Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur

Assalamualaikum … Wr Wb

Apa itu tugas mandiri terstruktur (TMT) dan tugas mandiri tidak terstruktur (TMTT) ? Mungkin rekan atau kita sering mendengarnya namun apa perbedaan diantara keduanya. Kedua tugas mandiri ini, sesuai dengan namanya mandiri berarti tugas yang diberikan atau yang harus diselesaikan seorang siswa setelah ia memperoleh atau menyelesaikan suatu kegiatan belajar dalam sebuah mata pelajaran atau bidang studi. Apalagi dengan berlakunya KTSP di mana implementasi KTSP (kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) salah satunya sangat akrab dengan tugas mandiri ini. Suatu tugas dikatakan mandiri terstruktur manakala tugas itu diselesaikan seorang siswa dengan batas yang telah ditentukan oleh guru. Misalnya tugas itu dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya atau beberapa hari lagi tergantung guru. Dan tugas mandiri tidak terstruktur manakala tugas itu diselesaikan dan dikumpulkan pada batas maksimum yang telah ditentukan oleh guru dan siswa boleh mengumpulkannya kapan saja yang penting antara rentang batas maksimum yang telah ditentukan. Misalnya tugas dikumpulkan paling lambat satu minggu sebelum ulangan tengah semester atau satu minggu sebelum semester atau dua minggu sebelum ujian nasional, dll. Namun sebaiknya tugas mandiri ini dibarengi dengan pegangan murid seperti konsep materi pembelajaran dari guru, diktat , modul, bahan ajar lainnya, seperti perpustakaan sebagai referensi mereka dalam melaksanakan tugas tersebut. Bisa juga koran atau Internet. Kalau memang tugas itu berat boleh dikerjakan secara berkelompok. Sebagai gambaran saya sajikan contoh TMT dan TMTT, bidang studi Matematika adalah :

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Kegiatan

Waktu

Keterangan

1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus 1.3 Memahami relasi dan fungsi Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan relasi ! Dikumpulkan  pada pertemuan minggu berikutnya Tugas Mandiri Terstruktur

.

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Kegiatan

Waktu

Keterangan

4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya 4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran Ukurlah keliling (K) 5 buah benda berbentuk lingkaran dan juga diameternya (d).Berapakah nilai K/d ! Dikumpulkan 3 hari sebelum ulangan tengah semester. Tugas Mandiri tidak Terstruktur

Semoga bermanfaat … :)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: