Pentingnya Lab Multimedia

Assalamualaikum … Wr Wb

Keberagaman pendapat tentang Laboratorium Multimedia dapat menyulitkan pihak sekolah ketika mereka akan merealisasikan keberadaannya di lingkungan sekolah. Ide pembangunan Laboratorium Multimedia didasari oleh kenyataan bahwa beberapa topik mata pelajaran tidak dapat dipaparkan kepada siswa secara mudah namun dapat disajikan dengan mudah menggunakan teknologi multimedia Secara khusus, diharapkan pengantar ini dapat membuka wawasan pengelola sekolah tentang manfaat yang dapat diambil oleh sekolah terhadap keberadaan Laboratorium Multimedia terkait fungsional yang dilayani, sehingga memicu keinginan untuk mengoperasionalkannya.

Yang dimaksud Laboratorium Multimedia adalah fungsional laboratorium (tempat praktikum) yang mampu memfasilitasi beberapa aktifitas praktikum sekolah dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Atau secara teknis, Laboratorium Multimedia dapat digambarkan sebagai ruangan laboratorium berisi seperangkat komputer berikut perangkat audio visualnya yang saling terintegrasi, dilengkapi dengan program aplikasi yang sesuai untuk memberikan layanan tambahan terhadap laboratorium konvensional.

Alasan lain yang dikemukakan terkait pentingnya membangun laboratorium multimedia adalah bahwa hampir seluruh fungsional laboratorium konvensional (Lab. Bahasa, Lab. IPA, dan Lab. Komputer) dapat diperkaya oleh fungsional Laboratorium Multimedia. Hal ini dapat terjadi karena karakteristik teknologi multimedia yang mampu mengolah data teks, gambar, gambar bergerak (video dan animasi), serta suara kedalam suatu kemasan aplikasi, sehingga suatu topik mata pelajaran dapat disampaikan secara komprehensif (tidak terpotong potong) menggunakan aplikasi multimedia ini. Menggunakan aplikasi ini, belajar menjadi lebih menyenangkan, materi menjadi lebih mudah dipahami, memungkinkan pembelajaran secara mandiri; dan kesemuanya itu, muaranya adalah peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan.

Secara ideal fungsi pokok dari suatu laboratorium multimedia yang akan dibangun harus memenuhi fungsi dibawah ini:

1. Interaksi antara Guru Murid dan Murid murid
2. Penayangan Video Pembelajaran
3. Latihan Mata Pelajaran Interaktif (online)
4. Simulasi Kasus berbasis multimedia
5. Operasionalisasi eAudioBook
6. Operasionalisasi eBook
7. Menyediakan Ensiklopedi Digital

Banyak sekolah berpikir bahwa pembangunan laboratorium multimedia hanya dilihat dari sisi fisik saja. Sehingga yang terjadi fungsionalitas pokok suatu laboratorium multimedia tidak berjalan seperti yang diharapkan. Hal itu terjadi karena yang membangun hanya mengerti masalah hardware saja, tanpa adanya upaya keberlanjutan untuk membimbing Sumber Daya Manusia di Sekolah untuk mengoptimalkan laboratorium multimedia dalam proses belajar mengajar sehingga mempunyai kapasitas dan kapabilitas dalam:

  1. Penyediaan Hardware yang kompatibel
  2. Kepastian Optimalisasi Fungsionalitas Laboratorium Multimedia
  3. Training SDM Sekolah dalam memanfaatkan Lab. Multimedia
  4. Keberlanjutan Pengembangan kualitas SDM guru dan pengayaan bahan ajar multimedia guna mendukung lab. Multimedia. Dalam pelaksanaannya, laboratorium Multimedia disesuaikan dengan kondisi sekolah.

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: