Manajemen Kurikulum

Assalamualaikum …WrWb.

Manajemen kurikulum adalah segenap proses usaha bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pembelajaran dengan dititik beratkan pada usaha, meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar.

Kurikulum dalam arti sempit sekali adalah jadwal pelajaran; … Semua pelajaran baik teori maupun praktik yang diberikan kepada murid-murid selama mengikuti suatu proses pendidikan tertentu kurikulum dalam arti ini terbatas pada pemberian bekal pengetahuan dan keterampilan pada murid; …

Kurikulum dalam arti luas semua pengalaman yang diberikan kepada anak didik selama mengikuti pendidikan; … Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan dimasing-masing satuan pendidikan.

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan kelompok mata pelajaran, yang mencakup standar kompotensi dasar materi pokok pembelajaran. Silabus merupakan penjabaran standar kompotensi dan dasar kedalam materi pokok/pembelajaran, dan indikator pencapaian kompotensi untuk penilaian.

Prinsip-prinsip dan Pengembangan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan :

Pengembangan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas standar isi, kompotesi lulusan, tenaga pendidik, sarana dan prasarana, pengelolaan pembiayaan penilaian pendidikan.

Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu :

1. Standar isi (SI)

2. standar kompotesi lulusan (SKL)

Merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum.

KTSP dikembangkan sesuai dengan relavansinya oleh setiap kelompok/satuan pendidikan dibawah koordinasi dari supervisi dinas pendidikan/kantor Departemen Agama. Kabupaten/kota untuk pendidikan dasar diprovinsi untuk pendidikan menengah.

Pengembangan KTSP mengacu pada SI dan SKI dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan penimbangan komite sekolah/madrasah.

Penyusunan KTSP untuk pendidikan khusus oleh dinas pendidikan provinsi dan berpedoman pada SI dan SKI serta panduan dan penyususunan kurikulum yang disusun oleh BSNP.

KTSP berkembang berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut :

1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.

2. Beragam dan terpadu

3. Tanggap terhadap perkembangan Iptek dan seni

4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

5. menyeluruh dan berkesinambungan

6. Belajar sepanjang hayat

7. Seimbang antara kepentingan Nasional dan kepentingan daerah.

C. Acuan Profesional penyusunan KTSP

KTSP disusun dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Peningkatan iman dan taqwa serta akhlak manusia

2. peningkatan potesi kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat pengembangan dan kemampuan peserta didik.

3. keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan

4. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional

5. Tuntutan dunia kerja

6. Perkembangan IPTEK dan seni

7. Agama

8. Dinamika pendidikan global

9. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan

10. Kondisi sosial masyarakt setempat

11. Kesetaraan Jender

12. Karakteristik suatu pendidikan

D. Komponen kurukulum Tingkat Satuan pendidikan

1. Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan

Dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan, sebagai berikut :

a. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

b. Tujuan pendidikan menegah adalah meningkatkan kecerdasan

c. Tujuan pendidikan menengah kejuruan juga sama dengan tujuan pendidikan dasar.

2. Struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan

Struktur dan urutan KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam SI meliputi 5 pokok mata pelajaran sebagai berikut :

a) Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak mulia

b) Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian

c) Kelompok mata pelajaran Iptek dan estetika

d) Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan

e) Kelompok mata pelajaran

Kelompok mata pelajaran tersebut dilaksankan melalui muatan dari /kegiatan pembelajaran sebagaiman diuraikan dalam PP 19/2005 pasal 7.

Muatan KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan bebn belajar bagi peserta didik pada (SP). Diasamping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk kedalam isi kurikulum.

a. Mata pelajaran

b. Muatan lokal

c. Kegiatan pengembangan diri

d. Pengaturan beban belajar

e. Ketuntasan belajar

f. Kenaikan kelas dan kelulusan

g. Penjurusan

h. Pendidikan kecakapan hidup

i. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global

3. Kalender pendidikan

Satuan pendidikan dasar dan menengah dapat menyusun pendidikan kalender pendidikan sesuai dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat dengan memperhatikan kalender pendidikan sebagaimana yang dimuat dalam standar isi.

Kurikulum SMPN 9 Cimahi :

INFORMASI KURIKULUM

.

About these ads

Satu Tanggapan

  1. ass. ‘alaikum wr.wb. saya sangat tertarik dengan web ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: