Perlengkapan Pembelajaran

Assalamualaikum … Wr Wb

Perlengkapan Pembelajaran

  1. Program Tahunan dan Program Semester
  2. Kajian SK dan KD
  3. Pemetaan SK, KD dan Indikator terhadap Aspek Penilaian dan Model Pembelajaran
  4. SI. SKL [ dikembangkan dalam Silabus ]
  5. Analisis Kriteria Ketuntasan Minimal
  6. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
  7. Agenda Harian
  8. Daftar Nilai dan Analisis Butir Soal
  9. Analisis Hasil Belajar
  10. Program Remidial / Pengayaan
  11. Laporan Hasil Remedial / Pengayaan
  12. Porto Folio Siswa

KAJIAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran          :  Matematika

Kelas / Semester        : _____________

SK

KD

THP PK

INDIKATOR

THP PK

MATERI POKOK

RUANG LINGKUP

ALOK WKT

1

2

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Bandung,      Juni 20….

Guru Mata Pelajaran

_________________

NIP.

PEMETAAN SK, KD DAN INDIKATOR TERHADAP PENILAIAN DAN MODEL PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                :  SMP ____________________________

Mata Pelajaran                      : Matematika

Kelas/Semester                      : _________________

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

Thp Pk

Penilaian

Model Pembelajaran

1

2

3

Keterangan : 

  1. Tes [tulis, lisan, praktek]
  2. Observasi / Pengamatan selama PBM berjalan
  3. Penugasan [kinerja, proyek , PR]

PENGEMBANGAN SILABUS

Satuan Pendidikan                :  SMP ____________________________

Mata Pelajaran                      : Matematika

Kelas                                       : _________________

Standar Kompetensi

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Thp Pk

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

PBK Bangsa

Teknik

Bentuk

 Instr

Contoh

Instrumen

Bandung, ………………. 20…

Guru Mata Pelajaran

__________________________

NIP

ANALISIS KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

Satuan Pendidikan                :  SMP ____________________________

Mata Pelajaran                      : Matematika

Kelas                                       : _________________

Standar Kompetensi :

Kompetensi Dasar

Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal

Komp

Sar kung

Int. Sis.

1

2

3

4

Keterangan :

1.KKM untuk indicator                       3.  KKM untuk SK

2.KKM untuk KD                                    4.  KKM untuk satu semester

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.

 SATUAN PENDIDIKAN          : SMP ________________

MATA PELAJARAN                : __________________

KELAS/SEMESTER                 : ________________

ALOKASI WAKTU                  : … x 40 menit [ …  pertemuan]

A.          Standar Kompetensi

B.           Kompetensi Dasar

C.          Indikator

D.          Tujuan Pembelajaran.

E.           Bahan Ajar

F.           Pendekatan/Model/Metode.

G.          Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama  [2 x 40 menit]

Pengelolaan Pembelajaran

Pengkondisian

Siswa

Waktu

(menit)

1. Pendahuluan :a Apersepsi/Motivasi :b. Materi Prasyarat /Motivasi  :2. Kegiatan Inti

    1. Langkah Pemahaman Konsep
    2. Langkah Penguatan Konsep [Resitasi]
    3. Langkah Evaluasi  .
    4. Analisis

[pada langkah a,b dan c tergambar eksplorasi, elaborasi,  konfirmas, budaya dan karakter bangsa]

  1. Penutup
    1. Membimbing Siswa membuat rangkuman
    2. Refleksi [Resume]

Tindak lanjut [tugas terstruktur/tidak terstruktur]

Klasikal

Pertemuan Kedua  [ … x 40 menit]

Sda

H.          Sumber dan Alat Belajar

Sumber :

Alat      :

I.             Penilaian

Indikator

Penilaian

Teknik

Bentuk

Instrumen

   Tes Non tes    

 Penskoran [untuk tes]

No.

Kunci Jawaban

Skor

     

Total Skor

 

Rubrik [untuk non tes]

No.

Kunci Jawaban

Skor

     

Total Skor

 

Mengetahui                                                                              Bandung, ………………. 20..

Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran

___________                                                                          ___________

NIP.                                                                                             NIP. ___________

Catatan

Program perbaikan/Pengayaan

AGENDA HARIAN

SATUAN PENDIDIKAN                : SMP _____________

MATA PELAJARAN                      :  ________________

SEMESTER                                      :  ________________

Hari/

Tanggal

Jam ke :

Kelas

Bahan Ajar/ Indikator

KKM

% penc.

Tindak lanjut

Refleksi / Resume

                

          

ANALISIS  BUTIR SOAL

SATUAN PENDIDIKAN                : SMP ____________

MATA PELAJARAN                      :  ___________

POKOK MATERI                           :  ­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­______________

SEMESTER                                      :  ______________

Jumlah peserta tes                             : n  orang

Pilihan Ganda

Nomor  soal  :  _____                                Kunci jawaban :   ____

Kelas

Jumlah teste yang menjawab :

Keterangan

A

B

C

D

O

Atas

Tingkat kesukaran soal :     mudah . sedang, sukar *

Bawah

Validitas soal  :   baik, kurang baik, jelek *

Atas + Bawah

Kesimpulan : soal diterima , direvisi, ditolak *

Atas – Bawah

TK   0,30 , sukar;  0,31 TK 0,74  sedang ;  TK  0,75 mudah.

[TK]=

DP  0,20 : ditolak ;  0,21DP0,40 : direvisi ; DP 0,41 diterima

DP =

Option  < 0,05

Uraian

Nomor  soal  :  _____                                Total skor   :  TS

Kelas

Skor yang diperoleh

Keterangan

Atas

Tingkat kesukaran soal :     mudah . sedang, sukar *

Bawah

Validitas soal  :   baik, kurang baik, jelek *

Atas + Bawah

Kesimpulan : soal diterima , direvisi, ditolak *

Atas – Bawah

TK   0,30 , sukar;  0,31 TK 0,74  sedang ;  TK  0,75 mudah.

TK =

DP  0,20 : ditolak ;  0,21DP0,40 : direvisi ; DP 0,41 diterima

DP =

ANALISIS HASIL BELAJAR

SATUAN PENDIDIKAN                : SMP _____________

MATA PELAJARAN                      :   ______________

KELAS/SEMESTER                       : ______________

 

Standar Kompetensi   : ______________

Kompetensi Dasar       : _____________

Materi Pokok              : _____________

Bahan ajar                   : _______________

1.  Kriteria Ketuntasan Minimal                     : _________

2.  Persentase siswa yang mencapai KKM     : _________ %

3.  Persentase siswa menyerap ≥ 75 %            : _________ %

4.  Kesimpulan hasil belajar                            : _________

Siswa yang perlu remídial

No.

Nama

Indikator yang perlu diulang

Keterangan

Siswa yang perlu pengayaan

No.

Nama

Indikator yang perlu dikembangkan

Keterangan

PEMERINTAH DAERAH KOTA CIMAHI

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

 

 

 

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 CIMAHI

ALAMAT  : JL. Mahar Martanegara /   Leuwigajah No. 206 Telp. 6654024

 DAFTAR KEMAJUAN SISWA

 

NAMA                          : ________________

NOMOR INDUK         : ______________

KELAS                         : ______________

MATA PELAJARAN :  _______________

TAHUN PELAJARAN  : 20 …/20…

Hari/

tanggal

Bahan ajar / Indikator

KKM

Nilai

Kendala

Solusi

Ket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

            Mengetahui                                         Bandung, ………………… 20…

Orang tua/Wali siswa                                 Guru Mata Pelajaran.

_________________                                    _________________

NIP

PROGRAM PERBAIKAN / PENGAYAAN

SATUAN PENDIDIKAN                : SMP ______________

MATA PELAJARAN                      :  ____________

KELAS/SEMESTER                       : ____________

Standar Kompetensi   : ________________

Kompetensi Dasar       : _______________ KKM    :  _______

Materi Pokok              : __________________

Bahan ajar                   : __________________

Nomor

Nama

Kegiatan

Waktu

Tempat

Pembimbing

Urut

Induk

            LAPORAN HASIL  PERBAIKAN / PENGAYAAN

SATUAN PENDIDIKAN                : SMP ______________

MATA PELAJARAN                      :  _______________

KELAS/SEMESTER                       : ______________

Standar Kompetensi   : __________________

Kompetensi Dasar       : ________________KKM    :  _______

Materi Pokok              : __________________

Bahan ajar                   : __________________

Nomor

Nama

Kegiatan

Waktu

Nilai awal

Nilai perb / pengk ke :

Keterangan

Urut

Induk

1 2 3

Semoga Bermanfaat …🙂

 .

Satu Tanggapan

  1. Sangat bermanfaat,…… hatur nuhun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: