Kriteria Siswa Ideal

Assalamualaikum … Wr Wb

Seorang siswa biasa dijadikan teladan bukan dilihat dari kepintarannya saja, tapi dilihat juga dari berbagai aspek, yaitu diantaranya kreatifitasnya, atensi, keaktifan cara berbicara, kedisiplinan, kepatuhan, dan sifat – sifat baik lainnya. Keenam sifat utama tersebut adalah crative, attentive, obedient, dan good. Jika disingkat menjadi CAT – DOG judul sebuah film kartun yang terdiri dari dari dua mahluk binatang yang bersatu dalam satu tubuh dan tidak terpisah satu sama lainnya. Seperti halnya keenam criteria siswa yang akan ibu bahas juga satu sama lainnya tidak bisa dipisah – pisahkan.

Yang pertama CREATIVE seorang siswa harus memiliki kreatifitas yang tinggi jika ingin maju. Kalian sebagai siswa harus memiliki kreatifitas yang tinggi jika ingin maju. jangan hanya ingin disuapi oleh guru saja dalam belajar. Kalian bisa menambah ilmu dengan kekreatifan kalian. Misalnya, dalam bahasa inggris kalian bisa membuat kamus sendiri dengan kosakata yang sudah kalian pelajari, atau kalian buat kumpulan rumus matematika, fisika dah hitung – hitungan ekonomi dalam sebuah buku saku mungil yang bisa kalian bawa kemana – mana. Sehingga dimana saja kalian bisa baca – baca. Atau kalian bisa ikut bimbingan belajar tambahan secara gratis dari TV, terutama pelajaran yang di UN-kan. Banyak sekali materi – materi yang disampaikan pada program TV tersebut, kalau kalian rajin mengikutinya maka wawasan kalian akan bertambah, tidak hanya dari guru saja. Terutama untuk siswa kelas 9 kalian akan terbantu kesiapan menghadapi ujian kelak….

Yang kedua adalah ATTENTIVE atau perhatian. Siapkan diri kalian untuk belajar dengan memusatkan perhatian kalian, baik terhadap pelajaran maupun kepada guru kalian. Dengan perhatian yang terpusat ketika guru sedang mengajar, maka pikiran kalian pun sepenuhnya akan terfokus. Biasanya jika kalian memperhatikan guru maka materi pelajaran akan terserap oleh otak, sehingga ingatan kalian lebih lama terhadap pelajaran. Bandingkan jika kalian tidak memperhatikan guru, maka ketika ditanya oleh guru atau ketika ulangan, pikiran kalian akan blank karena otak kalian tidak bekerja dengan baik sehingga pengelolaan pikiran kalian sangat kurang dan akibatnya otak kalian lemah dalam memahami pelajaran.

Ketiga adalah TALK – ACTIVE atau aktif berbicara. Kalian belum bisa dikatakan pintar kalau kalian tidak terbiasa aktif berbicara. Aktif disini adalah ketika ada materi yang kurang di mengerti maka biasakan berani mengajukan pertanyaan dan sebaliknya jika guru mengajukan pertanyaan maka kalian harus sigap menjawab pertanyaan, jadi di dalam kelas ada interaksi antara guru dan siswa, sehingga suasana kelas menjadi hidup.

Sifat yang keempat adalah DICIPLINE. Kesuksesan seseorang tergantung kepada kedisiplinnannya. Begitupun kalian, jika ingin sukses biasakan berdisiplin, terutama dalam waktu. Sebagai siswa yang penuh disiplin kalian harus datang in time dan pulang on time. In time artinya kalian harus datang sebelum pelajaran dimulai, atau sebelum jam 7, sedangkan kalau pulang harus on time atau tepat waktu, yaitu menunggu bel tanda pulang berbunyi.

Sifat kelima adalah OBEDIENT atau kepatuhan . Kalian harus selalu mematuhi semua peraturan yang berlaku , baik peraturan yang ada di sekolah kalian maupun peraturan-peraturan lainnya .Contoh peraturan di sekolah adalah kalian harus berpakaian seragam yang dilengkapi atribut sekolah ,untuk perempuan memakai rok yang panjangnya beberapa senti di bawah lutut . Rambut tidak boleh diwarnai , kuku tidak boleh dikitek , dan lain-lain .Ini semua adalah untuk membedakan kalian sebagai pelajar dengan yang bukan pelajar .Atau kalian sebaiknya tidak membawa HP ke sekolah . Peraturan ini ditujukan agar kalian tidak menggunakan HP di sekolah untuk hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa mengganggu belajar kalian . Karena jika kalian membawa hp ke kelas dan tidak di non aktifkan , maka ketika dengan teman kalian , atau ketika sedang diskusi ,kalian malah asyik mengakses internet atau mendengarkan lagu .

Sifat keenam adalah GOOD atau sifat baik . Sebagai pelajar kalian dituntut untuk bersikap baik . Contohnya selalu berbicara sopan dan lemah lembut ,jangan dibiasakan melontarkan kata-kata yang tidak baik , terutama yang berkaitan kosakata kebun binatang . Ketika bertemu guru , ucapkan salam ,dan jangan dibiasakan bergosip tentang guru kalian , baik cara mengajarnya ataupun cara menerangkan pelajaran di kelas . Sikap baik lainnya adalah selalu bersikap jujur dan rendah hati ,dan masih banyak lagi. Jika keenam sifat yang ibu uraikan barusan dimiliki dan dilaksanakan oleh kalian dalam kehidupan sehari-hari ,maka kalian bisa dijadikan panutan oleh teman-teman atau orang-orang di sekeliling kalian , Karena kalian pantas menjadi seorang siswa yang ideal dalam segala hal .Kalau sifat-sifat ini sudah tertanam dalam diri kalian semua , maka tidak akan ada lagi siswa yang dihukum karena tidak mentaati peraturan , atau tidak akan ada teman yang tersakiti oleh sikap dan tingkah laku kalian ,dan yang paling utama adalah kalian menjadi siswa yang baik dalam segala hal . dan ibupun berharap kalian semua bisa menerapkan keenam sifat-sifat CREATIVE, ATTENTIVE, TALK ACTIVE ,DISCIPLINE, OBEDIENT, dan GOOD dalam keseharian kalian.

Sumber : Amanat pembina upacara (Dra Emi Suhaemi)

Iklan

2 Tanggapan

  1. good job

  2. thank you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: