Belajar dari Petani

Assalamualaikum … Wr Wb

Alam semesta begitu sempurna dengan hukum-hukum alam yang begitu teratur. Segala sesuatu di alam ini mempunyai siklus dan waktu untuk tumbuh berkembang menjadi sempurna.

Pembelajaran yang paling mudah bisa anda dapatkan pada cara kerja seorang petani … yang mungkin kita anggap konsep fikir yang sederhana … 🙂

Ketenaran, kekayaan, jabatan, penghargaan seringkali membuat orang lupa diri, serakah dan ujung-ujungnya menghalalkan segala cara demi mencapai ambisinya. Benarkah dengan cara seperti itu akan memperoleh kepuasan sejati yang penuh kebahagiaan?.

Pepatah bilang “barang siapa menabur angin, ia akan menuai badai”. Barang siapa menabur kejelekan, ia pun akan menerima hasil buruk yang berlipat ganda. Hukum alam bekerja secara netral. Jika anda ciptakan sebab yang baik, akibat baik yang berlipat ganda pun akan anda dapatkan.

Kita kembali ke kehidupan petani …. Tapi betulkah kehidupan petani sesederhana itu? …

Bagaimana seorang petani mulai dari mengolah lahan hingga panen raya, menurut saya itulah konsep berfikir kompleks.

Ada lahan yang subur kalaupun tidak subur diolah supaya menjadi subur, pemilihan bibit unggul, sistem pengairan yang baik, sinar matahari yang cukup,pemberian pupuk yang seimbang, perawatan secara konsisten, pemilihan cuaca yang sesuai dengan setiap jenis tanaman, musim yang sesuai dan penanaman serempak, diskusi dengan sesama petani dan lainnya. Jika semua itu serasi dan seimbang, maka akan terjadi panen raya … Subhanalloh

Hal yang sama juga terjadi dalam kehidupan nyata, jika semua faktor dalam mengupayakan sesuatu telah dijalankan secara benar, … selanjutkan kepastiannya kita serahkan kepada Allah … Insya Allah kepuasan sejati akan kita peroleh.

Wallohualam …

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: