Tips Mengerjakan Soal Matematika

Assalamualaikum … Wr Wb

.

Sangat prihatin ketika melihat siswa kebingungan mengerjakan soal matematika,apalagi jika hal tersebut disaat ulangan semester … padahal hal tersebut jarang terjadi ketika mereka mengerjakannya di hari-hari biasa … :(

Ada apakah gerangan? … hal ini sering menjadi satu hal yang mengganjal di hati …

Untuk itu saya mencoba memberikan tips, untuk anak2ku mudah-mudahan bermanfaat … :)

Tips Mengerjakan Soal Matematika …

  • Mengerjakan soal matematika sebenarnya tidak sulit. Apalagi materi sudah dikuasai dan sudah kita pahami. Soal matematika itu terdiri dari banyak macam. Ada soal yang sesuai prosedur (langkah yang sangat sederhana), ada soal yang menjebak, ada soal yang rumit, dsb.
  • Soal yang sesuai prosedur mungkin banyak kita jumpai dan kita juga akan mudah untuk menyelesaikannya. Bagaimana dengan soal-soal lain yang lebih rumit? Di sini akan dicoba memberi tips.
  • Untuk mengerjakan suatu soal matematika yang terpenting adalah memahami soal. Tidak akan bisa mengerjakan tanpa memahami soal terlebih dahulu. Dalam memahami soal ada beberapa tips. Perhatikan dengan baik apa yang ditanyakan,jangan sampai terjebak pertanyaan.
  • Jika soal itu panjang dan rumit, olah dengan bahasa sendiri. yang lebih mudah di pahami oleh kita sendiri. Bayangkan saja itu adalah soal buatan sendiri yang kita belum tahu jawabannya. Selanjutnya adalah membuang hal yang tidak perlu,Karena terkadang ada soal yang informasinya berlebihan.
  • Menggambar. Hal ini sangat penting. Karena dengan gambar kita lebih mudah memahami soal, kaitkan dengan apa yang ditanyakan, hal ini akan memudahkan kita menjawab soal tersebut. Pergunakan kertas kosong untuk coretan dan menggambar. Mengilustrasikan soal dengan coretan/gambar … Insya Allah akan memudahkan kita mengerjakan soal mis: tentang soal deret aritmetika,geometri,bangun ruang,jarak,phytagoras dsb.
  • Selanjutnya menjawab soal dengan menyusun strategi yang akan kita gunakan, jangan lupa untuk memeriksa/koreksi kembali jawaban pertanyaan kita.
  • Jangan terburu-buru mengumpulkan jawaban selain mengganggu konsentrasi orang lain juga kemungkinan salah jawaban bisa terjadi, jadi … jika masih ada waktu pergunakan hal itu untuk mengoreksi kembali seluruh jawaban … dan identitas diri yang mungkin lupa diisi,Tapi selama menunggu waktu bukan berarti kalian menyamakan jawaban (memberi contek) terhadap teman … :(

Baiklah anak2ku … berjuanglah dan … Sukses … :)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: