Kiat Guru Menyongsong Tahun Ajaran Baru

Assalamualaikum … Wr Wb

Tak terasa tahun ajaran baru sudah di depan mata, tentunya dalam benak kita sudah terangkum akan keberhasilan atau juga kekurangan kita saat melaksanakan tugas yang mulia, pada tahun lalu dan saya yakin tentunya kita berharap tahun mendatang akan lebih baik dan lebih sukses…:))

Agar sukses di satu tahun ajaran, guru perlu melakukan persiapan. Banyak sekolah yang mewajibkan gurunya merencanakan kegiatan pembelajaran untuk satu tahun,agar saat siswa masuk di hari pertama, semuanya siap dan terencana, baik kelas secara fisik atau administrasi yang sifatnya menjadi ‘pegangan’ selama satu tahun penuh.

Berikut ini saya ingin berbagi mengenai hal apa saja yang mungkin bisa menjadi kiat agar sukses satu tahun ajaran.

  1. Menyiapkan sebuah folder khusus yang isinya adalah semua ‘paper work’ atau pekerjaan yang bersifat keadministrasian dan ditulis dikertas. Isinya antara lain, visi misi sekolah, nama siswa, rencana pembelajaran dari hari ke hari, perangkat pembelajaran, dokumen kurikulum serta hal lain yang memudahkan anda menjalankan administrasi satu tahun ajaran penuh…
  2. Menyepakati peraturan dan konsekuensi di kelas, latih terus di dua minggu pertama sampai satu bulan di tahun ajaran baru. Dijamin anda tidak akan bermasalah dengan perilaku siswa di kelas.
  3. Menyiapkan ‘template’ yang berisi nama anak dan kolom yang kosong disebelahnya, untuk bisa memudahkan anda menggunakannya saat menilai siswa atau bahkan hanya untuk mengecek kelengkapan sesuatu yang perlu dibawa siswa.
  4. Siapkan games atau permainan yang bisa dimainkan saat siswa jenuh atau butuh penyegaran. 10 permainan saja tidak usah banyak-banyak. Permainan tadi bisa anda lakukan satu tahun penuh.
  5. Lakukan pemetaan materi pembelajaran satu tahun penuh (atau tema jika anda menggunakan pendekatan ‘tematik’) buat LKS sendiri jika perlu. Mulai sekarang lepaskan ketergantungan pada buku paket. Jadikan itu hanya menjadi salah satu rujukan saja, artinya jangan kemudian buku paket mendominasi alur pembelajaran dan pengajaran kita di kelas. Karena anda yang mengajar dikelas maka anda yang pegang kendali. Jika anda melakukan pemetaan, menjadi mudah bagi anda untuk menentukan kapan membagi hal yang sifatnya rutin seperti portofolio atau melakukan kegiatan lain yang ada hubungannya dengan pembelajaran seperti tes dan lain sebagainya.
  6. Menyiapkan arus atau penataan informasi, cara anda memberi penilaian, hal apa saja yang dijadikan penilaian bagi anda ini penting sehingga siswa tidak main-main ketika mendapat tugas dari anda, bagaimana siswa tahu dan mengerti jika ada pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan. Bagaimana memberitahu orang tua mengenai sebuah hal. Hal yang tidak kalah penting adalah menyiapkan fisik kelas, bagaimana individu yang ada didalamnya berinteraksi untuk motivasi anda bisa membuat sosiogram, dan dipajang di depan kelas, bagaimana kelas di tata serta hal lain yang memudahkan tercapainya tujuan pembelajaran.
  7. Lakukan refleksi minimal seminggu sekali atau sehari sekali. Anda bisa menulis apa saja mengenai pembelajaran yang anda lakukan selalu, seminggu atau pada hari itu. Ditulis dalam sehelai kertas, walau beberapa kalimat, akan bisa membuat anda menjadi guru yang lebih baik.

Beberapa tips di atas adalah gambaran dari betapa sejatinya guru yang baik, melakukan semuanya secara terencana sambil terus memperbaharui kualitas diri.

Jika anda sudah punya perencanaan satu tahun penuh saya jamin anda makin punya waktu untuk hal yang lain yang merupakan hobby anda.

Keberhasilan yang ditempuh dengan kerja keras sendiri akan menghasilkan kepuasan yang tidak bisa dinikmati orang lain…:))

Dari berbagai sumber

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Siap bu, saya siap menyongsong tahun ajaran yg baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: