Asal Usul Ketupat

Assalamualaikum … Wr Wb

Ketupat, tentunya sudah kita kenal sejak dulu terutama populer  manakala menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Idul Adha.  Ketupat adalah sejenis makanan yang terbuat dari nasi dan dibungkus oleh  daun kelapa muda atau dikenal juga dengan janur.

Umumnya ketupat identik sebagai hidangan spesial lebaran, tradisi  ketupat ini diperkirakan berasal dari saat Islam masuk ke tanah Jawa.

Dalam sejarah, Sunan Kalijaga adalah orang yang pertama kali  memperkenalkannya pada masyarakat Jawa. Beliau membudayakan dua kali Bakda, yaitu “Bakda Lebaran” dan “Bakda Kupat”. Bakda Kupat dimulai  seminggu sesudah Lebaran. Pada hari yang disebut Bakda Kupat tersebut,  di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat  dari daun kelapa muda. Setelah sudah selesai dimasak, kupat tersebut  diantarkan ke kerabat yang lebih tua, menjadi sebuah lambang  kebersamaan.

Ketupat sendiri menurut para ahli memiliki beberapa arti:

1. Mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia, dilihat dari  rumitnya anyaman bungkus ketupat.

2. Mencerminkan kebersihan  dan kesucian hati setelah mohon ampun dari segala kesalahan, dilihat  dari warna putih ketupat jika dibelah dua.

3. Mencerminkan  kesempurnaan, jika dilihat dari bentuk ketupat.

Semua itu dihubungkan  dengan kemenangan umat Muslim setelah sebulan lamanya berpuasa dan  akhirnya menginjak hari yang fitri.

Rupa (jenis-jenis) Ketupat Indonesia …

Ketupat atau Kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara yang dibuat dari  beras. Beras ini dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa dan dikukus  sehingga matang. Ketupat paling banyak ditemui sekitar waktu Lebaran,  ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa. Ketupat juga sering  dihidangkan dengan sate. Bila dihidangkan dengan tahu dan gulai menjadi  kupat tahu. Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Malaysia,  Singapura dan sebagainya.

Di antara beberapa kalangan di Jawa, ketupat sering digantung di atas  pintu masuk rumah sebagai semacam jimat. Di Bali ketupat sering pula  dipersembahkan sebagai sesajian upacara.

1. Ketupek Katan Kapau

Katupek katan yang khas Kapau, yaitu ketupat ketan berukuran kecil yang  dimasak dalam santan berbumbu. Ketupat ketan adalah versi rebus dari  lemang. Santannya menjadi sampai kental sekali dan merasuk ke dalam  ketupat. Ketupat kentan ini bisa dimakan sebagai dessert, tetapi juga  bisa dimakan dengan lauk pedas, misalnya gulai itik cabe hijau atau  rendang.

2. Ketupat Glabed

Kupat glabed adalah ketupat yang dimakan dengan kuah kuning kental.  Glabed sendiri sebenarnya berasal dari ucapan orang Tegal bila  mengekspresikan kuah yang kental ini.

Ketupatnya dipotong-potong, dibubuhi tempe goreng, dan disiram dengan kuah glabed. Tambahkan sambal bila ingin citarasa pedas. Topping-nya  adalah kerupuk mi yang terbuat dari tepung singkong dan taburan bawang  goreng. Sebagai lauknya, Kupat Glabed selalu didampingi dengan sate ayam  atau sate kerang. Para penjual Kupat Glabed biasanya menjual  dagangannya di sekitar alun-alun Tegal.

3. Ketupat Betawi (Bebanci)

Masakan paling khas dan unik yang dimiliki masyarakat Betawi adalah  ketupat bebanci. Saat ini nggak ada orang yang jual ketupat bebanci.  Padahal sangat unik dan enak.

Sesuai dengan namanya, ketupat bebanci adalah masakan dengan unsur  utama ketupat. Ketupat ini disantap dengan kuah santan berisi daging  sapi dan diberi aneka bumbu seperti kemiri, bawang merah, bawang putih,  cabai, dan rempah-rempah.

4. Ketupat Blegong (Tegal)

Kupat Blengong (Kupat Glabed dengan daging Blengong, Blengong=Keturunan hasil perkimpoian Bebek dan Angsa)

5. Ketupat Bongkok (Tegal)

Kupat Bongkok memakai lontong, ditaburi tauge rebus, sambal goreng  yang dibuat dari krupuk mi, lalu disiram dengan kari tempe yang berkuah,  dan diberi topping kecap manis.

Tempenya adalah tempe semangit,  yaitu transisi antara tempe dan tempe busuk. Tempe disimpan selama dua  hari sebelum dimasak dengan bumbu kari tanpa santan. Rasanya memang  sangat khas. Karena itu jangan heran, sekalipun warungnya di bawah pohon  di pinggir jalan, pelanggannya datang dengan mobil mewah. Kebanyakan  penjual Kupat Bongkok yang lain masih mendorong gerobak dagangannya  keluar-masuk kampung.

6. Ketupat cabuk rambak (solo)

Cabuk rambak adalah ketupat nasi yang diiris tipis-tipis, dan disiram  dengan sedikit sambal wijen (dicampur kemiri dan kelapa parut yang  terlebih dulu digongseng). Ada yang menyukai sambal yang sangat pedas,  ada yang menyukai rasa sambal yang gurih. Rasa sambalnya memang sangat  khas. Hidangan ini disajikan dengan kerupuk nasi yang disebut karak.

7 .Ketupat/lontong Sayur

Lontong Sayur. Biasanya Lontong sayur itu artinya santan kental yang  gurih, tapi kalo mau sehat (baca: engga mau makan santan) dikasih soun,  telur rebus dan ditaburi bawang goreng.

Cara Membuat Ketupat

Terlepas dari nilai sejarahnya, ketupat adalah jenis makanan pengganti nasi yang sangat lezat.Jika anda berminat untuk membuat ketupat pada Lebaran tahun ini, berikut beberapa tips membuat ketupat yang benar :

1. Beras yang digunakan harus dicuci bersih, direndam selama 3 jam dan hasil tirisannya dicampur sedikit kapur sirih.2. Beras yang dimasukkan ke dalam bungkus ketupat harus sebanyak 2/3 isinya. Jangan sampai lebih dari itu.3. Didihkan terlebih dahulu air yang akan dipakai untuk merebus ketupat.4. Ketupat harus direbus kurang lebih selama 4-5 jam dan selama itu harus dalam keadaan terendam penuh.5. Setelah matang, ketupat harus digantung sampai kering.

Kulit Ketupat

Ketupat Identik dengan Lebaran. Rasanya, kurang lengkap kalau hidangan  yang satu ini tidak hadir di meja makan Anda. Selain lezat sebagai  makanan, bentuk “selongsong” ketupat yang khas merupakan benda yang  menarik untuk dijadikan hiasan. Anda bisa memanjangkulit ketupat dari  janur asli, janur – januran alias janur dari plastik, atau dari pita.  Kulit ketupat sudah banyak dijual di berbagai tempat, baik untuk  hidangan maupun untuk hiasan.

Cara membuatnya pun sudah banyak yang  bisa. Namun tak ada salahnya jika kali ini kami memberikan bagaimana  langkah – langkah pembuatan kulit ketupat ini.

Adapun langkah –  langkahnya adalah seperti berikut.

1.Satu – satunya bahan yang digunakan di sini adalah janur, yang memang merupakan bahan dasar ketupat.

2. Langkah pertama, gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan anda dengan posisi pangkal janur menghadap ke atas.

3. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan anda sebanyak tiga  kali. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.

4. Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun janur harus tetap dalam posisi tergulung.

5. Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.

6. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur  yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti  mengayam.

7. Teruskan anyaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.

8. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa diayam ke atas.Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.

Tentunya ketupat jelas tidak afdol jika berdiri sendirian. Lauk pauk   yang wajib mengikutinya adalah opor ayam, rendang daging, gulai kambing,   teri pedas, sambal goreng hati dan menu-menu khas lainnya. Semuanya   sangat menggugah selera, apalagi jika disajikan dihari yang tepat dan   dinikmati bersama seluruh keluarga. Hmm.. Lezatnya.

Sumber : http://www.facebook.com/notes/kumpulan-dongeng-cerita-rakyat/ketupat-asal-usul-jenis-dan-cara-membuatnya/434723733755

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: