Strategi Memetik Manfaat Dari Buku

 

Indahnya bunga dilihat dari ... makna, Manfaat buku dilihat dari ... Kreatifitas(Implementasi isi dari si pembaca)

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh

Pepatah bilang “Buku adalah Gudang Ilmu” Tapi benarkah setelah membaca buku lantas kita langsung pintar?
Ketika kita membaca sebuah buku maka ada hal yang harus difikirkan …

Anda tidak akan mendapat manfaat dari sebuah buku,kecuali jika anda mengaplikasikan isi dari buku tersebut … Seringkali yang menjadi masalah adalah bukan pada produk informasinya. tetapi setelah dibaca buku tersebut disimpan begitu saja tanpa sebuah tindakan …

Anda tidak akan pernah kaya dengan membaca buku “Think And Grow Rich“. Serius! Bob Proctor bisa kaya bukan dengan membaca buku tersebut, tetapi dengan mengaplikasikan buku tersebut.

“Tapi… terlalu banyak buku… pusing.” Ini dia cara mengatasinya…

Sebelum saya membahas teknik mengambil manfaat dari produk informasi, bahkan informasi yang banyak sekali, saya mau membahas dulu beberapa penyakit yang sering menghambat.

Kurang motivasi belajar.

Tandanya:

Membaca hanya judulnya saja, bahkan untuk membaca artikel sekali pun.
Membaca sekilas dan hanya satu kali.
Terlalu cepat mengambil kesimpulan, dikiranya isi buku, padahal opini pribadi.
Tidak Berorientasi Tindakan
Yaitu, saat membaca hanya untuk membaca saja, bahkan membeli buku hanya untuk memenuhi rak. Membeli ebook hanya untuk memenuhi hardisk saya. Ingat… produk informasi hanya bermanfaat jika kita mengambil tindakan.

Tidak Bisa Mengelola Informasi

Sering ada yang mengatakan, terlalu banyak informasi… bingung. Masalahnya sebenarnya bukan pada banyaknya informasi. Coba pikirkan: kenapa orang lain tidak bingung? Kedua: informasi memang akan terus bertambah, apalagi sekarang jamannya informasi. Jika Anda mengeluh terlalu banyak informasi, Anda tidak cocok hidup dijaman ini.

Cara Memetik Manfaat

Dari penyakit-penyakit diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bagaimana cara memetik manfaat dari sebuah buku atau produk informasi.

Tingkatkan motivasi belajar Anda. Apa yang Anda baca, dengan, atau tonton insya Allah berguna. Tidak ada yang namanya “ah teori”. Teori itu berguna, sebab teori diambil dari pengalaman nyata.
Pikirkan: apa tindakan yang bisa saya lakukan? Pikiran ini harus menyertai Anda saat membaca, mendengar, atau menonton produk informasi. Saat ada ide: catat.

Kelola informasi supaya tidak membingungkan. Informasi akan membingungkan jika tidak dikelola dengan baik. Analoginya, Anda akan sulit mengambil sebuah berkas, jika arsip Anda tidak disimpan dengan tertarur. Begitu juga informasi yang ada di kepala Anda. dijamin tidak ada lagi stres karena terlalu banyak informasi.

Ambil tindakan. Anda sudah paham, sudah punya ide-ide tindakan, dan ide-ide tersebut dikelola dengan baik, maka langkah selanjutnya ialah: mengambil tindakan.

Sumber : Motivasi Islami

Jadi dengan membaca buku pengetahuan anda akan bertambah,dengan mengimplementasikannya anda mendapatkan nilai (+) … Hasilnya tergantung bagaimana kreatifitas anda …

Ok Selamat membaca dan berkretifitas dengan hasil yang anda baca … Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: