Penilaian

Assalamualaikum … Wr Wb

A. Pengertian Penilaian

Penilaian adalah proses sistematis meliputi pengumpulan informasi (angka,deskripsi verbal), analisis,interpretasi informasi untuk membuat keputusan.

B. Pengertian Penilaian Kelas

Proses pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan ttg pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.

C. Ciri Penilaian Kelas

1. Belajar Tuntas

Belajar Tuntas (mastery learning): peserta didik tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar, dan hasil yang baik.
“Jika peserta didik dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuannya untuk beberapa mata pelajaran dan diajarkan sesuai dengan karakteristik mereka, maka sebagian besar dari mereka akan mencapai ketuntasan”.
(John B. Carrol, A Model of School Learning)
Guru harus mempertimbangkan antara waktu yang diperlukan berdasarkan karakteristik peserta didik dan waktu yang tersedia di bawah kontrol guru (John B. Carrol)
“Peserta didik yang belajar lambat perlu waktu lebih lama untuk materi yang sama, mereka dapat berhasil jika kompetensi awal mereka terdiagnosis secara benar dan mereka diajar dengan metode dan materi yang berurutan, mulai dari tingkat kompetensi awal mereka”

2. Otentik

  • Memandang penilaian dan pembelajaran secara terpadu
  • Mencerminkan masalah dunia nyata bukan dunia sekolah
  • Menggunakan berbagai cara dan kriteria
  • Holistik (kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap,)

3. Berkesinambungan

Memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil terus menerus dalam bentuk Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas.

  • Ulangan Harian : selesai satu atau beberapa Indikator. (tertulis, observasi, penugasan, atau lainnya)
  • Ulangan Tengah Semester : selesai beberapa Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan
  • Ulangan Akhir Semester : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan.
  • Ulangan Kenaikan Kelas : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester ganjil dan genap, dengan penekanan pada kompetensi dasar semester genap

4. Berdasarkan Acuan Kriteria/Patokan …

Prestasi kemampuan peserta didik TIDAK DIBANDINGKAN dengan peserta kelompok, tetapi dengan kemampuan yang dimiliki sebelumnya dan patokan yang ditetapkan

5. Menggunakan Berbagai Cara dan Alat Penilaian Penilaian Kelas

  • Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi
  • Menggunakan penilaian yang bervariasi: Tertulis, Lisan, Produk, Portofolio, Unjuk Kerja, Proyek, Pengamatan, dan Penilaian Diri

D. Tekhnik Penilaian

1. Unjuk Kerja (Performance)

pengamatan terhadap aktivitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja, tingkah laku, interaksi) Cocok untuk :

  • Penyajian lisan: keterampilan berbicara, berpidato, baca puisi, berdiskusi.
  • Pemecahan masalah dalam kelompok
  • Partisipasi dalam diskusi
  • Menari
  • Memainkan alat musik
  • Olah Raga
  • Menggunakan peralatan laboratorium
  • Mengoperasikan suatu alat

2. Penugasan (Proyek/Project)

Penilaian terhadap suatu tugas yang mengandung penyelidikan yang harus selesai dalam waktu tertentu
Tugas: suatu investigasi dgn tahapan:

  • Perencanaan
  • Pengumpulan data
  • Pengolahan data,
  • Penyajian data

Bermanfaat menilai :

  • Keterampilan menyelidiki secara umum Pemahaman & Pengetahuan dalam bidang tertentu
  • Kemampuan mengaplikasi pengetahuan dalam suatu penyelidikan
  • Kemampuan menginformasikan subyek secara jelas
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: