Rapat Dinas SMPN 9 Cimahi

Assalamualaikum … Wr Wb

Gambar

Pada hari Jum’at, tgl 9 Mei 2014 di SMPN 9 Cimahi dilaksanakan rapat dinas sebagai persiapan pelaksanaan “Workshop” yang rencananya akan dilaksanakan sebelum tahun ajaran baru.

Adapun tujuan dari rapat ini adalah sebagai berikut :

  1. Silaturahmi setelah pelaksanaan UN
  2. Evaluasi terhadap pelaksanaan tugas pendidik
  3. Pemberitahuan/Informasi Kedinasan
  4. Pembahasan Kurikulum 2013 secara ringkas

Kegiatan rapat ini tentu saja dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi, setelah guru-guru melaksanakan tugas yang berkaitan dengan UN baik sebagai panitia di tempat, ataupun sebagai pengawas silang ke luar.

Selain itu, pada saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi pelaksanaan tujuan/tugas, baik bagi guru sendiri maupun sekolah. Mengkaji apa yang sudah dilaksanakan, belum selesai dilaksanakan ataupun belum sama sekali dilaksanakan, sehingga kita punya bekal untuk perbaikan di tahun pelajaran selanjutnya.

Juga dengan adanya kegiatan ini kitapun mendapatkan informasi hal-hal penting (kekurangan/wajib diperbaiki), juga kelebihan yang harus dipertahankan,sehingga dapat merencanakan,juga mempersiapkan bahan apa yang akan diberikan pada saat “Workshop” nanti, tujuannya pelaksanaan “Workshop” bisa “Tepat Sasaran”

Gambar

Untuk informasi kedinasan disampaikan oleh Wakasek Kurikulum Dra.Sri Rahayu,MM dijelaskan secara rinci, sehingga apa yang harus dilaksanakan oleh guru maupun wali kelas dapat dipahami dengan jelas.

Pembahasan Kurikulum 2013 disampaikan oleh bapak Kepala Sekolah SMPN 9 Cimahi. Drs.Agustia Daniswara,MM.

Guru sebagai pelaksana Kurikulum 2013 tentunya harus paham :

  1. Landasan kurikulum 2013,
  2. Alasan pengembangan kurikulum,
  3. Apa yang dikembangkan dari 8 standar pendidikan (sebagai pengembangan 8 standar pendidikan KTSP)
  4. Elemen perubahan pada kurikulum 2013.

Sehingga pelaksanakan kurikulum 2013 dilakukan dengan benar bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban sebagai guru.

Untuk keperluan pemahaman tersebut, guru harus mencari tahu hal-hal di atas, dan pada saat pelaksanaan “workshop” nanti, apa yang telah kita pahami dapat kita implementasikan(sharing) pada pembuatan administrasi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kurikulum 2013.

Gambar

Untuk Pembahasan Kurikulum 2013 disampaikan oleh ibu pengawas Dra.Euis Engguh Marlina,MM.

Sebagai pelaksana kurikulum 2013 maka kita harus mengubah MindSet (pandangan terhadap pembelajaran).

Kemudian dijelaskan secara rinci :

  1. Landasan Kurikulum 2013
  2. Pembelajaran scientific
  3. Penilaian Autentic
  4. Dsb

Diantaranya …

Gambar

Pembelajaran Kurikulum 2013 menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.

  • Ranah Afektif (sikap) agar peserta didik mengerti  … Mengapa saya harus bersikap …?
  • Ranah Psikomotor (keterampilan) agar peserta didik mengerti …  Bagaimana cara …?
  • Ranah Kognitif (pengetahuan) agar peserta didik mengerti … Apa …?

Pada akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik, memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak.

Pada Kurikulum 2013 pembelajaran menekankan pada dimensi pedagogik modern, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah (scientific appoach) yang meliputi :

  1. Mengamati (fenomenon untuk mengidentifikasi masalah yang ingin diketahui)
  2. Menanya (membatasi masalah dan merumuskan pertanyaan dan merumuskan jawaban sementara terhadap pertanyaan berdasarkan pengetahuan dan/atau data/informasi  terbatas yang telah dimiliki)
  3. Mengumpulkan data dengan satu atau lebih teknik (yang relevan dengan pertanyaan dengan berbagai cara)
  4. Menalar/menganalisis data (untuk merumuskan kesimpulan)
  5. Mengomunikasikan (kesimpulan/jawaban pertanyaan kepada pihak lain)

DAPAT dilanjutkan dengan mencipta (dan mengomunikasikan ciptaan) (dan/atau menginovasi sesuatu berdasarkan pengetahuan yang dibangun)

Proses Pembelajaran pada Kurikulum 2013 (Red. Matematika)

Proses pembelajaran sangat disarankan menggunakan metode saintifik yang diperkuat dengan discovery/inquiry learning, project-based learning dan problem-based learning.

  • Pembelajaran berpusat pada siswa.
  • Pembelajaran tidak hanya di dalam kelas.
  • Pembelajaran didukung oleh penggunaan IT.
  • Pembelajaran didukung oleh penumbuhan kultur membaca.

Penilaian Kurikulum 2013 (Pencapaian Kompetensi Sikap)

Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual (KI-1) yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial (KI-2) yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.

Cakupan Penilaian Sikap :

Penilaian sikap spiritual : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut

Penilaian sikap social :

  1. jujur
  2. disiplin
  3. tanggung jawab
  4. toleransi
  5. gotong royong
  6. santun
  7. percaya diri

Teknik dan Bentuk Instrumen :

  1. Teknik Observasi (merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrumen  yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati)
  2. Penilaian Diri (merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi)
  3. Penilaian Antar peserta didik (merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi)
  4. Jurnal (Jurnal merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.)

Instrumen beserta Rubrik Penilaiannya …

Pedoman Observasi Sikap Spiritual

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

Nama Peserta Didik                       : ………………….

Kelas                                                  : ………………….

Tanggal Pengamatan                    : …………………..

Materi Pokok                                    : …………………..

 

No Aspek Pengamatan Skor
1 2 3 4
1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2 Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3 Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4 Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5 Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
Jumlah Skor

Petunjuk Penskoran :

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :   (Skor diperoleh/Skor Maksimal) x 4

Contoh :

Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :

(14/20) x 4 = 2,8

 

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :

Sangat Baik         : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor <= 4,00

Baik                       : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor <= 3,33

Cukup                   : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor <= 2,33

Kurang                  : apabila memperoleh skor:  skor <= 1,33

Itulah diantaranya paparan mengenai Kurikulum 2013 …

Gambar

Semua peserta terlihat menyimak uraian pemateri dengan cermat,sekali-kali terlihat geleng-geleng … ataupun bisik-bisik dengan sesama peserta … sebagai respon spontan …🙂

Gambar

Tempat duduk memang diatur per MGMP sehingga memudahkan ketika ada hal yang perlu disimak dan direspon spontan …

Terkadang terjadi juga lintas mata pelajaran … hal itu wajar saja … yang penting semua peserta menyimak dan mengerti apa yang disampaikan … bukankah Aktif, Kreatif, Inovatif, dan Menyenangkan bukan berarti harus duduk seperti “robot” …🙂

Gambar

Setiap mata pelajaran tentunya punya karakteristik masing-masing, Mengetahui karakteristik mata pelajaran lain tentunya sangat berguna apalagi untuk seorang asesor …

Gambar

Dalam kegiatan sekecil apapun kendala pasti ada … selalu ada jalan keluar … dalam hal ini Kepala Lab, Drs.Agus Sudrajat ambil peran, … “Hatur Nuhun” …🙂

Alhamdulillah … ternyata Wakasek Sarana Dra.Endang Widyastuti dan Wakasek Humas Drs.H.Warsono sangat pengertian, dalam rapat bukan hanya sarana pendukung materi yang diperlukan, juga … pendukung lain … tidak harus … tapi penting, snack yang diantarkan oleh adik-adik kita … Anisa dan Putri … “Hatur Nuhun” …

Gambar

Alhamdulillah … rapat selesai 15 menit sebelum Sholat Jum’at dilaksanakan … guru pria semua berangkat ke Mesjid terdekat dan ibu-ibu masih berdiskusi hal-hal kecil …

Akhirnya kami punya bekal, apa yang akan kami lakukan pada workshop nanti … dan pada tahun pelajaran baru …

“Ketika mulai menyimak,terasa sulit bukan?,Tapi Sulit Bukan Berarti Tidak Bisa”

Asal ada keinginan pasti ada jalan …🙂

Sebagian Suasana Rapat :

Gambar

Foto yang lain menyusul …🙂

 

 

2 Tanggapan

  1. Wa’alaikumsalam wr.wb.
    Alhamdulillah, terimakasih bu Lilis utk semua informasi 9-nya. Banyak hal/pengetahuan yg secara rinci dijelaskan, baik melalui forum ini maupun secara langsung.
    Jangan pernah bosan memberi tambahan ilmu ataupun informasi kpd kami, khususnya saya yg sering bertanya.🙂

    “Ketika mulai menyimak,terasa sulit bukan?,Tapi Sulit Bukan Berarti Tidak Bisa” (y)

    LANJUTKAN !! ({})

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: