Selamat datang Bulan Ramadhan

Assalamualaikum … Wr Wb

Tidak terasa saat ini sudah memasuki bulan Agustus 2010. Di bulan Agustus ini umat Islam kedatangan tamu agung yaitu tibanya bulan Ramadhan.

Para ulama sepakat bahwa Ramadhan adalah bulan istimewa. Di bulan ini malaikat Jibril turun ke bumi membawa wahyu kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sedang bertahannuts (meyendiri) di Gua Hira. Saat itu Jibril membacakan lima ayat awal surat al-’Alaq (silakan bisa dilihat langsung dalam al-Qur’an!).

Al-Qur’an adalah petunjuk, kompas dan panduan hidup manusia. Ia adalah cahaya hidup. Sebagai cahaya, ia akan bisa terpantul sempurna jika diserap oleh cermin yang bersih. Cermin yang bersih itu adalah gambaran hati orang-orang mukmin yang telah terampuni dosanya melalui pembakaran (Ramadhan) yang dijalani secara benar dan sempurna.

Ada tiga amalan yang menonjol pada bulan Ramadhan, yaitu tartilul Qur’an (membaca al-Qur’an), qiyamul lail (shalat malam) dan berzakat serta bersedekah. Ketiga kegiatan yang mendominasi hari-hari di bulan Ramadhan inilah yang memberi kelezatan utama.

Di dalam keluarga, orang tua harus menjadi tauladan (uswah) bagi seluruh anggota keluarganya dalam menjalankan ketiga agenda tersebut. Mereka menjalankan seluruh shalat-shalat fardhunya di masjid secara berjamaah. Tentunya tak lupa menyertainya dengan shalat-shalat sunnah rawatib. Di malam harinya, mereka mengidupkannya dengan shalat lail.

Bagi orang yang beriman, malam-malam bulan Ramadhan terasa singkat, karena mereka merasakan kelezatan beribadah kepada Allah Yang Maha Tinggi. Rumah mereka ketika di malam hari, terutama di bulan Ramadhan tak ubahnya seperti madrasah. Lalu bagaimana dengan rumah kita? Bagaimana pula dengan lingkungan kita? Sudahkah kita meramadhankannya?

Ibadah Di Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat islam khususnya umat nabi Muhammad Saw. Karena pada bulan ini semua ibadah dilipatgandakan oleh Allah SWT. Sehingga tidak heran kalau umat – umat sebelum nabi Muhammad merasa iri dan berharap menjadi umat nabi Muhammad SAW.

Seiring dengan keistimewaan bulan Ramadhan maka sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui lebih dalam rahasia yang terkandung dalam bulan yang penuh ampuan ini.Sehingga dalam melaksanakan ibadah dibulan yang mulia ini menjadi lebih mantap dan mendapatkan predikat taqwa sesuai dengan janji Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 183 :

ياأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa

Dengan memperdalam pengetahuan tentang amaliyah ibadah dibulan yang penuh rahmat ini, maka peluang diterimanya amal kita akan semakin kuat karena ibadah tanpa didasari ilmu maka ibadah tersebut ditolak oleh Allah SWT alias tidak diterima. Sehingga jerih payah kita dalam melaksanakan puasa atau ibadah lain di bulan Ramadhan menjadi tidak berguna dan sia-sia karena dalam menjalankannya tidak dilandasi oleh pengetahuan yang cukup sesuai dengan Maqalah Ulama’ dalam sebuah syair yang terkenal :

وَكل من بغير علم يعمل ÷ أعماله مردودة لا تقبل
Dan setiap orang yang beramal tanpa dasar ilmu, maka amal-amalnya ditolak dan tidak diterima

Oleh karena itu dengan pembahasan yang khusus ini, diharapkan dapat membantu memberikan pengetahuan kepada pembaca, semoga semua ibadah yang kita laksanakan dibulan yang penuh berkah ini menjadi bermanfaat dan diterima oleh Allah SWT sebagai amalan sholih bagi kita.Amin.

Adapun ilmu yang disampaikan tidak akan mendapatkan suatu manfaat kalau kita tidak yakin akan guna dan manfaatnya bagi kelangsungan amaliyah ibadah kita kepada Allah SWTt khususnya di bulan Ramadhan, seperti yang telah disampaikan oleh Syeikh Syarifuddin Yahya Al-Imriti

وكل من لم يعتقد لم ينتفع
( Setiap orang yang tidak meyakini, maka dia tidak akan mengambil manfaatnya ).

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: