DATANG MAWA HAREPAN MIANG MAWA KAHAYANG

Assalamualaikum … Wr Wb

.

Setelah Ujian Nasional selesai, saatnya sekolah mengadakan acara perpisahan sekolah. Begitu juga dengan SMPN 9 Cimahi, Kamis, 31 Mei 2012,  sekolah kami mengadakan acara perpisahan  digelar untuk melepas siswa kelas sembilan. Walaupun siswa kelas sembilan yang telah melewati UN dan US  masih deg-degan menunggu hasilnya.

Tema perpisahan kami tahun ini “Datang Mawa Harepan Miang Mawa Kahayang”

Ketika datang ke SMPN 9 Cimahi siswa membawa harapan untuk menuntut ilmu adapun sekarang meninggalkan SMPN 9 Cimahi karena keinginan untuk mendapat ilmu yang lebih baik.

Adapun kegiatan perpisahan ini diawali dengan upacara adat yang diiringi dengan gamelan/panayaga dimana pesertanya adalah siswa siswi SMPN 9 Cimahi asuhan dari guru seni tari SMPN 9 Cimahi Ibu Sri Widayati,SPd dan Hj Sri Sundartini W,SPd.

Pelepasan siswa dan siswi SMPN 9 Cimahi ditandai dengan pelepasan burung merpati … adapun perwakilan siswa pada upacara adat tersebut  adalah Gian Bakti Gumilar (Juara 1 kls 9B) dan Made Devina Parantina (Juara 1 kls 8I sekaligus Juara Umum SMPN 9 Cimahi tahun ajaran 2011/2012)

Pada kesempatan inipun disuguhkan tarian “Tari Gaya Rineka” yang dibawakan oleh siswi kls 8 SMPN 9 Cimahi dimana tarian ini adalah Juara 1 Lomba tari tingkat SMP tahun 2012 Sekota Cimahi dan mewakili kota Cimahi ke tingkat propinsi hasil karya ibu Sri Widayati,SPd … Alhamdulillah …🙂

Adapun Susunan Acara  yang dibawakan oleh bapak Tatang Supriatna,SPd dan ibu Ummi Khotimah,SPd … acara utama dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dibawakan oleh Miftah dan saritilawah Rima Rachmalia dilanjutkan dengan sambutan dari bapak kepala sekolah SMPN 9 Cimahi bapak Drs.Agustia Daniswara,M.M, sambutan dari ketua panitia ibu Aslin Fujiwati,SPd, sambutan dari perwakilan siswa kls IX Nauval, ketua OSIS SMPN 9 Cimahi Wulan Yuni … yang kemudian dilanjutkan Do’a.

.

Untuk acara selanjutnya diadakan acara hiburan. Dalam acara tersebut, kelas tujuh dan delapan, juga berpartisipasi dengan menampilkan hiburan terbaik bagi kakak kelasnya, tak ketinggalan alumni SMPN 9 Cimahi mulai dari penampilan drama, paduan suara, Band, juga pembacaan puisi. Acara yang digelar oleh Guru, pengurus OSIS, dan pihak Komite Sekolah tersebut bertujuan untuk menyelenggarakan sebuah acara perpisahan sederhana tapi bermakna untuk siswa kelas sembilan yang akan meninggalkan sekolah untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

.

Perpisahan sekolah merupakan hal yang spesial karena semuanya berkumpul untuk merayakan satu kemenangan sekaligus berpisah. Perpisahan yang terjadi dengan tujuan agar kita bisa meraih pendidikan yang lebih baik dan lebih tinggi lagi. Semuanya demi masa depan yang lebih baik. Perasaan yang dirasakan pastinya bercampur aduk. Ada yang sedih, senang dan sebagainya. Tapi ini semuanya pasti membawa makna sendiri bagi kita semua. Moment bersalaman dengan guru, orang tua/wali dan seluruh siswa adalah saat yang sangat ditunggu. Inilah moment yang sangat membuat kita semua merasa bahwa kita saling menyayangi.

Selain itu juga, ada pemberian hadiah dari panitia, yang merupakan penghargaan bagi mereka yang berprestasi,juga pemberian cindra mata dari pihak BNI kepada SMPN 9 Cimahi sebagai tanda kerja sama yang baik yang telah di jalin selama ini. Dan juga ada pemutaraan video dokumenter yang dibuat oleh panitia (Hj Sri Sundartini W,SPd) sebagai salah satu dokumentasi yang dapat menjadi kenangan mereka kelak. Dimana masa-masa SMP adalah masa yang tidak mudah untuk dilupakan bagi mereka, selain sebagai salah satu tingkatan jenjang pendidikan, masa SMP juga adalah masa dimana mereka mulai tumbuh dan belajar menjadi dewasa.

Secara rinci siswa kls IX yang berprestasi tahun ajaran 2011/2012

1.      Kls IXA Siti Sadiah

2.      Kls IXB Gian Bakti Gumelar

3.      Kls IXC Siti Maryam Nurbaiti

4.      Kls IXD Reza Renaldy

5.      Kls IXE Triska Yunita

6.      Kls IXF Eka Kurnianingsih

7.      Kls IXG Albi Arjani

8.      Kls IXH Dessi Febriani

9.      Kls IXI Made Devina Parantina (Juara Umum)

10.  Kls IXJ Theo Triatmojo

Perpisahan itu hanya perpisahan sebuah benda dengan benda lain sehingga jaraknya terpaut lebih jauh dari kedudukannya semula. Bukan perpisahan batin …  karena tak ada istilah bekas guru … karena dengan canggihnya teknologi jalinan silaturahmi akan terus terbina … Insya Allah …

Perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya tapi merupakan proses untuk mencapai masa depan yang lebih baik….🙂

Akhir kata kami ucapkan terima kasih kepada panitia perpisahan 2011/2012 berkat kerja kerasnya kegiatan ini berjalan dengan lancar … juga kepada pak  Irwan Hermawan , pak Agus Sudradjat, pak Asep Jumhana dkk yang mendokumentasikan kegiatan ini …🙂

Berikut ini adalah Koleksi Album Foto Perpisahan sekolah SMPN 9 Cimahi untuk tahun pembelajaran 2011/2012. Album berisi 42 foto yang terdiri dari berbagai momen kegiatan dalam acara perpisahan sekolah tersebut:

Tunggu ya …🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: