatan pendidikan karakter tidak mengecualikan siapa pun. Itu sebabnya pendidikan karakter didasarkan pada enam nilai-nilai etis bahwa setiap orang dapat menyetujui – nilai-nilai yang tidak mengandung politis, religius, atau bias budaya. Gunakan poin di bawah ini untuk membantu siswa memahami Enam Pilar Pendidikan Berkarakter.

Pilar-Pilar Pendidikan Berkarakter :

1. Trustworthiness | Kepercayaan

Jujur • Jangan menipu, menjiplak atau mencuri • Jadilah handal – melakukan apa yang Anda katakan Anda akan melakukannya • Minta keberanian untuk melakukan hal yang benar • Bangun reputasi yang baik • Patuh – berdiri dengan keluarga, teman dan negara

2. Respect | Respect

Bersikap toleran terhadap perbedaan • Gunakan sopan santun, bukan bahasa yang buruk • Pertimbangkan perasaan orang lain • Jangan mengancam, memukul atau menyakiti orang lain • Damailah dengan kemarahan, hinaan dan perselisihan

3. Responsibility | Tanggungjawab

Selalu lakukan yang terbaik • Gunakan kontrol diri • JDisiplin • Berpikirlah sebelum bertindak – mempertimbangkan konsekuensi • Bertanggung jawab atas pilihan Anda

4. Fairness | Keadilan

Bermain sesuai aturan • Ambil seperlunya dan berbagi • Berpikiran terbuka; mendengarkan orang lain • Jangan mengambil keuntungan dari orang lain • Jangan menyalahkan orang lain sembarangan

5. Caring | Peduli

Bersikaplah penuh kasih sayang dan menunjukkan Anda peduli • Ungkapkan rasa syukur • Maafkan orang lain • Membantu orang yang membutuhkan

6. Citizenship | Kewarganegaraan

Apakah Anda berbagi untuk membuat sekolah dan masyarakat menjadi lebih baik • Bekerja sama • Libatkan diri dalam urusan masyarakat • Stay informed; suara • Jadilah tetangga yang baik • Taatilah hukum dan aturan • Hormati otoritas • Melindungi lingkungan hidup

Sumber : Arie Puspitasari & Solusisekolah.net

Kepada teman-teman Guru Matematika SMP, biasa diawal tahun pelajaran baru kita disibukkan oleh Pembuatan Rencana Pembelajaran. Yang ingin RPP Matematika Tahun Pelajaran 2010/2011 Semester format baru (Silabus berkarakter) dan RPP tiap Pertemuan juga soal-soal yang berkaitan dengan matematika … Silahkan KLIK di sini! … 🙂

2 Tanggapan

  1. Asw.Wr.Wb
    Alhamdullilah RPP nya sangat bermanfaat bagiku.Terimakasih

  2. assalamualaikum….
    baru baca lagi nie catatan” nya.. makasih bu.. manfaat sebagai calon guru..heu… PD mode on..^_^

    wassalam…

Tinggalkan komentar