Sikapmu Mematikan … atau Menyuburkan Ide Team Kerjamu

Assalamualaikum … Wr Wb

Setiap orang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri…:))

Pemimpin adalah suatu lakon/peran dalam sistem tertentu; karenanya seseorang dalam peran formal belum tentu memiliki ketrampilan kepemimpinan dan belum tentu mampu memimpin. Istilah Kepemimpinan pada dasarnya berhubungan dengan ketrampilan, kecakapan, dan tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang; oleh sebab itu kepemimpinan bisa dimiliki oleh orang yang bukan “pemimpin”.

Arti pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/ kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan. Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan – khususnya kecakapan-kelebihan di satu bidang , sehingga dia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk pencapaian satu beberapa tujuan. (Kartini Kartono, 1994 : 181).

Pemimpin jika dialihbahasakan ke bahasa Inggris menjadi “LEADER“, yang mempunyai tugas untuk me-LEAD anggota disekitarnya. Bagi seorang kepala rumah tangga maka dia me-lead anggota rumah tangga mulai dari istri, anak, dan khadimah. Bagi seorang manajer maka dia me-lead rekan kerja dibawah gugus tugasnya. bagi seorang direktur/presiden direktur maka dia me-lead lemabaga yg dia pimpin. Tahukan anda apa makna LEAD?

  1. Loyality, seorang pemimpin harus mampu membangkitkan loyalitas rekan kerjanya dan memberikan loyalitasnya dalam kebaikan.
  2. Educate, seorang pemimpin mampu untuk mengedukasi rekan-rekannya dan mewariskan tacit knowledge pada rekan-rekannya.
  3. Advice, memberikan saran dan nasehat dari permasalahan yang ada
  4. Discipline, memberikan ketauladanan dalam berdisiplin dan menegakkan kedisiplinan dalam setiap aktivitasnya.

Andakah pemimpin itu?

Salah satu kekhasan pemimpin yang baik, justru harus mengenal, kapan kita bisa mematikan ide kreatif seorang teman atau team kerja. Dengan mengenal caranya, akan menemukan cara baru untuk menyuburkan ide kreatif dari anggota team kerja!

Caranya mudah untuk mematikan ide anggota team kerja: …

  1. Janganlah menatap matanya, tetapi lihatlah barang di sekitarnya, atau tunduk saja saat seseorang mengajak bicara!
  2. Katakanlah padanya, “Siapa yang tanya, penting apa idemu buatku?”
  3. Tempatkanlah ide temanmu itu dengan cara “brainstorming”: Emang idemu itu satu-satunya yang benar apa? Masih banyak ide bagus lainnya daripada idemu sendiri!
  4. Ber-SMS-lah terus selama seseorang berbicara, dan cukup tanggapi dengan kata, “Oh iya, baguslah! Ehmm Begitu…?”
  5. Setiap kali dia berbicara tentang idenya, tidak perlu tanya tentang idenya yang bagus dan kreatif, tapi ajukanlah terus ceritamu sendiri untuk menandingi idenya!
  6. Cobalah selalu mencari kata-kata yang dia lontarkan, dan alihkanlah kata kata kunci menjadi titik tolak untuk tertawa.
  7. Tertawalah Anda saat Anda menanggapi idenya.

Ketika anda bersikap seperti itu maka team anda tahu bahwa anda mematikan ide mereka … hal itu bisa saja dilakukan jika anda merasa ada hal yang perlu dibetulkan,tapi tentu saja dengan cara yang lebih bijaksana … anda adalah pemimpin …:))

Sekarang, setelah tahu 7 cara yang mudah untuk mematikan ide kreatif anggota team kerja, cobalah 7 langkah itu jadikan langkah yang positif:

  1. Tataplah wajah dan pandangannya saat dia berbicara serius untuk menceritakan gagasannya yang kreatif! Janganlah mencoba untuk memindahkan pandanganmu ke tempat lain.
  2. Katakan kepadanya, “Apapun pendapatmu, pasti akan memperkaya team kerja kita, ayo ceritakan saja, siapa tahu berguna untuk kinerja kita!”
  3. Janganlah membuat brainstorming yang menempatkan idenya itu seolah-olah ide yang terjelek, melainkan buatlah brainstorming yang menempatkan idenya itu berkaitan dengan ide ide orang terkenal, ide ide orang pinter lainnya sehingga ia merasa diteguhkan, jika idenya itu sungguh memang bisa dipertanggungjawabkan.
  4. Simpanlah HP-mu, dan tidak perlu angkat telp atau ber SMS ria saat diajak bicara. Tunjukkanlah bahwa orang itu dan idenya sangat penting untuk kinerja teammu.
  5. Berusahalah untuk memperdalam ide kreatif yang sudah dilontarkan anggota team kerja, dan tidak perlu memperdebatkan idenya itu dengan idemu sendiri, melainkan teruslah bertanya, sambil mencari referensi yang bagus, sehingga ia merasa idenya terdukung.
  6. Janganlah membelokkan kata kata kunci sebagai bahan untuk “guyonan” atau “bercanda”, karena engkau akan dinilai sebagai pribadi yang suka meremehkan. Namun cobalah merumuskan kata kata kunci itu dan ulangilah di depan dia, agar dia merasakan gagasannya itu sangat penting.
  7. Janganlah tertawa, bila dia sedang bicara, melainkan dengarkanlah dengan baik gagasannya yang bagus itu, lalu carilah nilainya yang positif, jangan mencari sisi negatifnya dulu. Semua gagasan akan punya kelebihan dan kelemahan, tapi carilah positifnya dulu!

Semoga ada banyak pemimpin yang tahu menghargai anggota team kerjanya, sehingga ada banyak orang tertantang untuk tumbuh dan berkembang menjadi dirinya sendiri! …:))

Di dalam hidup ini ada begitu banyak konsep sukses,begitu juga bekerja dalam team . Banyak konsep sukses tapi bagi saya sangatlah sederhana … :))

  1. Sukses Adalah Awal
    Banyak orang yang memandang bahwa awal yang baik akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang baik. Sukses harus dimulai … Kita harus mulai mengambil langkah awal terhadap rencana yang kita buat. Rencana sehebat apapun tanpa dimulai hanyalah rencana belaka … Jadi, segeralah ambil start yang baik dengan persiapan yang baik. Ingat perjalanan seribu mil selalu dimulai dengan sebuah langkah…:))
  2. Sukses Adalah Proses
    Sukses itu proses akan sangat berkesan saat-saat memperjuangkannya. Menemukan kesenangan di dalam usahanya. Seberapa besar nilai sukses kita ditentukan oleh seberapa besar perjuangan untuk meraihnya. Pertandingan akan menjadi membosankan apabila kita telah dipastikan menang. Sebaliknya pertandingan yang dilalui dengan penuh pengorbanan di dalamnya, akan menjadikan kemenangan yang didapat sangat manis. Hargailah proses yang baik, jujur, dan tekun!
  3. Sukses Adalah Akhir.
    Akhir yang baik dari suatu kesuksesan bukanlah pada seberapa besarnya hasil, akan tetapi apa jadinya diri kita di akhir. Setiap daya upaya memang harus diselesaikan tetapi hasil yang terbaik selalu adalah diri kita yang lebih baik diakhir…:))

Dari berbagai sumber

Satu Tanggapan

  1. benul. benul bu… hasil yang terbaik adalah diri kita yang lebih baik diakhir…. sip akh.. wassalam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: