Contoh Proposal Penelitian Tindakan Sekolah

Assalamualaikum … Wr Wb

Berbagai penelitian mungkin pernah kita lakukan, baik itu semasa kita kuliah dulu (Skripsi), Tesis juga Disertasi … ataupun ketika kita sudah menjadi guru yang lebih kita kenal dengan istilah “Penelitian Tindakan Kelas”  (Classroom Action Research) tapi yang akan saya bahas kali ini adalah tentang pembuatan “Penelitian Tindakan Sekolah” … Sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tentang suatu model pembelajaran terhadap peningkatan mutu pendidikan di sebuah sekolah …

Saya tulis disini sebagai ungkapan rasa bahagia saya dan ucapan terima kasih atas kebersamaan yang pernah kami jalin ketika melakukan sebuah tugas … Untuk temanku Dra Tuty, juga Dwi Purniati,S.Pd … Secara pribadi saya ucapkan terima kasih atas kesempatan … kesabaran … keikhlasan … juga ilmu yang saya dapat ketika sama-sama mengerjakan ini … Semoga hal ini menjadi sebuah amal baik yang mendapat balasan dari Allah SWT … Amien … 🙂

Seperti biasanya sebelum melakukan sebuah penelitian maka kamipun membuat sebuah proposal, …

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Sekolah … Semoga bermanfaat … 🙂

A. Judul Penelitian :

Penerapan ……………………..  Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di …………

B. Bidang Kajian :

Bidang kajian yang akan diangkat pada penelitian tindakan sekolah ini adalah Model Pembelajaran ….

C. Latar Belakang Masalah (Pendahuluan) …

Sekolah merupakan lembaga formal yang berfungsi membantu khususnya orang tua dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka. Sekolah memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap kepada anak didiknya secara lengkap sesuai dengan yang mereka butuhkan. Semua fungsi sekolah tersebut tidak akan efektif apabila komponen dari sistem sekolah tidak berjalan dengan baik, karena kelemahan dari salah satu komponen akan berpengaruh pada komponen yang lain yang pada akhirnya akan berpengaruh juga pada jalannya sistem itu sendiri. salah satu dari bagian komponen sekolah adalah guru.

Guru dituntut untuk mampu menguasai kurikulum, menguasai materi, menguasai metode, dan tidak kalah pentingnya guru juga harus mampu mengelola kelas sedemikian rupa sehingga pembelajaran berlangsung secara aktif, inovatif dan menyenangkan. Namun demikian, menurut Erman Suherman (http : educare.e-fkipunla.net), umumnya guru masih mendominasi kelas, siswa pasif ( datang, duduk, nonton, berlatih, …., dan lupa). Guru memberikan konsep, sementara siswa menerima bahan jadi. Masih menurut Erman Suherman, ada dua hal yang menyebabkan siswa tidak menikmati (enjoy) untuk belajar, yaitu kebanyakkan siswa tidak siap terlebih dahulu dengan (minimal) membaca bahan yang akan dipelajari, siswa datang tanpa bekal pengetahuan seperti membawa wadah kosong. Lebih parah lagi, siswa tidak menyadari tujuan belajar yang sebenarnya, tidak mengetahui manfaat belajar bagi masa depannya nanti.

Berdasarkan pengamatan penulis di …., terdapat beberapa kendala pada pembelajaran selama ini antara lain :

  1. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep.
  2. Siswa kurang aktif / siswa pasif dalam proses pembelajaran.
  3. Siswa belum terbiasa untuk bekerja sama dengan temannya dalam belajar.
  4. Guru kurang mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.
  5. Hasil nilai ulangan / hasil belajar siswa pada pembelajaran rendah.
  6. KKM tidak tercapai.
  7. Pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa.
  8. Kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran.

Sebagai pendidik, penulis melihat pembelajaran menjadi kurang efektif karena hanya cenderung mengedepankan aspek intelektual dan mengesampingkan aspek pembentukan karakter. Hal ini tentu suatu hambatan bagi guru. Namun penulis ingin mengubah hambatan tersebut menjadi sebuah kekuatan dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien sehingga nantinya akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Untuk menjawab hal itu, penulis mencoba memberi solusi kepada guru-guru untuk menerapkan pembelajaran ……….. dengan menyusun berbagai perangkat pembelajaran yang dibutuhkan seperti : RPP, alat peraga, teknik pengumpulan data, dan instrumen yang dibutuhkan untuk membantu guru dalam mengelola kelas dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan.

D. Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian

1. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut “Apakah Penerapan …… dapat Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa  ……. ”

2. Pertanyaan Penelitian
Secara operasional rumusan masalah di atas dapat dijabarkan menjadi beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut :

  1. Apakah penerapan ……. dapat meningkatkan mutu pembelajaran siswa …….. ?
  2. Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penerapan ……. ?
  3. Bagaimana respon siswa terhadap penerapan …… pada pembelajaran di kelas?

E. Cara Pemecahan Masalah

PTS ini dilaksanakan.
Melaksanakan model pembelajaran ….. pada bidang studi Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

F. Tujuan Dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, maka penelitian ini bertujuan untuk :

  1. Untuk mengetahui apakah penerapan ….. dapat meningkatkan mutu pembelajaran siswa ….
  2. Untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam penerapan ….
  3. Untuk mengetahui respon siswa di kelas terhadap penerapan ….. pada pembelajaran di kelas.

2. Manfaat Penelitian
Penelitian tindakan sekolah ini, dilakukan dengan harapan memberikan manfaat bagi siswa, guru, maupun sekolah.

a. Manfaat bagi siswa :

  1. Memperoleh pengalaman belajar yang lebih menarik.
  2. Meningkatkan aktivitas siswa di dalam belajar.
  3. Meningkatkan penguasaan konsep.
  4. Menumbuhkan keberanian mengemukakan pendapat dalam kelompok/ membiasakan bekerja sama dengan teman

b. Manfaat bagi guru:

  1. Memperoleh alternatif baru yang dapat diterapkan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
  2. Memperoleh alternatif baru yang dapat diterapkan guru untuk peningkatan mutu pembelajaran.

c. Manfaat bagi sekolah :

  1. Meningkatkan prestasi sekolah dalam bidang akademis.
  2. Meningkatkan kinerja sekolah melalui peningkatan profesionalisme guru.

G. Hipotesis Tindakan

Hipotesis dalam penelitian tindakan ini adalah :
”Dengan menerapkan model pembelajaran ……. dapat meningkatkan mutu pembelajaran siswa ……”

H. Kajian Teori

Pada bagian ini, penulis bermaksud mengemukakan beberapa hal yang berhubungan dengan teori dan pengertian untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan PTS ini, sebagai gambaran yang tentu ada kaitannya dengan materi pembahasan. Isinya berupa teori-teori yang diambil dari berbagai sumber.

Metode berasal dari kata “Metho” yang berarti ‘melalui’ atau ‘melewati’, sehingga metode pengajaran berarti jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tertentu dalam hal ini tujuan pengajaran (Bambang Prawiro,1991). Jadi metode pengajaran merupakan suatu alat (di samping alat lain seperti alat penilaian, alat peraga) yaitu alat untuk menyampaikan bahan pelajaran dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran.

Semakin majunya ilmu tentang mengajar (Metodologi Pengajaran), maka ada kriteria jenis metode modern dan metode tradisional. Kriteria yang dipergunakan pada umumnya adalah keaktifan siswa, metode dan dasar psikologis dari metode-metode itu. Menurut W.Gulo (2002:1) bahwa metode pengajaran adalah berbagai metode pengajaran yang perlu dipertimbangkan dalam strategi belajar mengajar (W.Gulo,2002:1).

Secara umum metode-metode itu dapat digolongkan ke dalam 2 jenis (Bambang Prawiro,1991)

1. Metode interaksi secara individual.
2. Metode interaksi secara kelompok.

Program pengajaran adalah perangkat kegiatan belajar-mengajar yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang kita sebut dengan tujuan instruksional (W.Gulo,2002:1). Sehingga, dibutuhkan suatu perencanaan dalam pelaksanaan program suatu program pengajaran.

Definisi dari Prof. Dr. De Queljy dan prof. Gazali MA, pembelajaran adalah menanamkan pengetahuan pada seseorang dengan cara paling singkat dan tepat. Dalam hal ini pengertian waktu yang singkat sangat penting. Guru kurang memperhatikan bahwa diantara murid ada perbedaan individual, sehingga memerlukan pelayanan yang berbeda-beda. Bila semua murid dianggap sama kemampuan dan kemajuannya, maka bahan pelajaran yang diberikanpun akan sama dengan kenyataan.

Sedangkan karakter artinya kualitas mental atau moral, kekuatan moral, nama atau reputasi (Hornby dan Panwell,1972:49). Menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, watak. Berkarakter artinya mempunyai watak, mempunyai kepribadian (Kamisa,1997:281).

Dalam Dorland’s Pocket Medical Dictionary (1968:126) dinyatakan bahwa karakter adalah sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu. Di dalam kamus psikologi dinyatakan bahwa karakter adalah kepribadian ditinjau dari titik tolak etis atau moral, misalnya kejujuran seseorang; biasanya mempunyai kaitan dengan sifat-sifat relative tetap (Dali Gulo,1982:29).

Dan dapat dinyatakan bahwa karakter adalah kualitas atau kekuatan mental atau moral, akhlak atau budi pekerti individu yang merupakan kepribadian khusus yang membedakan dengan individu lain (M. Furqon,2009:9).

A. Pengertian ……….. :

……………………………………………………………………………………………..

Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib dilakukan dan diberikan seorang guru kepada anak didik. Karena ia merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara, dan agama. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien dalam pendidikan yang berkarakter adalah sebuah keharusan. Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenangkan dan tidak membosankan.
………………………………………………………………………

B. Manfaat …………………………….. :

1. Penerapan ……………… dapat meningkatkan …………..

2. Dasar sosial ……… adalah keterlibatan; dasar pendidikan ……….. adalah perbaikan atau peningkatan mutu.

C. Tahapan …………. :

1………………………

2 ……………………..

Gambar 2.2 Rancangan ……………………. :

D. Langkah-langkah Pelaksanaan …………… :

1 …………………………………………..

2 …………………………………………..

E. Model Pelaksanaan ……….. :

1. ……………………………………………

2. …………………………………………..

I. Metodologi Penelitian :

I. Setting Penelitian :
Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 9 Cimahi kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 455 orang, terdiri dari 198 siswa laki-laki 257 siswa perempuan. Karakteristik subjek penelitian : kelas VIII mempunyai karakteristik prestasi yang sangat heterogen.

Faktor yang Diamati
Untuk menjawab pertanyaan yang dirumuskan dalam penelitian ada beberapa faktor yang akan diteliti, yaitu :

  1. Faktor hasil kegiatan berupa nilai siswa
  2. Faktor guru, mengamati aktivitas guru-guru selama melaksanakan ……. yaitu bagaimana guru membuat skenario pembelajaran dan menentukan topik yang sulit bagi anak tetapi akan menarik pada saat disajikan di kelas
  3. Faktor siswa, bagaimana respon siswa pada saat melaksanakan pembelajaran dengan ……. yang ditunjukkan dengan hasil angket.

II. Prosedur Penelitian

Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Sekolah, Dengan empat langkah pokok yaitu : Perencanaan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Pengamatan (observasi), dan Refleksi, dengan melibatkan 76 orang guru SMPN 9 Cimahi. Penelitian dilakukan dua tahapan secara berkelanjutan selama 7 bulan. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah peningkatan mutu pembelajaran dilihat dari hasil evaluasi, respon siswa terhadap pembelajaran dan keaktifan guru dalam kelompok MGMP SMPN 9 Cimahi. Aspek yang diukur dalam observasi adalah antusiasme guru SMPN 9 Cimahi terhadap ………. , interaksi guru dengan kepala sekolah, interaksi dengan guru dalam MGMP, kerja sama kelompok, aktivitas dalam diskusi kelompok.

1. Perencanaan Tindakan

a) Pemilihan topik
b) Melakukan review silabus untuk mendapatkan kejelasan tujuan pembelajaran untuk topik tersebut dan mencari ide-ide dari materi yang ada dalam buku pelajaran. Selanjutnya bekerja dalam kelompok untuk menyusun rencana pembelajaran.
c) Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
d) Merencanakan penerapan pembelajaran
e) Menentukan indikator yang akan dijadikan acuan
f) Mempersiapkan kelompok mata pelajaran
g) Mempersiapkan media pembelajaran.
h) Membuat format evaluasi
i) Membuat Format Observasi
j) Membuat angket respon guru dan siswa

2. Pelaksanaan Tindakan
Menerapkan tindakan sesuai dengan rencana, dengan langkah-langkah:

  1. Setiap tim yang telah menyusun rencana pembelajaran menyajikan atau mempresentasikan rencana pembelajarannya, sementara kelompok lain memberi masukan, sampai akhirnya diperoleh rencana pembelajaran yang lebih baik.
  2. Guru yang ditunjuk oleh kelompok menggunakan masukan-masukan tersebut untuk memperbaiki rencana pembelajaran.
  3. Guru yang ditunjuk tersebut mempresentasikan rencana pembelajarannya di depan kelas dan semua anggota kelompok ………… untuk mendapatkan umpan balik.

3. Pengamatan (observasi)

  1. Observer melakukan pengamatan sesuai rencana dengan menggunakan lembar observasi
  2. Menilai tindakan dengan menggunakan format evaluasi.
  3. Pada tahap ini seorang guru melakukan implementasi rencana pembelajaran yang telah disusun, pakar dan guru lain melakukan observasi dengan menggunakan lembar observasi yang telah dipersiapkan. Selain itu dilakukan pemotretan yang meng-close up kejadian-kejadian khusus selama pelaksanaan pembelajaran.

4. Refleksi

  1. Pertemuan refleksi segera dilakukan secepatnya setelah kegiatan pelaksanaan pembelajaran, untuk memperoleh masukan dari guru observer, dan akhirnya komentar dari dosen atau pakar luar tentang keseluruhan proses serta saran sebagai peningkatan pembelajaran, jika mereka mengulangnya di kelas masing-masing atau untuk topik yang berbeda.
  2. Mengevaluasi tindakan yang telah dilakukan dan mendiskusikan tindakan bersama dengan pengamat/observer.
  3. Kesan penyaji/guru model tentang cara/strategi pembelajaran yang telah dilakukan.
  4. Tanggapan-tanggapan observer yang difokuskan pada pembelajaran siswa.
  5. Tanggapan balik dari penyaji/guru model.
  6. Kesimpulan dan saran untuk perbaikan pada tahap berikutnya.

Penelitian tindakan sekolah ini berhasil apabila :

  1. Peningkatan nilai rata-rata siswa kelas VIII dari 4 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA) :
    Peningkatan nilai rata-rata 5.
  2. Tingkat Aktivitas Siswa dalam PBM :
    Tingkat keaktifan siswa dalam PBM dinilai berhasil apabila masing-masing aktivitas yang menunjang keberhasilan belajar persentasenya di atas 70 %.
  3. Keterlaksanaan langkah-langkah dalam ……… ≥ 80 %.

III. Data dan pengambilan Data

No Sumber Data Jenis Data Teknik Pengumpulan Instrumen

  1. Guru Langkah-langkah pembelajaran Observasi dan pemotretan Pedoman observasi KBM dan camera
  2. Siswa Hasil nilai ulangan mid semester ganjil dan genap pada 4 pelajaran, yaitu : B Indonesia, B Inggris, Matematika dan IPA Melaksanakan evaluasi tahapan 1
    Melaksanakan evaluasi tahapan 2 Soal mid semester ganjil
    Soal mid semester genap
  3. Guru Keterlaksanaan penerapan …….. Observasi Pedoman keterlaksanaan penerapan …
  4. Guru Respon guru terhadap penerapan …….. Penyebaran angket Angket respon guru
  5. Siswa Respon siswa terhadap penerapan …… Penyebaran angket Angket respon siswa

J. Indikator Keberhasilan

Penelitian tindakan sekolah ini berhasil apabila :

  1. Peningkatan nilai rata-rata siswa kelas VIII dari 4 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA) :
    Peningkatan nilai rata-rata 5.
  2. Tingkat Aktivitas Siswa dalam PBM :
    Tingkat keaktifan siswa dalam PBM dinilai berhasil apabila masing-masing aktivitas yang menunjang keberhasilan belajar persentasenya di atas 70 %.
  3. Keterlaksanaan langkah-langkah dalam …… ≥ 80 %.

K. Tim Peneliti dan Tugasnya

  1. Peneliti
    Nama :
    N I P :
    Jabatan :
    Unit Kerja :
  2. Anggota Peneliti
    Nama :
    Jabatan :
    Unit Kerja :

L. Jadwal penelitian

No Jenis Kegiatan Bulan/Minggu ke/Tahun

  1. Penyusunan Proposal
  2. Analisis Pokok Bahasan dan Media
  3. Mendisain Model Pembelajaran
  4. Pelaksanaan PBM
  5. Evaluasi Hasil Belajar Siswa
  6. Pelaksanaan PBM dengan …
  7. Workshop …
  8. Evaluasi Proses Pembelajaran
  9. Analisis Hasil Evaluasi
  10. Penyusunan Laporan

M. Daftar Pustaka

http ://educare.e-fkipunla.net (Jurnal Pendidikan & Budaya)/maret 2009/Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran Matematika/Erman Suherman

http ://re-searchengines.com/1207trimo1.html Penelitian Tindakan Kelas

Ruseffendi, (2001). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika. Bandung : Modul

S Syaodih Nana, (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah(konsep,prinsif, dan instrumen). Bandung : Aditama.

Sudrajat Akhmad. Pendekatan Pembelajaran

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Wahyudin. (2002). Kapita Selekta Matematika Sekolah, JICA UPI

dll …

98 Tanggapan

  1. kebetulan dah selesai skulnya..hehehee,,,

  2. izin copies bu… makasih manfaat bu heu…

    wassalam.. ^_^

  3. tulisannya menambah wawasan tentang PTK, mkasih yach

  4. tulisannya menambah wawasan tentang PTK, mkasih dah berbgi….

  5. saya sangat tertarik dengan proposal saudara. tolong donk saya dikirimi contoh format evaluasi

  6. sangat bermanfaat

  7. terima kasih,,,sangat bermanfaat,,,

  8. terimakasih atas tulisanya sangat bermanfaat bagi kami yang mulai belajar untuk nulis.

  9. ijin copy y utk referensi…terima kasih banyak

  10. thanks bgt izin copy bu….

  11. Tulisan ibu paling tidak dapat menambah referensi bagi para pemerhati. Semoga ada manfaat dan maslahatnya

  12. makasih…. banyak manfaat untuk Kepala Sekolah dan Guru

  13. makasih tuk referensinya ………ijin copy thanks………..

  14. makasih infonya, bsk tlg di upload contoh proposal jadinya….

  15. Punen nyuhunkeun ijin kangge copy model ya hatur nuhun

  16. terrima kasih utuk pedoman bagi kami utk membuat proposal

  17. mksih infonya,,,,,,,,,,,,,,,,
    izin copy y,,,,

  18. z mau download PTS ygn lengkap. dmna y?

  19. trimakasih bu…
    ijin copy ya…

  20. makasih memberi gambaran jelas saya segera menyusun juga dengan masalah berbeda dan sangat bermanfaat jazakumulloh khoiran katsiira sama izin copy

  21. minta ijin copy nya ya, trimaksih.

  22. tolong sy minta PTS dalam bentuk yang sudah jd, trimakasih!!!!

  23. ijin kopi yach, semoga bermanfaat bagi saya…..

  24. trimakasih, izin copy ya .. ini sangat bermanfaat

  25. trima kasih, izin copy ya ………………………..

  26. Mohon maaf, ijin copy karena butuh acuan untuk belajar bikin PTS

  27. apakah dalam penelitian tindakan sekolah ini kita harus mencantumkan semua indikator dalam setiap mata pelajaran yang bermasalah ????????????????

    • Menurut saya,hal ini tidak perlu karena pada penelitian tindakan sekolah ini kita tidak bicara permata pelajaran lagi tapi lebih luas … bagaimana mencari solusi dari permasalahan sekolah … 🙂

  28. TANKS SO MUCH ..GBU

  29. izin kopi y bu…. terima kasih

  30. izin ngopi ya bu.
    mohon maaf bu, setelah membaca panduan PTS, didalamnya tidak ada Hipotesis. mohon dicek lagi.terima kasih.

  31. terima kash atas gambaran yang dipparkan tentang contoh pts yang mudah-mudahan bermanfaat bagi saya, Baktos kanggo Bu Sri Rahayu. iraha bade ameng ka banten ?

  32. Terima kasih izin copynya yah

  33. Tolong dong….kirimkan contoh PTS yang lengkap……! heh..heh

  34. Makasih banyak bu’ Copy nya semoga dapat kami manfaatkan dengan baik, agar kedepan kita semua dapat lebih maju. Insya Allah.-

  35. Tolong kirimkan conto lembaran observasi PTS dan Format Evaluasi PTS

  36. tolong kirimkan contoh proposal pts…

  37. makasih ya bu…
    ijin copy…

  38. Makasih, semoga kami dapat manfaatkan tulisannya

  39. terima kasih, izin copy ya……

  40. seneng nih…. bisa bantuin kepala sekolah…… makasih yaaa….

  41. Makasih ya………semoga dengan tulisan ini aku bisa bantu ayuk ku.

  42. saya sangat berterima kasih kepada yang membuat format laporan penelitian tindakan sekolah ini..saya merasa terbantu.semoga Allah menambahkan pengetahuan dan ilmu yang banyak kepada yang menyusun PTS ini,,amin

  43. Thanks ya aq dah lama nyari yang kayaq gini, eh dapet. smoga anda sukses terusssss……………..

  44. assalamualaikum
    bu izin copi y…..
    thank y bu
    wasalam

  45. TERIMA KASIH .. KLO BISA COBA CONTOH PTS

  46. trim ya bu, dan mohon izin copy krn sgnt brmanfaat bg sy.

  47. ijin copy ya untuk sy perdalam.Tks

  48. mohon dikirim laporan PTS selengkapnya tentang kemampuan guru menyusun RPP. Data pengirim
    Nama : Wasito,
    Jabatan : Kepala Sekolah
    Alamat rumah : RT 03 RW 06 Desa Dermaji Kec.Lumbir
    Kab.Banyumas 53177 Jawa Tengah.
    Unit kerja : SD Negeri 3 Dermaji Kec.Lumbir
    Banyumas,Jawa Tengah.

  49. ijin copy

  50. Alhamdulillah, Trims Pak,Bu saya telah mencopy PTSnya saya sangat terbantu sekali semoga senantiasa mendapat limpahan rahmat , amin

  51. Tolong kirim contoh pts yang lengkap dong bu ….!
    Di tunggu ya. thanks

  52. trims ya……!!!

  53. Terima kasih banyak atas tulisan yang sangat berguna bagi saya.

  54. Karya anda sangat bagusssss

  55. terima kasih banyak bu atas contohnya, sangat berguna bagi saya

  56. as wr alhamdulilah , kami ijin mengkopy , proposal ini semoga bermamfat, dan semoga ibu terus diberikan kemudahan…………..SARIKO SDIT CORDOVA KALTIM

  57. Ass. Kalau ngak salah PTS tidak masuk keranah hasil kegiatan siswa, katanya PTS berorientasi sekolah. mohon maaf masih belajar. was.

  58. makasih ya, kalau bisa tolong sy dikirimi contoh PTS yg lain.

  59. mkasih ya neng cakep aq m copy lho

  60. trimakasih telah terbantu. semoga sukses selalu. Amin

  61. makasih yo,,,, dah dapat padangan tentang pembuatan PTS

  62. makasih ya bu
    atas skripsi ya

  63. terima kasih atas contoh laporan PTS

  64. makasih atas informasinya mudah- mudahan saya bisa berkarya lebih baik dari yang telah ada…..
    terus berkarya dan berinovasi !

  65. Smoga bermanfaat , khususnya bagi saya sebagai bahan referensi untuk pts.

  66. makasih ya bu bantuan contoh pts nya

  67. Terima kasih atas PTS nya semoga bermanfaat khususnya bagi saya.

  68. wahhhhh……

    ijin copy yahhhh

    soalnya dapat tugas dari dosen
    hihihihi

  69. kirim prosedur penulisan PTS

  70. wah kebetulan, Izin copy yahhh, soalnya lagi ada tugas yg serupa, sebelumnya terima kasih (blognya sangat bermanfaat)

  71. terima kasih…… blognya udah banyak membantu kita lho…..lam kenal

  72. makasih…luar biasa, blog ini sangat bermanfaat. smoga dpt dilanjutkan dgn informasi dan data lainnya yg update..

  73. terima kasih banyak ya bu… Izin kopi sebagai bahan acuan..

  74. Mohon maaf saya ingin nyonto ya bu

  75. PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

  76. terimakasih atas contoh PTS mohon izin saya membaca and melihat ,semoga bermanfaat bagi kepala sekolah amin

  77. kirimin yg laen lg donk mbak…

  78. makasih saringnya mudah2 mendorong kemampuan bersama.sy tertarik proposal ini .tolong di kirimi form 2 yang ada di atas misal form evaluasi dll.

  79. Trims Bu, izin copy. Bleh minta sampel lengkapnya Bu?

  80. Ijin copy ya bu, buat latihan..
    Terima kasih..

  81. nyusun sewu, derek copy paste

  82. minta ijin copi

  83. Mohon izin ya mas copy. Terima kasih infonya saya bisa belajar banyak dari tulisannya

  84. makasih untuk contohnya,,,

  85. IZIN NGOPY BUUUUUUUUUUUUU MATURSUWUN

  86. Minta izin copas ( copy paste)

    Makasih Ya Bu

  87. Terima kasih infonya

  88. Bu saya ijin copy ya untuk latihan

  89. terima kasih contohnya, semoga jadi amal jariyah

  90. makasih ya bu Barokallohu

  91. sangat bermanfaat bagi guru, trims

  92. Izin copas Bu.. mksh

  93. Ijin copy ya bu

  94. ibu maap sya copi buat referensi

  95. makasiiii… 🙂

  96. assalamu’alaikum…..
    punten ibu izin copas

Tinggalkan Balasan ke PUDWIYANTO Batalkan balasan