Karakteristik Manajemen Sekolah

Assalamualaikum … Wr Wb

Secara harfiah karakter artinya kualitas mental atau moral, kekuatan moral, nama atau reputasi (Hornby dan Panwell,1972:49). Menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, watak. Berkarakter artinya mempunyai watak, mempunyai kepribadian (Kamisa,1997:281).

Dalam Dorland’s Pocket Medical Dictionary (1968:126) dinyatakan bahwa karakter adalah sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu. Di dalam kamus psikologi dinyatakan bahwa karakter adalah kepribadian ditinjau dari titik tolak etis atau moral, misalnya kejujuran seseorang; biasanya mempunyai kaitan dengan sifat-sifat relative tetap (Dali Gulo,1982:29).

Dan dapat dinyatakan bahwa karakter adalah kualitas atau kekuatan mental atau moral, akhlak atau budi pekerti individu yang merupakan kepribadian khusus yang membedakan dengan individu lain (M. Furqon,2009:9).

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan

Karakteristik Manajemen Sekolah adalah sifat-sifat,watak atau kekuatan dalam manajemen sekolah untuk mencapai tujuan – tujuan sekolah

Karakteristik tersebut antara lain : …

  1. Perencanaan dan Pengembangan Sekolah
    Perencanaan merupakan dasar bagi fungsi manajemen lain
    Perencanaan merupakan pernyataan mengenai kehendak di masa depan yang ingin dicapai
    Perencanaan meliputi jangka pendek, menengah dan panjang
    Sekolah yang efektif memiliki rencana pengembangan sekolah yang disepakati bersama
  2. Iklim dan Budaya Sekolah
    Penciptaan dan pemeliharaan iklim yang kondusif untuk belajar
    Penciptaan norma dan kebiasaan yang positif
    Penciptaan hubungan dan kerja sama yang harmonis yang didasari oleh sikap saling menghargai satu sama lain
  3. Harapan yang Tinggi untuk Berprestasi
    Penciptaan etos positif yang dapat mendorong siswa berprestasi
    Tanggung jawab yang tinggi bagi pembelajaran siswa,
    Harapan yang tinggi akan pekerjaan yang berkualitas tinggi,
    Pemberian perhatian pribadi kepada siswa perorangan.
  4. Pemantauan terhadap Kemajuan Siswa
    Pemberian pekerjaan rumah kepada siswa
    Terdapat prosedur penilaian yang dilakukan secara terprogram (formatif dan sumatif)
    Pemberian balikan yang segera kepada siswa
  5. Kepemimpinan Kepala Sekolah
    Sejauhmana tanggung jawab kepemimpinan diambil alih atau didelegasikan oleh kepala sekolah
    Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah berperan penting.
    Pendekatan kepemimpinan partisipatif
  6. Pengembangan Guru dan Staf
    Guru merupakan fasilitator pembelajaran yang perlu dijaga kualitasnya
    Pengembangan profesional guru menentukan hasil pembelajaran
    Perlu adanya program pengembangan guru dan staf
  7. Penguatan Kapasitas Siswa
    Tujuan akhir program pembelajaran adalah pada peningkatan kemampuan siswa
    Pemberian kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan potensi dirinya
    Penyediaan program dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar
  8. Keterlibatan Orangtua dan Masyarakat
    Keterlibatan orangtua merupakan stimulus eksternal yang berperan penting bagi peningkatan kualitas pembelajaran
    Kerjasama orangtua dan sekolah dalam pemberian bimbingan belajar dan dalam menumbuhkan kedisiplinan kepada anak mereka
  9. Keterlibatan dan Tanggung Jawab Siswa
    Pembelajaran hanya mungkin terjadi bilamana siswa mempunyai pandangan yang positif terhadap sekolahnya dan peranan mereka di dalamnya
    Keterlibatan siswa menumbuhkan pada diri siswa rasa memiliki terhadap sekolah dan terhadap pembelajarannya sendiri
  10. Penghargaan dan Insentif
    Pemberian penghargaan jauh lebih penting ketimbang menghukum atau menyalahkan siswa
    Penghargaan dan insentif mendorong munculnya perilaku positif dan, dalam beberapa hal, mengubah perilaku siswa (dan juga guru).
  11. Tata tertib dan Kedisiplinan
    Kesepakatan kepala sekolah dan guru terhadap kebijakan disiplin sekolah
    Dukungan yang diberikan kepada guru bilamana mereka melaksanakan peraturan disiplin sekolah.

Sumber: sebagian dikutip dari akhmad sudrajat.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: