Program Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

Assalamualaikum … Wr Wb

Program penguatan kemampuan kepala sekolah dan pengawas sekolah merupakan agenda dari program 100 hari Mendiknas, Kegiatan tersebut telah mengacu kepada standar kepala sekolah/madrasah sebagaimana diatur dalam Permendiknas No. 13 tahun 2007. Dengan adanya program ini diharapkan adanya peningkatan  kemampuan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi untuk mengelola sekolah .

Berbagai Materi yang ada dalam program ini  diharapkan dapat dijadikan referensi bagi individu kepala sekolah dan lembaga yang terkait dalam penguatan kemampuan kepala sekolah di Propinsi Jawa Barat khususnya para kepala sekolah di Kota Cimahi.

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) adalah materi penting yang harus diimplementasikan pada On Job Training, disamping itu materi lain yang  dianggap  dominan adalah implementasi Evaluasi Diri Sekolah (EDS), karena dengan terlaksanannya kedua  materi di atas   diharapkan nantinya sekolah  bisa berkembang, mandiri, dan maju sesuai harapan masyarakat.

Semoga semua usaha untuk penguatan kemampuan kepala sekolah sesuai dengan standar kepala sekolah sebagaimana diamanahkan dalam Permendiknas No. 13 tahun 2007 dapat diwujudkan, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya dan menghasilkan lulusan yang cerdas, kreatif, inovatif dan berpikir kritis.

Program Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah didasari banyaknya hasil kajian baik dari luar maupun dalam negeri yang mendukung bahwa kualitas sekolah sangat erat kaitannya dengan kualitas kepemimpinan kepala sekolah. Hampir tidak ada sekolah bermutu tanpa kepala sekolah yang bermutu, dan didukung oleh pengawas yang bermutu. Dengan demikian, apabila ingin meningkatkan mutu sekolah, dimulai dengan pembenahan kepala sekolah dan pengawas sekolah dilanjutkan pembenahan guru.

Cmh 15/8/11,Coretan ketika mengikuti OJL Kep Sek di SMKN1 Cimahi

Perenungan …

  • Pemahaman yang diberikan terhadap suatu hal menjadi variatif apabila Hal itu ditinjau dari sudut pandang yang berbeda …
  • Pemahaman menjadi lebih kaya lagi apabila ditinjau oleh orang dengan latar belakang yang berbeda pula.
  • Sesuatu dapat menjadi bermakna bagi seseorang tetapi belum tentu bermakna bagi orang lain.
  • Di sinilah dibutuhkan sebuah kajian mendalam tentang sesuatu untuk mengungkap berbagai makna yang terkandung di dalamnya … Hm …
  • Banyak hal yang harus ditelaah … sehingga terwujud makna yang mendalam dari sesuatu … 🙂

Tinggalkan komentar