Workshop di Awal Thn Pelajaran 2010/2011

Assalamualaikum … Wr Wb

Workshop di SMPN 9 Cimahi yang berlangsung tanggal 21 JULI 2010 , mengacu kepada UU No.20 Tahun 2003 ayat 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,serta Rencana dan Program Kerja SMPN 9 Cimahi tahun pelajaran 2010/2011.

Tujuan diadakan workshop ini adalah untuk menyamakan persepsi di dalam melaksanakan program SMPN 9 Cimahi, meningkatkan kemampuan di dalam mengelola Program, tentang implementasi keterlaksanaan program peningkatan mutu menuju Sekolah Bertaraf Internasional, menyusun rencana pengembangan sekolah tahun 2010/2011 . Kegiatan yang diselenggarakan dikoordinasikan oleh PKS SMPN 9 Cimahi. Sedangkan peserta yang ikut workshop, terdiri dari Staf pendidik dan tenaga kependidikan sebanyak 72 orang dan koordinator program 16 orang. Jumlah yang hadir saat acara berlangsung berubah menjadi, 70 orang, dan koordinator program 15 orang.

Peserta

Peserta workshop adalah staf pendidik dan tenaga kependidikan yang berada di SMPN 9 Cimahi…

Persyaratan peserta membawa silabus,RPP,kalender pendidikan,buku paket … dsb. Sedangkan untuk koordinator program diharafkan membawa laptop.

Program-program yang diberikan pada kegiatan ini dibagi menjadi beberapa bahasan materi.

Bahasan materi pertama adalah Penyelenggaraan Program  yang disampaikan oleh Drs. Agustia Daniswara,M.M, dan Drs Warsono.

Materi kedua berjudul Penjaminan Mutu Pendidikan dan peningkatan kinerja guru, disampaikan oleh Drs. Cepi,M.M, dan Dra Euis,M.M. (Pengawas SMP di kota Cimahi)

Materi ketiga Pengembangan dan Perencanaan Program SMPN 9 Cimahi yang disampaikan oleh Dra. Sri Rahayu,M.M,dan Tatang Supriatna,S.Pd.

Penyampaian program PKS disampaikan oleh : Dra. Sri Rahayu,M.M, Tatang Supriatna,S.Pd. Ade Sumilah,S.Pd,M.Pd. Dra Effi Hastiati, Patricia Suharti,S.Pd,M.M, Juli Supriadi,S.Pd,M.M. Lilis Kurniasih,S.Pd,  Achmad Sungkawa,S.Pd,  Asep Heri Bagus,S.Pd.

Strategi Penyelenggaraan Tata Usaha disampaikan oleh Sobarudin dan Drs Agus Sudrajat.

Penjelasan Teknis Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah disampaikan oleh Juli Supriadi,S.Pd,M.M.

Presentasi teknis analisis evaluasi dan penghitungan penetapan hari efektif yang disampaikan oleh Drs Nurudin,M.M dan Ade Sumilah,S.Pd,M.Pd.

Dimensi Proses dan Hasil

Terminologi pendidikan mempunyai dua dimensi yaitu, proses dan hasil, dalam hal ini output dan input. Ia menjelaskan, pendidikan bermutu itu mengandung meritokrasi, dan pelayanan pendidikan bermutu harus memenuhi equality dan equity secara simultan.
Peningkatan mutu dan relevansi diarahkan untuk meningkatkan kompetensi lulusan secara akademis maupun ketrampilan. Sedangkan prinsip kebijakan gunanya untuk meningkatkan daya saing bangsa, berorientasi pada pasar kerja, dan meningkatkan daya nalar, juga tata kelola dan good goverace untuk meningkatkan akuntabilitas serta efektifitas dalam pelaksanaan program pendidikan di SMPN 9 Cimahi. Prinsip kebijakannya adalah partisipatif, transparan.Peningkatan mutu di SMPN 9 Cimahi terus diupayakan.

Meningkatkan Mutu dan Kualitas

Dari kegiatan workshop ini, masukan positif sangat diharapkan .Dalam standar nasional ini ada delapan standar yang harus dipenuhi. Contohnya, standar isi, potensi kelulusan, proses, sarana, pengelolaan, pembiayaan.
Standar isi untuk mencapai RSBI. Standar proses seperti silabus kemudian penyempurnaan SK/KD, indikator, penetapan KKM yang berdasarkan pelatihan. Bahan ajar.

Sedangkan bagi koordinator program, menyiapkan program setahun kedepan yang dapat menunjang proses belajar-mengajar. Dengan adanya workshop ini diharapkan minimal sekolah sudah bisa mendekati pencapaian kemajuan dalam proses belajar mengajar kearah yang lebih maju. Dari segi manajemen, Proses Belajar Mengajar (PBM), perangkat-perangkatnya mulai dari awal sudah dipersiapkan.

Selaku Wakasek (Drs Warsono) mengungkapkan bahwa baik pendidik maupun tenaga pendidik untuk mempersiapkan diri lebih baik, persiapan yang berbeda dan lebih baik dari tahun-tahun kemarin.

Penutup

Kegiatan terakhir workshop berupa presentasi disampaikan para PKS. Pada presentasi ini terjadi tanya-jawab, saran dan masukan dari masing-masing peserta.

Sebelum pukul lima sore akhirnya workshop ditutup oleh Drs Warsono . Sebelum menutup kegiatan, ia menekankan bahwa program sekolah fokusnya pada peningkatan mutu, arahnya ke mutu, dan diukur lewat lulusannya, di mana siswa yang lulus mencapai seratus persen.

Berakhirnya workshop di SMPN 9 Cimahi ini, bukan berarti program-program yang telah dijalankan akan berjalan di tempat. Mengeksplore SDM-SDM yang ada pada generasi muda Indonesia untuk memajukan bangsa dan negara terus berlanjut. Di tangan merekalah masa depan bangsa berada … Insya Allah

Satu Tanggapan

  1. aammiiiiiiiinnn…………………………………………………….sae pisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: