Memajang Hasil Karya Siswa

Assalamualaikum … Wr Wb

.

Jika anda guru (wali kelas) yang perduli dengan cara memajang hasil karya siswa yang sekaligus untuk memotivasi siswa dalam proses belajarnya, silahkan cermati tips dibawah ini…

.

TIPS MEMBUAT,MEMAJANG HASIL KARYA SISWA :

  1. Gunakan waktu luang siswa untuk membantu anda membuat display atau pajangan di kelas. Libatkan mereka saat membuat pajangan dikelas. Daripada berulang kali mengingatkan siswa untuk mengoreksi kesalahan yang sama, buat tampilan display yang menjelaskan kesalahan dan prosedur yang benar seperti yang anda harapkan.
  2. Jika ada libur yang cukup lama misalnya di awal tahun, tutupilah hiasan kelas yang ada dengan koran. Ini untuk membuat warna-warna kertas tidak menjadi buram dan tidak bagus untuk dipandang. Apalagi jika kelas anda mempunyai jendela yang banyak dan berlimpah sinar matahari.
  3. Jika papan hiasan kelas anda terbuat dari papan, tutup papan tersebut dengan kertas baru kemudian letakkan hasil karya siswa. Jika papannya terbuat dari triplek yang keras gunakan selotip 2 muka alias bolak balik.
  4. Jika papan yang digunakan adalah papan yang terbuat dari serbuk gergaji yang dipadatkan, gunakan stepler gun untuk menempelkan keras penutup di papan dasarnya.
  5. Buatlah hiasan yang menarik untuk pinggiran papan pajangan. sesuaikan dengan tema karya siswa anda.
  6. Gunakan judul yang bisa dilihat dari jauh dan jenis huruf yang enak dibaca…
  7. Ingat tidak semua papan hiasan di kelas harus penuh dengan dekorasi. Bagilah menjadi 2 bagian pajangan hiasan yang sesuai dengan tema di pelajaran kelas dan pajangan yang sifatnya meneguhkan prosedur, daftar rutinitas atau peraturan di kelas.
  8. Hampir semua software komputer bisa digunakan untuk membuat pajangan di kelas jika anda mau silahkan gunaka Ms Publisher untuk membuat banner untuk judul yang besar.
  9. Papan pajangan kelas tidak hanya berisi karya siswa, bisa saja anda muat konsep-konsep yang perlu siswa ketahui dan bisa menjadi bahan atau alat bantu mengajar dikelas.
  10. Bosan dengan papan display 2 dimensi? silahkan mencoba dengan papan display 3 dimensi. Benda-benda seperti bulu, bunga kering , daun kering, kain perca, topeng, topi, kostum, manik-manik dan sebagainya semuanya dapat dimasukkan ke dalam papan buletin Anda. Silahkan juga bereksplorasi mengggunakan menggunakan beberapa tekstur untuk membuat papan pengumuman lebih menarik.
  11. Taruhlah pertanyaan harian, teka-teki, atau teka-teki bagi siswa untuk dieksplorasi ketika mereka memasuki ruangan yang berhubungan dengan topik yang akan dipelajari hari itu. ini akan membuat siswa terlibat dan membuat papan hias anda di kelas menjadi interaktif, untuk jawaban dari pertanyaan yang anda ajukan silahkan anda letakkan dikantong atau tutupi dengan kain atau kertas.
  12. Atau anda gantung tali jemuran di salah satu dinding ruangan Anda, buat kreasi siswa, tempelkanke tali tersebut.
  13. Untuk bahan pembatas papan hias anda silahkah gunakan bahan dan ide-ide kreatif untuk dimasukkan ke dalam batas yang unik. kain, permainan potongan, sutra bunga, pita, daun, kartu ucapan, atau foto-foto semua bisa dimasukkan sebagai batas papan hiasan.

Sebuah papan hiasan di kelas bukan sekedar pajangan, artinya silahkan gunakan juga sebagai alat pembelajaran dan sarana memotivasi siswa … Selamat Berkarya …:)

Iklan

Satu Tanggapan

  1. bingung, yang intinya memajang untuk meningkatkan ketrampilan, dan daya saing, atau belajar membuat hiasan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: